Mendy Beryl Content Writer Cantik di Nonatekno

Tempat Wisata di Kaliurang

2 min read

tempat wisata di kaliurang

Kaliurang adalah daerah di Jogja yang memang banyak sekali objek wisatanya. Kamu dapat berlibur dengan puas karena banyaknya pilihan tempat wisata di Kaliurang. Tentunya, ada beragam harga tiket masuk yang ditawarkan, kelemahan dan kelebihan, dan juga keunikannya masing-masing. Tetapi jangan khawatir karena artikel ini ada untuk menjawab rasa penasaran Kamu.tempat wisata di kaliurang

 

Daftar Tempat Wisata di Kaliurang berserta Lokasi, HTM, Kelemahan dan Kelebihannya

Berikut akan dituliskan beberapa objek wisata Kaliurang yang harus Kamu kunjungi. Daftarnya antara lain adalah sebagai berikut:

  1. The Lost World Castle Kaliurang

Obyek wisata pertama yang harus Kamu kunjungi ketika datang ke daerah Kaliurang adalah The Lost World Castle Kaliurang. Lokasinya adalah di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Untuk masuk ke objek wisata ini, Kamu akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 60.000.

Di The Lost World Castle Kaliurang, Kelebihan disini adalah Kamu akan menemukan bangunan indah nan megah mirip Benteng Takeshi dengan arsitektur unik ini. Tempatnya yang bagus sangat ciamik untuk kegiatan berfoto-foto. Selain itu, Kamu juga bisa belajar banyak ikon dunia di objek wisata Kaliurang satu ini.

Selain kelebihannya tersebut, tetapi The Lost World Castle juga memiliki kekurangan. Mungkin tiketnya dapat digolongkan sebagai cukup mahal apabila dibandingkan dengan objek wisata Kaliurang yang lainnya. Selain itu, tempat ini merupakan tempat daerah rawan bencana sehingga keberadaannya sempat ada pro dan kontranya.

  1. Air Terjun Kaliurang Tlogo Muncar

Ada air terjun Kaliurang yang wajib juga Kamu kunjungi. Air terjun tersebut adalah Air Terjun Tlogo Muncar. Air terjun ini lumayan tinggi, yakni sekitar 30 hingga 45 meter. Aliran air terjun ini bersumber dari lereng Bukit Plawangan, yang merupakan bukit yang ada di Gunung Merapi.

Lokasi Tlogo Muncar adalah di Jalan Tlogo Putri, Hargobinangun, Pakem, Area Hutan, Sleman, Yogyakarta. Jika Kamu ingin kesini, maka Kamu akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 8000 saja per-orangnya. Objek wisata Kaliurang satu ini dibuka pukul delapan hingga jam empat sore.

Kelebihan dari air terjun Kaliurang ini adalah keindahan air terjunnya yang terjun dari ketinggian yang lumayan. Selain itu, suasanya yang indah bagus juga untuk berfoto ria dengan background air terjun. Tetapi kekurangannya adalah, karena air terjun ini bersumber dari bukit yang ada di Gunung Merapi, yang mana gunung ini cukup gersang, maka saat kemarau tiba airnya bisa saja tidak keluar.

  1. The World Landmarks Merapi Park

Salah satu taman bunga Kaliurang ada di tempat ini. Lokasi wisata ini berada di Jalan Kaliurang No. Km 22,5 Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Harga tiket masuknya hanya Rp. 15000 per orang saja. Tempat wisata ini sangat cocok bagi Kamu yang ingin berfoto sambil berpiknik di taman bunga Kaliurang. Tetapi hal tersebut sekaligus menjadi kelemahan bagi Kamu yang ingin objek wisata yang tidak hanya sekedar foto.

  1. Wisata Kaliurang Malam Taman Lampion Gardu

Wisata Kaliurang malam yang harus Kamu kunjungi adalah Taman Lampion Gardu. Lokasinya adalah di Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Harga tiket masuknya adalah Rp. 25.000 untuk weekdays dan Rp. 30.000 untuk akhir pekan. Kelebihannya adalah Wisata Kaliurang malam ini sangat cocok bagi Kamu yang menyukai lampu-lampu. Tempatnya juga sangat bagus untuk spot foto.

Kekurangannya adalah, ada kemungkinan Kamu akan tersetrum listrik karena kabel-kabel lampion. Oleh karena itu, hindarilah berfoto berlebihan hingga ke tempat yang berbahaya disana.

  1. Goa Jepang Kaliurang

Tempat wisata di Kaliurang ini Lokasinya adalah di kawasan lereng Gunung Merapi. Untuk kesana, Kamu harus membayar Rp. 10.000 saja. Kelebihannya, Kamu akan menemukan tempat wisata eksotis yang tidak akan terlupakan di Goa Jepang. Meskipun begitu, kelemahan tempat ini adalah bisa saja cuaca sedang buruk sehingga tempatnya diselimuti awan.

  1. Desa Wisata Pentingsari

Tempat wisata di Kaliurang satu ini adalah di Desa Umbulharjo, Cangrkingan, Sleman, Yogyakarta. Di desa ini, harga tiket masuk beserta paket paling murah mulai dari Rp. 70.000. Kelebihan dari tempat wisata ini adalah tempatnya yang masih asri sekaligus budayanya yang kental sehingga Kamu dapat belajar banyak. Kekurangannya adalah mungkin tidak cocok bagi Kamu yang kurang menyukai suasana desa.

  1. Stonehenge Cangkringan

Lokasinya adalah di Trutan, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Harga tiket masuknya juga murah, hanya Rp. 10.000 saja. Kelebihannya adalah, Kamu tidak perlu jauh-jauh ke Inggris untuk melihat batu prasejarah ini. Meskipun demikian, kekurangannya adalah tempatnya yang luas bisa membuat kakimu pegal dan faktor cuaca sangat mempengaruhi objek wisata ini.

  1. Agrowisata Bhumi Merapi

Agrowisata Bhumi Merapi berlokasi di Jalan Kaliurang KM.20 Sawangan, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kelebihan berwisata disini Kamu bisa belajar banyak hal berkaitan dengan berternak berbagai hewan seperti domba, kelinci, dan lain sebagainya. Tiket masuknya juga murah, yakni Rp. 10.000 saja.

Meskipun tiketnya murah, tetapi itu hanya tiket masuknya saja. Kekurangannya adalah Kamu harus tetap membayar yang lainnya jika ingin menggunakan paket yang lain karena tempat wisata ini memiliki wahana yang banyak.

  1. Museum Ullen Sentalu

Dengan tiket masuk Rp. 40.000 maka Kamu dapat masuk ke Museum Ullen Sentalu di Jalan Boyong No. Km 25 Kaliurang ini. Kelebihan Tempat wisata di Kaliurang satu ini akan mengedukasi Kamu dan menawarkan jenis liburan yang unik. Tetapi kekurangannya dari museum ini adalah, memang harga tiketnya cukup mahal tetapi sebanding dengan fasilitas yang akan Kamu dapatkan.

Mendy Beryl
Mendy Beryl Content Writer Cantik di Nonatekno

Lava Tour Merapi

Mendy Beryl Mendy Beryl
3 min read

Pantai Klayar

Mendy Beryl Mendy Beryl
2 min read