Mengchozt Technology enthusiast, cat lover, Founder dan CEO Nona Tekno.

Perbedaan Mendasar Perangkat Penyimpanan SSD dan Hardisk

2 min read

Perkembangan teknologi saat ini sudah sangat canggih. Dengan moto utamanya adalah praktis dan mobile membuat setiap perangkat didesain ringan, kecil dan mudah dibawa. Termasuk juga perangkat penyimpanan PC

Perangkat penyimpanan PC pada umumnya adalah Hardisk, namun seiring perkembangan zaman muncullah inovasi lain bernama Solid State Drive (SSD). Perangkat penyimpanan (storage) ini memiliki kecepatan Read/Write yang jauh diatas Hardisk (HDD). Sebenarnya seperti apakah perbedaan SSD dibandingkan dengan Hardisk?

Komponen Utama

Satujam.com

SSD dan Hardisk memiliki perbedaan yang sangat mendasar pada komponen utamanya. Jika kamu melihat Gambar di atas akan terlihat jelas perbedaan dua jenis storage ini.

Hardisk seperti namanya yaitu ‘disk’, masih menggunakan sistem plate piringan sebagai tempat menyimpan datanya. Menyimpan data dalam bentuk gelombang magnetik pada plate disk. Plate disk ini sangat rentan terhadap debu, jgn sampai kamu membuka bagian plate HDD secara sembarangan ya

Menggunakan teknologi yang lebih baru dibanding Hardisk, SSD ini lebih kecil dan ringan dibanding si pendahulunya yaitu Hardisk (HDD). SSD ini tidak menggunakan plate disk lagi. SSD menggunakan memory chip sebagai perangkat penyimpanannya.

Perbedaan Prinsip Kerja

Satujam.com

Dengan perbedaan yang mencolok pada komponen penyimpanannya membuat prinsip kerja SSD dan Hardisk ini sangat berbeda.

Hardisk mengandalkan benda seperi jarum tipis (Head) untuk membaca sinyal magnetik yang disimpan pada seluruh penampang plate disk. Hal ini membuat Hardisk bekerja lebih lambat dibanding SSD. Ketika kamu memberikan perintah membuka data pada PC komputer maka plate disk akan berputar dan memposisikan Head sesuai dengan posisi data pada plate disk tersebut.

Bisa terbayang bukan bagaimana Hardisk harus memposisikan posisi Head untuk mencari dan membaca data kamu inginkan

Berbeda dengan SSD yang sudah menggunakan memory chip controller, SSD ini mampu melakukan pembacaan data secara random dimanapun posisi data tersebut berada. Begitulah perbedaan prinsip kerja SDD dan Hardisk (HDD)

Perbedaan Speed Read/Write

Satujam.com

Perbedaan prinsip kerja tersebut membuat kecepatan Read/Write dari SSD dan Hardisk sangat berbeda. SSD dalam hal ini mengungguli Hardisk cukup jauh. Speed SSD ini dipengaruhi oleh kemampuan membaca data secara random dimanapun posisi data tersebut.

Untuk lebih jelas seberapa perbedaannya kami sedikit melakukan test singkat pada SSD dan Hardisk yang kami miliki menggunakan software CrystalDiskMark

Bisa dilihat bahwa perbedaanya cukup besar pada indikator Read/Write. Sekedar info saja admin lifesaintek menggunakan SSD ADATA SP920 128GB dan Hardisk Hitachi 1000GB 7200rpm.

Speed Read untuk SSD mencapai 300MB/s sedangkan Hardisk 130MB/s. Untuk kecepatan Write SSD 160MB/s sedangkan HDD 130MB/s. Beberapa Brand SSD bahkan mengklaim bahwa produk mereka mampu mencapai kecepatan Read/Write 500/400 MB/s.

Dengan kecepatan yang jauh diatas Hardisk ini, SSD memberikan pengalaman menggunakan komputer yang cepat, anti lemot dan responsif. Bahkan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk booting maupun shutting down

Hasil pengujian di atas tidak bisa dijadikan acuan pasti, karena sistem pengujian tidak berjalan dalam kondisi yang setara. Namun setidaknya bisa menunjukkan garis besar perbedaan speed SSD dan Hardisk yang admin miliki

Perbedaan Harga

satujam.com

Perbedaan performa yang cukup mencolok antara SSD dan Hardisk ini juga mempengaruhi harganya. Harga SSD dipasaran berkisar antara 600-700rb rupiah untuk kapasitas 128GB tergantung brand dan seri. Sedangkan harga Hardisk dengan kapasitas 1TB berkisar antara 650-750rb rupiah

Walaupun harga SSD terbilang cukup mahal, bagi admin sendiri sangat layak beli karena memberikan performa yang sepadan dengan harganya. Jadi jangan ragu untuk membeli SSD

baca juga : tutorial partisi hardisk tanpa instal aplikasi

Solusi Cerdas

satujam.com

Jika kamu menginginkan sistem PC komputer yang cepat dan responsif maka gunakanlah SSD. Tapi apabilah kamu lebih memerlukan kapasitas besar dibanding speed, Hardisk solusinya.

Pada umumnya para enthusiast dibidang Gaming PC akan mengkombinasikan SSD dan Hardisk ini. Menggunakan SSD hanya untuk sistem operasi saja dan penyimpanan file seperti data, multimedia, game dan lain lain disimpan di Hardisk.

Dengan solusi kombinasi ini, kamu bisa dapat sistem anti lemot yang sangat responsif dan juga kamu memiliki storage penyimpanan yang besar.

Mengchozt
Mengchozt Technology enthusiast, cat lover, Founder dan CEO Nona Tekno.

5 Hal Mendasar Perbedaan Processor Intel dan AMD

Ulasan singkat mengenai Perbedaan mendasar pada produk prosesor Intel dan AMD
Mengchozt Mengchozt
3 min read