5 Penyebab Kenapa RAM Android Penuh Padahal Aplikasi Sedikit dan Cara Menambah RAM Tanpa Aplikasi

5 Penyebab Kenapa RAM Android Penuh Padahal Aplikasi Sedikit dan Cara Menambah RAM Tanpa Aplikasi

Random Access Memori atau RAM adalah perangkat keras dalam gadget yang berfungsi menyiman sementara pekerjaan dan dapat diakses secara acak. Kapasitas RAM Android yang digunakan dan yang tersisa sangat berpengaruh terhadap performa ponsel. Penyebab RAM penuh dipengaruhi oleh jumlah aplikasi yang terinstall dan berjalan di HP. Namun Kenapa RAM Android penuh padahal aplikasi sedikit? Hari ini kita akan mengulasnya. Sekaligus nanti akan diulas mengenai cara membersihkan RAM HP Android penuh tanpa aplikasi penambah RAM Android.

Ulasan kali ini akan dibagi menjadi dua bagian untuk mempermudah pemahaman, yaitu:

  1. Kenapa RAM Android Penuh Padahal Aplikasi Sedikit
  2. Cara Menambah RAM Android Tanpa Aplikasi (Aplikasi Penambah RAM Android)

Baca juga: 5 Penyebab dan Cara Mengatasi Kenapa Memori Internal Android Penuh Padahal Aplikasi Sedikit

A. Kenapa RAM Android Penuh Padahal Aplikasi Sedikit

Mungkin Kamu sudah mengorbankan beberapa aplikasi kesayangan demi RAM yang longgar. Namun ternyata, RAM tetap penuh atau hampir penuh. Sebenarnya kenapa RAM Android penuh padahal aplikasi sedikit atau bahkan tidak ada aplikasi. Berikut ini adalah 5 penyebab RAM penuh yang mungkin belum Kamu ketahui.

1. Aplikasi Bawaan Berjalan Terus Menerus

Baca juga: Cara mengatasi Android lemot karena RAM KECIL

Android memiliki aplikasi yang sudah terpasang sejak dibuat. Aplikasi ini adalah aplikasi sistem yang akan terus berjalan sepanjang HP dalam kondisi aktif. Karena terus menerus bekerja, akhirnya akan menyita banyak memori RAM. Namun sayangnya beberapa sistem ini tidak bisa dihentikan, apabila sistem dihentikan maka ada fitur Android yang akhirnya tidak bekerja. Namun, beberapa sistem yang lain masih dapat dihentikan, dengan catatan sistem tersebut tidak sedang digunakan.

2. Ada Aplikasi Berjalan Di Latar Belakang

Aplikasi Android ada yang berjalan hanya ketika aplikasi dibuka atau digunakan, tetapi beberapa yang lainnya tetap berjalan meski tidak digunakan. Aplikasi yang bekerja pada latar belakang ini biasanya adalah aplikasi yang real time.

Misalnya aplikasi komunikasi karena setiap saat bisa menerima pesan maupun aplikasi peta (maps) karena selalu mengudate lokasi sehingga menjadi penyebab RAM penuh. Karena bekerja meski tidak digunakan akhirnya akan berbagi dengan aplikasi lain yang sedang digunakan sehingga RAM Android cepat penuh.

3. Aplikasi Sedikit Tetapi Menyita Banyak RAM

Mungkin Anda sudah menghapus beberapa aplikasi kesayangan demi kosongnya RAM sebagai cara agar HP tidak lemot. Anda akhirnya menyisakan beberapa aplikasi saja yang paling Kamu butuhkan. Sayangnya terkadang cara ini belum mumpuni untuk menambah RAM yang tersisa di Android. Mengapa demikian? Karena Aplikasi favorit yang tinggal sedikit ini, ternyata aplikasi yang paling banyak menghabiskan RAM. Sehingga RAM Android penuh padahal aplikasi sedikit bahkan hanya menyisakan satu atau dua aplikasi kesayangan.

4. Terpasang Aplikasi Penambah RAM dan Pembersih RAM

Sebaiknya kamu tidak menggunakan aplikasi pembersih RAM, tetapi menggunakan cara menghapus RAM yang penuh saja. Karena cara membersihkan RAM ini ini lebih bisa dipercaya.

Apakah Kamu adalah orang yang percaya dengan aplikasi penambah RAM Android? Atau Kamu memasang aplikasi pembersih RAM dan menggunakannya secara rutin? Silakan Kamu periksa pengguaan RAM di Smartphone Kamu, jangan-jangan justru aplikasi inilah yang menjadi penyebab RAM Android Penuh.

Namun jika kamu memang terpaksa menggunakannya, kamu bisa menggunakan Aplikasi pembersih RAM terbaik tanpa root ini. Karena yang ada di situ adalah aplikasi yang terpercaya sebagai pembersih penyebab RAM penuh.

Sebenarnya aplikasi yang ditawarkan ini sering kali bukan untuk menambah RAM. RAM merupakan perangkat keras, sehingga cara memperbesar ram Android tidak bisa ditambah menggunakan aplikasi. Fungsi dari aplikasi penambah RAM Android ini adalah untuk mengoptimalkan kinerja RAM yang Kamu miliki. Kalaupun ada aplikasi penambah RAM yang bekerja, maka biasanya aplikasi tersebut mensyaratkan agar HP sudah di Root.

5. Kapasitas RAM Android Kecil

Baca juga: Mengatasi Android lemot karena RAM kecil

Penyebab kenapa RAM penuh padahal aplikasi sedikit yang terakhir ini mungkin bukanlah yang Kamu cari. Namun yang terakhir ini saya cantumkan karena jangan jangan memang bukan karena ada masalah dengan HP Kamu. Mungkin penyebab RAM penuh padahal tidak ada aplikasi adalah karena memang kapasitas RAM yang kecil. HP keluaran lama, biasanya memiliki RAM yang kecil karena pada saat itu aplikasi tidak menyita banyak space RAM. Namun bayangkan dengan kondisi sekarang, jika kapasitas RAM smartphone masih 512 MB. Maka yang terjadi adalah hampir setengah akan digunakan oleh sistem. Barulah sisanya bisa digunakan untuk aktivitas aplikasi tambahan.

Sekian tadi lima penyebab kenapa RAM Android penuh padahal aplikasi sedikit atau bahkan tidak ada aplikasi. Jika menurut Kamu, kelima penyebab di atas tidak sesuai dengan kasus Kamu, silahkan bisa dituliskan di kolom komentar. Barangkali kami atau pembaca lain dapat membantu untuk menyelesaikan. Setelah mengetahui penyebab-penyebab RAM Android penuh maka saatnya untuk mengetahui bagaimana cara menambah ram Android.

B. Cara Menambah RAM Android Tanpa Aplikasi

Menambah RAM Android ini maksudnya adalah mengoptimalkan RAM yang ada agar termanfaatkan dengan baik bahkan tanpa aplikasi penambah RAM Android. Beberapa pengembang menawarkan aplikasi penambah RAM Android, Anda dapat mencobanya. Namun sayangnya bagi HP yang memiliki kapasitas yang terbatas, aplikasi ini justru semakin mencekik memori Anda. Berikut ini adalah beberapa cara agar RAM tidak cepat penuh yang dapat Kamu lakukan.

1. Hentikan Aplikasi Sistem Yang Tidak Berpengaruh Ke Kinerja

Baca juga: Cara setting HP Android agar tidak lemot

Cara agar ram Android tidak penuh yang pertama adalah dengan menghentikan aplikasi sistem yang dirasa kurang bermanfaat. Ada beberapa sistem yang jika dihentikan maka HO masih dapat digunakan dengan baik. Sistem tersebut diantaranya Google Play Service, Google Play Store, GTalkService, Google Maps dan Network Location.

2.  Hentikan Aplikasi Secara Paksa

Menghentikan aplikasi secara paksa bukanlah hal yang bijak untuk mengatasi ram Android penuh. Namun ternyata cara ini cukup ampuh untuk mengosongkan banyak space RAM jika memiliki tujuan khusus. Misalnya Kamu sedang bermain game, agar game tidak sering lag karena RAM penuh, maka cara menambah ram Android ini bisa dilakukan. Aplikasi yang dapat dihentikan secara paksa adalah aplikasi chating atau pesan instan. Namun yang perlu diketahui adalah, ketika aplikasi dihentikan secara paksa maka aplikasi tidak lagi berjalan pada latar belakang. Apabila aplikasi chating dihentikan, maka pesan baru tidak akan masuk sebelum Kamu membuka aplikasi kembali.

3. Hanya Gunakan Satu Aplikasi Untuk Satu Fungsi

Cara memperbesar RAM Android ini mungkin sudah Kamu lakukan jika aplikasi tinggal sedikit. Namun apakah aplikasi yang sedikit itu memiliki fungsi yang sama ataukah tidak. Apabila memiliki fungsi yang sama, sebaiknya pilih salah satu  aplikasi saja. Sehingga dengan demikian RAM akan bisa lebih banyak yang kosong.

Nah agar jauh lebih jelas, aku sudah menjelaskan dengan lebih detail mengenai membersihkan RAM HP yang penuh. Kamu bisa membukanya di cara mengosongkan RAM.

Sekian tadi ulasan cara menambah RAM Android tanpa aplikasi ketika RAM Android penuh padahal aplikasi sedikit. Aplikasi penambah RAM Android mungkin bermanfaat bagi Kamu, tetapi jika bisa dilakukan dengan cara lain, kenapa tidak.