Nugroho SEO enthusiast, Co-Founder dan CTO Nona Tekno.

Lebih Baik Mana, Payroll Services atau Payroll Specialist?

1 min read

payroll

Payroll adalah sistem administrasi penggajian yang dilakukan badan usaha atau perusahaan.  Penggajian tentu sangat penting karena menyangkut alokasi keuangan perusahaan. Hal yang perlu diingat adalah tidak hanya soal membayar aktivitas alokasi gaji, tetapi juga pada proses administratif seperti pajak, BPJS, lembur, dan sebagainya .

Karena banyaknya tugas yang harus dilakukan dalam proses penggajian, setidaknya dua hal yang bisa dipilih perusahaan untuk mengatasi. Yang pertama adalah dengan menggunakan payroll specialist atau menggunakan payroll services.

Sayangnya, mempekerjakan seorang specialist dapat membuat perusahaan mengeluarkan biaya lebih mahal. Hal ini tentu saja berkaitan dengan kompensasi yang diberikan. Semakin seorang specialist berpengalaman, semakin mahal biaya mempekerjakannya. Sementara itu, kemungkinan kebocoran informasi sensitif dan rahasia sebenarnya mungkin saja terjadi secara internal melalui payroll specialist.

payroll

Kebocoran informasi dimungkinkan karena payroll specialist bekerja di kantor dengan kisaran yang sama fasilitas. Konflik kepentingan pun bisa berpotensi terjadi. Human error pun juga tak dapat dihindari selama payroll masih dikerjakan manual. Human error dapat terjadi ketika terjadi salah perhitungan PPH 21 atau BPJS.

Apa Lebih Baik Beralih ke Payroll Services?

Payroll services adalah pilihan lain bagi perusahaan untuk membantu proses penggajian bulanan. Banyak perusahaan menggunakan jasa payroll services karena diyakini memiliki keuntungan, yaitu:

Mengurangi biaya operasi

Manfaat pertama yang dirasakan perusahaan adalah mengurangi biaya operasional. Hal ini karena perusahaan hanya membayar untuk seluruh pekerjaan hanya diinginkan.

Fokus

Walau penting, penggajian bukanlah pekerjaan inti perusahaan. Payroll services dapat mengotomatisasi perhitungan penggajian. Perusahaan pun harus mampu memprioritaskan kegiatannya untuk mencapai produktivitas yang lebih besar dengan waktu yang terbatas.

Menyimpan Data dan Informasi Karyawan

Payroll services dianggap lebih aman daripada pihak untuk kebocoran data internal. Data dan informasi karyawan sangat penting dijaga kerahasiaannya untuk menghindari konflik kepentingan.

Mengurangi Human Error

Kesalahan dalam penggajian seperti human error bisa muncul selama perusahaan masih bertahan menggunakan cara manual. Namun, dengan payroll services semua komponen gaji dapat diproses secara otomatis dan terintegrasi tanpa campur tangan manusia secara berlebih. Sehingga human error dapat dihindari.

Payroll service dan payroll specialist sama-sama dapat mempermudah penggajian. Namun, payroll specialist hanya menambah berbagai risiko dalam penggajian. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan payroll service lebih baik digunakan daripada payroll specialist. LinovHR adalah solusi payroll services untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dalam proses penggajian lebih cepat dan aman. Semua proses penggajian melalui payroll services dari LinovHR sesuai dengan ketentuan hukum UU Ketenagakerjaan yang berlaku di Indonesia. Jadi, perusahaan tak perlu ragu soal legalitas. Hubungi LinovHR untuk keterangan lebih lanjut!

Nugroho
Nugroho SEO enthusiast, Co-Founder dan CTO Nona Tekno.