Mendy Beryl Content Writer Cantik di Nonatekno

Pantai Klayar

2 min read

wisata pantai klayar

Rasa-rasanya hampir tidak ada orang di dunia ini yang tidak menyukai berlibur di pantai. Salah satu pantai indah yang berada di Jawa Timur yang wajib Kamu kunjungi adalah wisata Pantai Klayar. Pantai yang masuk dalam gugusan pantai selatan ini meskipun sering dihubung-hubungkan dengan unsur magis dan misteri, tetapi keindahan pantainya tidak dapat ditolak oleh siapapun.

Pantai Klayar ini adalah pantai yang berpasir putih dengan warna sedikit kecoklatan. Teksturnya lembut dan pasir yang ada di sini masih bersih. Pantai yang namanya diambil dari kata “Glayar” yang mana merupakan perahu yang terdampar ini setiap tahunnya selalu ramai dengan pengunjung, baik dari wisatawan domestik bahkan hingga mancanegara.

wisata pantai klayar

Harga Tiket Masuk Pantai Klayar 2019

Untuk menikmati keindahan Pantai Klayar ini, Kamu tidak perlu khawatir masalah tiket yang harus dibayarkan. Harga tiket masuk Pantai Klayar 2019 hanya sebesar lima ribu rupiah saja per orangnya khusus hari Senin hingga Jumat.

Tetapi, jika Kamu datang ke pantai tersebut pada weekend, maka harga tiket masuk Pantai Klayar 2019 yang dikenakan berbeda. Khusus untuk Sabtu dan Minggu, per orangnya dikenakan biaya tiket sebesar sepuluh ribu rupiah. Jika Kamu membawa kendaraan, maka dikenakan biaya parkir yakni Rp. 2000 untuk roda dua dan Rp. 5000 untuk roda empat.

Jika Kamu kemalaman untuk pulang, tidak perlu khawatir juga ketika berkunjung ke pantai ini. Pasalnya, ada banyak penginapan Pantai Klayar yang bisa Kamu sewa untuk bermalam indah disekitar pantai.

Lokasi dan Rute Pantai Klayar

Lokasi Pantai Klayar secara lengkap adalah di Kendal, Sendang, Donorejo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Ada banyak kendaraan umum yang bisa Kamu gunakan untuk sampai ke Pacitan ini mulai dari bis, kereta api, dan lain sebagainya.

Untuk sampai ke pantai satu ini, rute Pantai Klayar yang harus Kamu tempuh dari arah Yogyakarta misalnya, maka Kamu harus melewati terlebih dahulu Wonosari atau Gunung Kidul. Kemudian dari kedua arah tadi, Kamu harus menuju lurus ke arah timur hingga ke daerah Pathuk. Selanjutnya dari Phatuk Kamu harus menuju ke arah Pracimantro dan terus menuju Giribelah.

Dari Giribelah, lanjutkan melewati daerah Punung. Dari situ Kamu akan menemukan papan penunjuk yang menunjukan arah untuk sampai ke Pantai Klayar. Rute Pantai Klayar ini memang mudah untuk ditemukan, karena akses jalan yang mudah dan penunjuk jalan yang jelas. Jika Kamu ingin bermalam di daerah situ, tidak perlu khawatir kareba ada banyak penginapan Pantai Klayar murah untuk Kamu.

Apa yang Bisa Dilakukan di Pantai Klayar Pacitan

Jika Kamu sedang berencana ke pantai yang berada di Pacitan ini, mungkin Kamu penasaran apa saja yang dapat Kamu lakukan disana. Berikut adalah kegiatan yang dapat Kamu lakukan di pantai yang bernama Klayar tersebut!

  1. Mendengar keindahan suara Seruling Samudra

Di pantai ini terdapat atraksi dari Seruling Samudra yang bisa dinikmati oleh setiap pengunjungnya. Seruling Samudra sendiri merupakan sebutan untuk lubang batu karang yang terletak di balik tebing. Dari situ Kamu akan mendengarkan suara menyerupai seruling, yang mana asalnya adalah dari hembusan angin dan juga air laut.

  1. Air mancur di tengah lautan

Pantai ini memang unik, karena terdapat air yang mancur dari tengah lautan. Pantai ini laksana sebuah kolam yang dilengkapi dengan air mancur yang memancarkan air pada waktu tertentu yang tidak dapat diprediksi. Ketika air laut pasang sekitar jam sembilan pagi hingga empat sore, maka Seruling Samudra tadi akan memancarkan air dengan tinggi 10 hingga 15 meter. Keindahan air mancur inilah yang selalu dinanti.

  1. Batu Sphinx dan Sumur

Daerah Pantai yang terkenal dengan homestay Pantai Klayar yang murah dan nyaman ini ternyata juga memiliki objek wisata yang unik lainnya. Disana, Kamu akan menemukan bebatuan yang mirip dengan Sphinx dari Mesir. Orang disekitar sana menyebutnya dengan Watu Lumbung. Bukan hanya bentuknya yang menyerupai Sphinx, terdapat pula lubang yang terdapat di celah celah karang yang disebut dengan sumur.

Kelebihan dan Kekurangan

Suatu hal dan tempat selalu memiliki kelebihan dan kekurangan yang menyertainya. Begitu juga dengan Pantai yang berasal dari kata Glayar ini. Beberapa kelebihan jika Kamu mengunjungi pantai ini antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki berbagai daya tarik pantai yang unik

Seperti yang telah dijelaskan diatas, ada banyak hal menarik yang bisa dilakukan dan dinikmati disana. Hal ini dikarenakan ada banyak daya tarik unik yang dimiliki pantai tersebut. Mulai dari Seruling Samudra, Batu Sphinx, air mancur, dan lain sebagainya. Tentu ini merupakan keunikan tersendiri yang membedakan pantai ini dengan pantai yang lainnya.

  1. Harga tiket masuk yang murah

Selain itu, harga tiket masuk yang dikenakan juga murah. Sehingga, Kamu tidak perlu khawatir untuk merogoh kocek terlalu dalam untuk liburan yang asyik dan menyenangkan.

  1. Penginapan Pantai Klayar yang murah

Ada banya penginapan Pantai Klayar murah yang bisa Kamu jadikan tempat beristirahat dan bermalam, utamanya jika Kamu berasal dari luar kota. Homestay Pantai Klayar juga umumnya adalah homestay yang nyaman, sehingga liburan Kamu akan semakin sempurna.

Sedangkan kekurangan yang dimiliki yakni pantai satu ini tergolong jauh, utamanya jika Kamu berasal dari luar Pacitan. Tentu membutuhkan biaya lebih untuk datang ke wisata Pantai Klayar yang terletak di Jawa bagian Timur ini.

Mendy Beryl
Mendy Beryl Content Writer Cantik di Nonatekno