Mengchozt Technology enthusiast, cat lover, Founder dan CEO Nona Tekno.

Mini Server Synology DS916+ Disk Station 4-bay Slot Hardisk Unboxing

2 min read

Di jaman modern seperti sekarang mobilitas menjadi sebuah tuntutan yang harus dipenuhi. Tidak terkecuali sebuah data. Kamu yang hanya seorang pelajar biasa mungkin data kamu masih belum terlalu banyak dan masih mampu diatasi oleh satu hardisk.

Namun hal ini tidak berlaku sebuah perusahaan yang memiliki data yang banyak. Apakah kamu sebagai orang yang berkepentingan terhadap data akan membawa beberapa hardisk untuk menyimpan data kamu?

Sangat merepotkan tentunya, kemudian muncul solusi cloud dan hosting-hosting di Internet. Sehingga kamu bisa akses data darimanapun asal ada internet. Ada hosting yang berbayar dan free. Untuk yang free kapasitasnya sangat kecil seperti dropbox itu free cuma mendapat 2GB.

Kalau berbayar tentunya kamu bisa mendapat kapasitas yang lebih besar namun tentunya tidak murah. Dan sistem pembayarannya dilakukan per periode paket. Ada paket per tahun dan perbulan. Solusi lain adalah membuat server untuk data kamu sendiri yang bisa akses darimanapun dengan internet.

Disini lifesaintek kedatangan sebuah mini server merk SYNOLOGY DS916+. Sebuah disk station dengan 4-bay slot hardisk. Berikut ulasan singkat mengenai SYNOLOGY DS916+

Spesifikasi

CPU : Intel Pentium N3710
CPU Frequency : Quad Core 1.6 GHz boost up to 2.56 GHz
RAM : 8 GB DDR3
Drive Bays : 4
Compatible Drive Type : 3.5″ SATAIII/II HDD; 2.5″ SATAIII/II HDD; 2.5″ SATAIII/II SSD
Maximum Internal Raw Capacity:40 TB (10 TB HDD x 4)
USB 3.0 Port:3
eSATA Port:1
Size (Height x Width x Depth):165 mm x 203 mm x 233.2 mm
Weight:2.04 kg
Power Supply Unit / Adapter:100W
AC Input Power Voltage:100V to 240V AC

Synology ini dipersenjatai dengan prosesor quadcore intel pentium N3710 1,6 GHz. Sangat cukup untuk melakukan pekerjaan berkaitan dengan data. Ditambah RAM 8 GB ddr3 yang membuat synology DS916+ ini lebih dari sekedar cukup sebagai perangkat database mini.

Kapasitas maksimal per hardisk adalah 10TB dengan 4 slot hardisk maka mini server synology ini dapat menampung 40TB data. Admin rasa untuk sekelas mini server sudah sangat mumpuni untuk dijadikan pilihan server database.

Paket Penjualan

dokumen pribadi nonatekno

Untuk sekelas mini server dengan harga kisaran 10 jutaan ini paket penjualan yang didapat cukup minim. Terdapat 1 buah adaptor power lengkap dengan kabelnya yang tebal dan kokoh.

dokumen pribadi nonatekno

Selain itu Synology DS916+ ini di bekali dengan dua kabel LAN RJ45 berwarna hitam. Sesuai dengan slot LAN yang tersedia yaitu 2 slot. Ada juga manual book untuk proses pemasangan hardisk dan koneksi.

Tampak Luar

dokumen pribadi nonatekno

Dari design luar yang cukup simpel dan keren. Dibalut dengan warna hitam dove di seluruh casingnya kecuali bagian depan. Pada bagian depan sendiri SYNOLOGY DS916+ dilengkapi 5 LED. Mulai dari atas LED status, DISK 1 – DISK 4, Power LED.

Lampu status menunjukan status dari si mini server ini. Pada keadaan ready lampu akan menyala terus. Kemudiann akan stand by apabila idle dalam jangka waktu tertentu. Ketika stand by ini lampu status berkedip dan lampu power led akan mati.

Hardisk Bay

dokumen pribadi nonatekno

Walaupun tergolong mini, namun si mungil ini mampu menampung 4 hardisk sekaligus. Pada bagian depan case ada penutup yang dapat dilepas. Disitulah tempat hardisk bay nya untuk menancapkan hardisk. Untuk melepas hardisk bay cukup mudah, tarik pengunci ke atas kemudian keluar hardisk bay nya.

dokumen pribadi nonatekno

Untuk tutorial memasang hardisk bisa kamu cek pada buku manualnya. Ada perbedaan memasang hardisk 2,5” dan 3,5”. Perlu diperhatikan juga posisi slot sata yang ada di dalamnya. Jangan sampai memasangnya terbalik.

baca juga : alasan memori internal android penuh

Tampak Belakang

dokumen pribadi nonatekno

Bagian belakang synology DS916+ terlihat cukup rapih dengan beberapa slot dan dua kipas kecil berukuran 8cm. Dua kipas berukuran 8 cm ini menyedot udara panas dari dalam dan mengeluarkanya. Menurut admin 2 fan ini masih cukup untuk menjaga suhu tetap aman dengan satu hardisk terpasang. Admin belum melakukan testing menggunakan 4 hardisk.

Pada bagian belakang ada beberapa slot tersedia yaitu 2 USB 3.0, 2 LAN, 1 eSATA dan slot power. Pada bagian juga biasanya terdapat beberapa stiker yang salah satunya adalah identitas device synology tersebut. Sedangkan yang lain adalah segel dari distributor terkait, pastikan segel tidak rusak agar garansi tidak hangus.

Mengchozt
Mengchozt Technology enthusiast, cat lover, Founder dan CEO Nona Tekno.