Mengchozt Technology enthusiast, cat lover, Founder dan CEO Nona Tekno.

5 Mini PC Termurah dengan Spesifikasi dan Performa Mewah

2 min read

Dalam kesempatan kali ini kami mau sedikit mengulas tentang beberapa brand Mini PC set Termurah. Walaupun terselip kata termurah namun Mini PC yang akan dibahas bukanlah Mini PC kualitas murahan. Beberapa brand ternama seperti Intel, ASUS, ECS dan ZOTAC akan kami ulas secara singkat dalam artikel ini.

 

INTEL Compute Stick BOXSTK1AW32SCR

Intel menghadirkan mini pc  dengan desain yang sangat minimalis. Untuk perbandingan ukuran seperti layaknya modem usb. Dibekali dengan prosesor Quad Core Intel Atom x5z8300 dan RAM 2GB cukup mumpuni untuk melakukan pekerjaan ringan kantoran. Tersedia 32GB untuk penyimpanan data.

Mini PC Intel compute Stick ini juga dilengkapi dengan slot Micro-SD Card dan juga slot USB 2.0. Perangkat Wifi dan bluetooth pun sudah tersedia.

Dengan output display HDMI kamu bisa langsung colok Mini PC ini ke monitor kamu yang memiliki slot HDMI. Mini PC dibandrol dengan harga Rp 2.030.000., cukup murah bukan dengan bundling pembelian WIN 10.

 

Intel NUC5 CPYH-4H500

Selain mengeluarkan seri compute stick yang sangat minimalis, intel juga mempunyai Mini PC kelas menengah. Intel memberikan kode seri NUC (Next Unit of Computing) untuk Mini PC kelas menengah.

Mini PC seri NUC ini biasanya dilengkapi dengan storage berupa Hardisk (HDD) ataupun Solid State Drive (SSD). Sehingga memungkinkan pengguna menyimpan lebih banyak data. Namun demikian ukuran dan beratnya menjadi lebih besar namun sebanding dengan fungsinya.

Dari spesikasinya Mini PC Intel NUC5 CPYH-4H ini lebih dari cukup untuk menghandle pekerjaan kantoran. Dibekali prosesor Dual Core Intel Celeron N3050 dan RAM 4GB DDR3, Mini PC ini mampu memberikan performa yang responsif dan tidak lemot.

Ada beberapa seri untuk Mini PC Intel NUC5 CPYH-4H ini, seri dengan paket SSD ataupun HDD. Adapula yang sudah bundling dengan Windows 10, tentunya beda bundling beda harga. Untuk NUC5 CPYH-4H dengan storage Hardisk 500GB dibandrol dengan harga kisaran Rp 3,220,000 (tanpa Windows 10)

 

Zotac ZBOX Mini PC – BI322K

Dari segi nama brand, ZOTAC ini memang kurang familiar untuk kalangan pengguna laptop dan handphone. Tapi bagi para kaum enthusiast desktop PC pasti cukup tahu sepak terjang brand yang  identik dengan warna kuning hitamnya ini.

ZOTAC cukup dikenal dengan produk Graphic Card nya, namun ternyata ZOTAC mengeluarkan produk berupa Mini PC juga lho. Mini PC keluaran ZOTAC tergolong Mini PC termurah, karena dengan harga kisaran Rp 3,400,000 kamu sudah bisa merasakan sistem anti-lemot yang dibekali SSD dengan kapasitas penyimpanan 128GB.

Selain sudah mengusung SSD untuk jajaran produknya, ZOTAC juga membekali Mini PC BI322K ini dengan RAM 8GB. Senjata anti-lemot yang sangat murah. Untuk prosesor sendiri masih menggunakan prosesor yang sama dengan INTEL NUC5 CPYH yaitu Intel Celeron N3050 berinti dua (Dual Core).

 

Asus VivoMini VC65-G4400WD

Tidak mau kalah dengan para pesaingnya, ASUS perusahaan yang sudah terkenal akan nama besarnya ini turut pula meramaikan pasar Mini PC. Salah satu lineup Mini PC ASUS ini adalah seri VivoMini VC65-G4400WD. Dibandrol dengan harga sekitar Rp 4,030,000 ini menyediakan kinerja optimal dibalik tubuh mungilnya.

Hadir dengan prosesor Pentium G4400T. Walaupun masih menyandang nama Pentium tapi prosesor hampir semua generasi pentium G4000 series terbilang memberikan performa yang sangat memuaskan. Selain prosesor yang yahud, Mini PC ASUS ini ditanami RAM 4GB DDR3L yang akan membantu dalam loading aplikasi aplikasi yang memakan source RAM besar.

Seperti terlihat pada gambar, Mini PC besutan ASUS ini menyediakan banyak slot untuk kenyamanan penggunanya. Ada 4 USB (2xUSB 3.0; 2xUSB 2.0), selain itu tersedia juga slot VGA/D-SUB untuk perangkat display yang belum support HDMI. Cukup lengkap bukan.

Tidak selesai sampai di situ, terdapat pula DVD-RW pada Mini PC ini. Lengkap sekali bukan fitur fitur yang tersedia? Sayangnya dengan harga seperti tertera di atas, ASUS VivoMini VC65-G4400WD belum terinstal Windows.

baca juga : mini server praktis untuk pekerjaan

ECS Liva XE – RAM 4GB, Storage 128GB

Mini PC termurah berikutnya adalah dari ECS. Brand ECS terbilang kurang populer dikalangan pengguna laptop dan handphone seperti ZOTAC. Tapi bagi para enthusiast desktop PC sudah pasti kenal dengan brand ECS ini. Produknya yang terkenal sangat ramah dikantong dengan kualitas yang bersaing.

ECS mempunyai lini produk Mini PC yang cukup banyak, namun kali ini kami hanya akan mengulas ECS Liva XE series (RAM 4GB, storage 128GB). Mini PC dari ECS ini menggunakan prosesor Intel Celeron J3160. Dipasangi RAM dengan kapasitas 4GB yang akan memberikan pengalaman kerja yang optimal.

Storage eMMC berkapasitas 128GB dipasang sebagai penyimpanan utama dari Mini PC ECS Liva XE ini. eMMC ini merupakan memory berbentuk flash chip controller yang terpasang langsung pada board si Liva ini. Terdapat expansion slot M2 bagi kamu yang mau memasang M2 SSD untuk tambahan storage.

Untuk slot luar terbilang cukup lengkap dengan adanya 2xUSB 2.0 dan 1xUSB 3.0. Mini PC ini juga menyediakan dua output yaitu VGA/D-sub dan HDMI.

Mengchozt
Mengchozt Technology enthusiast, cat lover, Founder dan CEO Nona Tekno.

5 Hal Mendasar Perbedaan Processor Intel dan AMD

Ulasan singkat mengenai Perbedaan mendasar pada produk prosesor Intel dan AMD
Mengchozt Mengchozt
3 min read