Mendy Beryl Content Writer Cantik di Nonatekno

Lava Tour Merapi

3 min read

lava tour merapi

Satu lagi objek wisata yang harus Kamu kunjungi ketika berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta. Objek wisata tersebut adalah Lava Tour Merapi. Disana Kamu akan mengunjungi berbagai destinasi menarik. Di artikel ini, Kamu akan mengetahui destinasi apa saja yang dapat Kamu kunjungi dan bagaimana Kamu bisa menikmati hal tersebut.

Objek wisata ini sangat cocok bagi Kamu yang menyukai jenis wisata alam yang sangat menantang dan penuh dengan adrenalin. Kamu akan merasakan pengalaman yang berharga ketika menikmati lereng Gunung Merapi dan juga berbagai objek wisatanya yang ada. Ini beberapa hal tentang Lava Tour Merapi.

lava tour merapi

A. Destinasi Objek Wisata Lava Tour Merapi

Alamat wisata Lava Tour Merapi berada persis di Lereng Gunung Merapi. Dengan begitu, sepanjang perjalanan Kamu akan melihat pemandangan indah. Pengalaman yang luar biasa ini akan membuat Kamu merasakan kesenangan dan juga adrenalin. Beberapa destinasi yang dapat Kamu kunjungi ketika menikmati objek wisata Lava Tour Merapi antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem merupakan objek wisata Lava Tour Merapi yang akan dilewati ketika Kamu melakukan perjalanan Lava Tour. Bunker Kaliadem merupakan suatu bangunan yang mempunyai fungsi sebagai perlindungan saat terjadi bencana gunung meletus. Bahkan, Bunker Kaliadem satu ini pernah menjadi saksi bisu tewasnya dua relawan ketika ada erupsi Gunung Merapi.

Letak Bunker Kaliadem ini adalah di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman, Yogyakarta. Banyak orang yang memanfaatkan Bunker ini untuk menikmati suasana sekitar Bunker dan juga berfoto di bangunan bersejarah yang satu ini.

Saat berada pada Bunker kaliadem, maka para pengunjung dapat menikmati keindahan Gunung Merapi tersebut dari dalam sana. Bahkan, dari Bunker tersebut dapat dilihat garis-garis alur pohon yang mulai menghitam serta bagian dari Gunung Merapi yang terselimuti kabut.

  1. Museum Mini Sisa Hartaku

Saat melakukan perjalanan wisata Lava Tour, Kamu akan juga dibawa mampir pada Museum Mini Sisa Hartaku. Objek wisata Lava Tour Merapi yang bersejarah ini berada di Jl. Petung Merapi, Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Yogykarta. Museum ini merupakan bentuk nyata korban sejarah erupsi Gunung Merapi pada 2010 silam.

Di Museum Sisa Hartaku ini, Kamu akan dapat melihat rumah milik seorang warga yang terkena dampak dari erupsi ganas tersebut. Ada juga jam dinding yang masih menunjukkan waktu terjadinya kejadian tersebut. Selain itu, ada berbagai perabotan yang tersisa bahkan kerangka hewan peliharaan yang dimiliki oleh salah satu warga tersebut.

Dengan mengunjungi Sisa Hartaku ini, maka Kamu akan belajar banyak hal. Kamu akan mengetahui bagaimana dasyatnya ketika erupsi Gunung Merapi, dan juga Kamu dapat mengambil hikmah atas kejadian yang terjadi pada 2010 saat itu. Untuk mengunjungi museum ini, Kamu dapat datang pukul antara 8 pagi hingga jam 5 sore.

  1. Batu Alien

Batu Alien merupakan tempat yang dapat Kamu kunjungi pula ketika sedang melakukan perjalanan wisata Lava Tour. Batu tersebut berbentuk menyerupai mahluk asing dari luar bumi atau Alien, yang mana sebenarnya merupakan batu besar yang terbawa oleh lahar panas dikarenakan erupsi Gunung Merapi saat itu.

Letak Batu Alien ini secara spesifik adalah di Dusun Jambu, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Kamu dapat menikmati suasana yang ada disana sekaligus berfoto dengan batu unik yang mukanya menyerupai Alien ini.

  1. Petlilasan Rumah Mbah Marijan

Tentu Kamu pernah mendengar Juru Kunci Merapi legendaris satu ini, kan. Disini Kamu akan melihat barang peninggalan dari Mbah Marijan yang terkena erupsi Gunung Merapi. Bukan hanya itu, Kamu juga dapat melihat suasana dan pemandangan dari ketinggian dengan naik gardu pandang yang terletak disebelah petilasan tersebut.

Suasana yang adem dan juga mengandung unsur sejarah ini cocok bagi Kamu yang menyukai hal berkaitan demikian. Disana Kamu juga dapat mengenang kejadian 2010 silam dan mengambil hikmah serta pelajaran yang dapat Kamu petik.

  1. Kali Kuning

Saat sedang melakukan perjalanan Lava Tour, Kamu akan melewati sebuah sungai yang biasanya dialiri lahar ketika terjadi erupsi. Sungai tersebut bernama Kali Kuning. Kamu akan merasakan sensasi yang luar biasa ketika mobil atau trail yang Kamu kendarai melewati Kali Kuning ini. Cipratan air yang ditimbulkan dan adrenalin yang muncul akan menjadi kenangan yang tidak terlupakan.

B. Cara Menikmati Lava Tour Merapi

Nah, setelah mengetahui objek wisata yang dapat Kamu kunjungi sepanjang perjalanan Lava Tour Merapi, selanjutnya adalah bagaimana cara menikmatinya. Ada beberapa alternatif yang dapat Kamu pilih untuk menikmati objek wisata menyusuri lereng Gunung Merapi ini, alternatif tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Menggunakan Jeep Merapi

Kamu dapat menikmati perjalanan Lava Tour menggunakan Jeep Merapi yang tersedia di perusahaan-perusahaan jasa penyewaan  Jeep disana. Meskipun terlihat banyak sekali perusahaan yang menyediakan, pada dasarnya mereka berada pada naungan asosiasi penyewaan Jeep yang sama. Jeep umumnya diisi oleh empat orang atau lebih.

Baca juga: Paket Wisata Jeep Merapi

Ada banyak paket yang disediakan beserta harga yang beragam pula. Setidaknya terdapat paket short, medium, dan long yang mana paket tersebut dibedakan atas lamanya perjalanan yang akan Kamu tempuh.

Menggunakan Jeep Merapi biasanya juga disertai dengan driver sehingga Kamu tinggal menikmati destinasi wisata yang ada. Lalu, bagaimana dengan tarif jeep Lava Tour Merapi? Tarifnya berkisar dari Rp 350.000,- an. Kamu bisa memilih paket sekaligus, biasanya harga Lava Tour Merapi sekaligus jeep bisa lebih murah.

  1. Menggunakan Jasa Sewa Trail

Selain menggunakan Jeep, bagi Kamu yang menyukai offroad, bisa juga menggunakan alternatif menikmati Lava Tour Merapi yang satu ini. Kamu dapat menyewa motor trail yang tersedia di perusahaan penyewaan disana. Ini sangat cocok dilakukan bersama teman-teman ataupun ketika Kamu ingin merasakan perjalanan wisata ini sendirian.

Menikmati keindahan Lava Tour dengan mengendarainya sendiri memang bisa menjadi kejadian mengasikkan. Bahkan Kamu dapat merasakan ketegangan adrenalin ketika melintasi Kali Kuning menggunakan motor trail tersebut.

Tetapi satu hal yang harus Kamu ingat, ketika menggunakan motor trail, maka pastikan bahwa Kamu memang telah mempunyai lisensi setidaknya dalam mengendarai motor roda dua. Selain itu, Kamu harus melengkapi segala perlengkapan keamanan yang ada sehingga perjalanan wisata Lava Tour Kamu aman dan juga selamat.

  1. Menggunakan Kendaraan Pribadi

Untuk menikmati Lava Tour Merapi, tidak selamanya Kamu harus menyewanya baik di perusahaan jasa penyewaan Jeep atau motor trail. Kamu juga dapat menikmati keindahan objek wisata Lava Tour Merapi dengan cara menggunakan kendaraan pribadi yang Kamu miliki.

Misalnya, Kamu memang mempunyai Jeep sendiri atau motor trail sendiri di rumah. Maka kamu dapat menggunakan Jeep atau motor trail pribadi Kamu tersebut. Atau mungkin, Kamu memiliki mobil pribadi yang memang memliki spek yang cocok untuk melewati medan lereng Gunung Merapi yang tidak semulus jalan biasanya.  Kamu juga bisa mengadakan open trip Lava Tour Merapi untuk menekan biaya.

Satu  hal yang sangat perlu Kamu perhatikan jika Kamu memutuskan kesana menggunakan kendaraan pribadi adalah, Kamu harus memastikan bahwa kendaraan pribadi tersebut layak digunakan untuk menyusuri jalan yang mungkin tidak rata dan bisa saja terjal. Hal ini semata-mata tentunya untuk keselamatan Kamu sendiri.

Mendy Beryl
Mendy Beryl Content Writer Cantik di Nonatekno

Pantai Klayar

Mendy Beryl Mendy Beryl
2 min read