5 Penyebab dan Cara Mengatasi Kenapa Memori Internal Android Penuh Padahal Aplikasi Sedikit

5 Penyebab dan Cara Mengatasi Kenapa Memori Internal Android Penuh Padahal Aplikasi Sedikit

Memori internal penuh padahal tidak ada aplikasi. Berencana install aplikasi Android terbaru lalu tiba tiba ada peringatan ‘ Tidak ada ruang penyimpanan pada perangkat ’ tentu tidak enak. Kemudian sudah uninstall beberapa aplikasi, dan tidak tahu kenapa memori internal android penuh padahal aplikasi sedikit. Memori internal penuh padahal tidak ada aplikasi, aplikasi kesayangan sudah dikorbankan tapi memori tetap saja penuh. Mungkinkah ada cara mengatasi memori internal penuh padahal aplikasi sedikit? Baiklah kali ini kita ulas penyebab dan cara mengatasi memori internal android penuh padahal aplikasi sedikit.

Baiklah, pada ulasan kali ini, akan saya bagi menjadi dua bagian untuk mempermudah pemahaman.

  1. Penyebab Kenapa Memori Internal Android Penuh Padahal Aplikasi Sedikit
  2. Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Padahal Tidak Ada Aplikasi

Tidak perlu berbasa basi, karena takutnya malah jadi tidak dibaca, langsung saja ke intinya kenapa memori penuh dan mengatasinya.

kenapa memori internal android penuh padahal aplikasi sedikit

A. Penyebab Kenapa Memori Internal Android Penuh padahal aplikasi sedikit

Jika aplikasi android sedikit tetapi memori masih saja penuh mungkin dugaan pertama adalah adanya dokumen yang tersimpan di sana. Dengan sigap dokumen ini bisa dipindahkan ke memori eksternal atau di impor ke media yang lain. Namun sayangnya sering kali meskipun langkah langkah ini sudah dilakukan, memori masih saja penuh. Ini dia 5 penyebab kenapa memori internal Android penuh padahal aplikasi sedikit dan dokumen kosong. Serta nanti cara mengatasi memori internal android penuh padahal aplikasi sedikit.

1. Empat Macam File Whatsapp, Yang Hampir Semua Orang Tidak Sadar

Baca juga: 5 Penyebab Kenapa RAM Android Penuh Padahal Aplikasi Sedikit dan Cara Menambah RAM Tanpa Aplikasi

Yang pertama adalah karena File Whatapp. Tadinya bagian ini akan saya taruh paling belakang, tetapi ternyata bagian ini adalah bagian yang paling tidak disadari. Bahkan cara mengatasi memori internal android penuh padahal aplikasi sedikit ini rada rumit. Whatsapp menyimpan berbagai macam file yang ukurannya tidak kecil. Yang pertama dan paling terlihat adalah file foto, video dan dokumen yang dikirim orang lain kepada kita. File ini sangat mudah di hapus bahkan melalui galeri atau file manager.

File kedua penyebab memori penuh padahal aplikasi sedikit adalah file yang pernah kita kirim kepada orang lain. Apabila folder media Whatsapp dibuka melalui file manager atau laptop, semua file yang pernah kita kirim kepada orang lain bertumpuk di sini. Hati hati membuka folder ini, jangan jangan ada yang berbahaya hehe. File ketiga adalah whatsapp status. File inilah yang banyak orang tidak menyadari keberadaannya. Ternyata fitur baru Whatsapp ini menghabiskan memori yang amat sangat besar. Setiap whatsapp status teman yang pernah dilihat, ternyata tersimpan pada memori lokal.

Sudah habis? Belum masih ada penyebab kenapa memori penuh lain

Baca juga: Cara memindahkan penyimpanan internal ke kartu SD

Ada satu lagi file whatsapp yang sangat besar dan mungkin tidak disadari, yaitu file database. Whatsapp ternyata mencadangkan seluruh data ke memori lokal. File ini berfungsi mengembalikan seluruh data jika Whatsapp di install ulang. Sayangnya file database ini satu hari satu file dan ada hingga 7 hari (7 file), sangat memenuhi memori. Jadi Whatsapp punya dua macam backup, backup cloud yang diupload setiap jam 2 pagi (default) ke google Drive dan backup/database memori lokal.

Empat file inilah yang menjadi penyebab kenapa memori internal Android penuh padahal aplikasi sedikit. Tentu saja hal ini terjadi jika penyimpanan Whatsapp diarahkan ke memori internal. Jika tidak pun, memori eksternal anda yang akan terkuras habis. Cara mengatasi memori internal android penuh padahal aplikasi sedikit ini tentu dengan membersihkannya. Caranya? Nanti ya di bawah.

2. Aplikasi Di Hapus, Tetapi Sisa-Sisa Tidak

Baca juga: Cara mengembalikan memori internal Android yang hilang seperti semula

Penyebab memori internal penuh yang kedua ini juga bagian yang mungkin tidak di sadari. Beberapa aplikasi menyimpan data ke memori lokal saat digunakan, pada saat aplikasi dihapus ternyata tidak ikut terhapus. Data-data yang tersimpan di memori lokal ini memang sering kali sulit dipahami ketika dibuka di file manager.

Nama foldernya membuat orang ragu ragu untuk menghapus karena takut merupakan file penting yang dapat mengganggu sistem Android apabila dihapus. Hal inilah yang kemudian membuat memori tetap saja penuh meski aplikasi sudah tidak ada. Jadi penyebab kenapa memori penuh ini tentu harus dihilangkan.

3. Aplikasi Yang Masih Ada Memiliki Banyak Cache

Baca juga: Cara menghapus Cache di Android

Penyebab kenapa memori internal Android penuh padahal aplikasi sedikit  yang ketiga adalah file Cache. Cache merupakan riwayat perjalanan yang berfungsi sebagai penanda apabila suatu saat melalui jalan yang sama. Dengan adanya cache, jalan lebih mudah dilalui karena sudah pernah melewatinya. Begitulah kira-kira definisi mudah dari cache.

Memori internal penuh padahal tidak ada aplikasi  yang disebabkan oleh cache memang menyebalkan. Hal ini karena hampir semua aplikasi yang terinstall memiliki cache yang ukurannya tergantung dari aktivitas yang pernah dilakukan. Meskipun aplikasi sedikit yang terinstall, tetapi jika memiliki cache yang besar, tentu akan membuat memori internal penuh.

4. Terlalu Banyak File .Thumbnail

Jika tidak bisa dihapus baca juga: Cara menghapus file yang tidak bisa di hapus di memori

Lagi-lagi file yang mungkin tidak pernah disadari. File thumbnail adalah file duplikat dari file utama yang membuat data di HP Android menjadi lebih user friendly. Contohnya adalah file file gambar di Smartphone yang bisa di lihat dengan mode kisi atau list pada galeri. Gambar yang ditampilkan adalah gambar ukuran kecil, bukan ukuran piksel sesungguhnya.

File inilah yang kemudian menyita sangat banyak memori internal di Smartphone. File thumbnail bukan hanya menyita memori internal tetapi juga bisa pada memori eksternal, tergantung lokasinya dan sangat menjadi penyebab kenapa memori penuh. Cara mengatasi memori internal android penuh padahal aplikasi sedikit ini juga cukup membosankan karena harus rajin. Memori internal penuh padahal tidak ada aplikasi karena adanya file ini harus dibersihkan dengan benar.

5. Penyimpanan Kamera Nyasar Di Memori Internal

Memori internal Android rata rata berukuran tidak terlalu besar. Memori internal yang kecil ini ditopang dengan memori eksternal yang memiliki kapasitas hingga ratusan gigabyte. Penyebab kenapa memori internal android penuh padahal aplikasinya sedikit yang kelima ini jarang terjadi. Bagi yang sudah mengatur penyimpanan utama berada di memori eksternal, tentu memori internal tidak akan terisi dengan foto foto hasil jepretan kamera.

Baca juga: 5 Aplikasi Android untuk Penyimpanan Data Online untuk backup gambar mudah

Nah sekian dulu 5 penyebab kenapa memori internal Android penuh padahal aplikasi sedikit. Sebelum menghapus aplikasi kesayangan, sebaiknya periksa terlebih dahulu kelima penyebab di atas. Agar tidak menyesal karena terlanjur dihapus ternyata penyebabnya bukan hanya banyaknya aplikasi. Namun bagaimana setelah tahu penyebabnya, bagaimana cara mengatasinya? Baiklah, kita masuk ke pembahasan yang kedua.

B. Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Padahal Tidak Ada Aplikasi

Setelah mengetahui deretan penyebab kenapa memori internal Android penuh padahal aplikasi sedikit, sekarang perlu diketahui cara mengatasinya. Sebenarnya satu satunya jawaban untuk mengatasi memori penuh adalah dengan menghapus isinya. Akan tetapi file mana yang perlu dihapus lah yang mungkin perlu menjadi pertimbangan.

Setelah pada akhirnya tadi sudah menghapus beberapa aplikasi kesayangan dan berencana menggantinya dengan yang baru, sekarang masih harus menghapus lagi. Anda jangan kesel dulu dengan saya, hehe. Data yang harus dihapus jika memori internal penuh padahal tidak ada aplikasi adalah dengan menghapus yang tidak penting.

File mana yang tidak penting? Semua penyebab memori internal penuh di atas bisa dihapus. Namun ada beberapa catatan penting. Saya buat poin-poin saja supaya lebih mudah untuk dipahami.

1. Menghapus File Whatsapp

Lebih jelasnya: Cara LENGKAP mengatasi memori Internal Penuh padahal aplikasi sedikit

Hapus keempat file whatsapp yang saya tulis di awal tadi. Namun sisakan file yang masih anda perlukan atau anda pindahkan saja ke penyimpanan lain (laptop, cloud). File database whatsapp anda sisakan yang tanggal terakhir saja, sedangkan enam file lain bisa anda hapus. Satu file backup ini di HP saya, satu hari bisa sampai 100 MB. Sehingga penyebab utama kenapa memori penuh padahal aplikasi sedikit sudah akan hilang.

2. File Cache, Penyebab memori penuh padahal aplikasi sedikit

Cara mengatasi memori internal android penuh padahal aplikasi sedikit yang lain adalah file cache. File cache yang dihapus mengakibatkan perjalanan mengunjungi bagian bagian dari aplikasi menjadi lebih lambat. Hal ini karena penunjuk jalannya sudah tidak ada. Selain itu, perhatikan bahwa ketika file cache pada aplikasi dihapus, maka informasi login anda akan terhapus. Jika anda lupa informasi login, bisa kacau karena tidak bisa login lagi. Selain itu, meskipun dihapus nanti tetap akan muncul lagi cache sedikit demi sedikit. Tetapi setidaknya sudah pernah dibersihkan, karena tidak semua jalan masa lalu akan anda lewati lagi.

Nah, mungkin dua itu saja cara mengatasi memori internal android penuh padahal aplikasi sedikit yang paling penting untuk diperhatikan. Tentunya sebelum menghapus penyebab kenapa memori internal Android penuh padahal aplikasi sedikit. Cara menghapus file file tadi sebaiknya dilakukan dengan menggunakan PC atau laptop dengan menghubungkan melalui kabel data. Mengapa demikian? Karena beberapa file di HP ternyata tidak dapat dihapus secara langsung di Smartphone.

Baca juga

Cara mengatasi Android LEMOT karena RAM kecil

Cara menambah kapasitas memori internal Android tanpa root

Sekian dulu ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi kenapa memori internal Android penuh padahal aplikasi sedikit. Jika ada hal hal yang belum saya tulis di sini, bisa dituliskan di kolom komentar untuk membantu yang lain. Memori internal penuh padahal tidak ada aplikasi semoga bisa kamu atasi dengan cara mengatasi memori internal android penuh padahal aplikasi sedikit tadi ya. Terima kasih, semoga bermanfaat.