Mendy Beryl Content Writer Cantik di Nonatekno

Jeep Merapi

2 min read

jeep merapi

Bukan Yogyakarta namanya jika tidak memiliki berbagai objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu tempat wisata yang wajib Kamu jajal ketika ke Jogja adalah Lava Tour Merapi. Wisata satu ini akan mengajak Kamu untuk berkeliling menaiki Jeep Merapi sambil mengelilingi kaki Gunung Merapi serta bekas lahar pasca gunung meletus.

Pada artikel ini, Kamu akan menemukan ulasan lengkap mengenai rute lokasi, alamat, kelebihan dan kekurangan, apa yang bisa Kamu lakukan disana, serta harga dan paket Lava Tour Merapi 2019. Memang, mengetahui informasi tentang objek wisata yang akan Kamu kunjungi akan memudahkan Kamu dalam berwisata nantinya.jeep merapi

Biaya dan Paket Jeep Merapi

Tiket masuk akan dikenakan pada Jeep Merapi yang Kamu tumpangi. Terdapat banyak paket Lava Tour Merapi yang ada disekitar sana. Kamu dapat menyesuaikannya antara jenis Jeep yang Kamu sewa dengan budget yang telah Kamu siapkan.

Beberapa paket Lava Tour Merapi 2019 yang tersedia antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Rute pendek/short dengan kurun waktu 1,5 jam
  2. Rute medium dengan kurun waktu 2,5 jam
  3. Rute panjang/long dengan kurun waktu 4-5 jam

Sedangkan harga Lava Tour Merapi 2019 antara lain sebagai berikut:

  1. Tur rute pendek atau short dengan Jeep Merapi maksimal 4 orang seharga Rp. 350.000
  2. Tur rute medium dengan harga sewa sebesar Rp. 450.000
  3. Tur rute panjang atau long sebesar Rp. 600.000

Sewa Jeep Merapi tersebut dapat Kamu temukan disekitar tempat wisata Lava Tour Merapi. Juga terdapat start daerah yang beragam misalnya start perjalanan mulai dari Kaliadem, dan lain sebagainya.

Selain paket Lava Tour Merapi 2019 tersebut, ada juga paket bernama Merapi Sunrise Trip. Secara singkat paket ini merupakan perjalanan menggunakan Jeep klasik dipagi hari sambil menyaksikan matahari terbit. Harga Jeep Lava Tour Merapi Sunrise sendiri berkisar antara 450.000 hingga 600.000 tergantung dari penyedia tour mana yang Kamu pilih. Tetapi pada dasarnya penyedia tour sewa Jeep Merapi berada pada naungan yang sama,

Rute Lokasi dan Alamat Lava Tour Merapi

Alamat Lava Tour Merapi sendiri tepatnya adalah di Kaliadem, Merapi, Daerah Istimewa Yogyakarta. Meskipun letaknya di lereng Gunung Merapi, Kamu tidak perlu khawatir karena medan dan akomodasi yang disediakan telah dipertimbangkan dengan matang sehingga perjalanan liburan Kamu akan tetap asik dan menyenangkan.

Sedangkan rute yang harus Kamu tempuh adalah tergantung dari mana kamu datang. Saat ini sudah banyak akses kendaraan umum yang bisa Kamu gunakan untuk datang ke Yogyakarta. Kamu bisa menggunakan bis, kereta, kendaraan pribadi, dan lain sebagainya.

Apa yang Bisa Dilakukan di Lava Tour Merapi

Objek wisata yang mengajak Kamu berpetualang menggunakan Jeep ini akan memberikan pengalaman seru yang tidak akan terlupakan oleh Kamu. Selain mengelilingi bekas lahar Gunung Merapi itu, Kamu bisa melakukan berbagai hal antara lain sebagai berikut:

  1. Melihat Sunrise

Jika Kamu memilih paket Sunrise Trip Merapi, maka Kamu akan berkesempatan melihat indahnya matahari terbit di ufuk timur. Tentunya ini adalah hal yang susah dilakukan ditengah perkotaan karena tingginya gedung-gedung yang ada. Jangan khawatir karena Harga Jeep Lava Tour Merapi Sunrise masih terjangkau dan sepadan dengan pengalaman yang akan Kamu dapatkan.

  1. Berfoto ria

Wah tentunya kegiatan satu ini tidak dapat tertinggal utamanya saat Kamu berkeliling menggunakan Jeep Merapi. Kamu dapat berfoto disepanjang perjalanan dan juga mengabadikan berbagai moment yang ada.

  1. Belajar lebih dekat dengan alam

Wisata ini bisa menjadi salah satu wisata untuk mengedukasi tentang bentang alam yang ada, yakni Gunung Merapi. Dengan berkeliling menggunakan Jeep Merapi, mengamati berbagai bekas lahar, pasir, langit yang luas, dan masih banyak lagi akan semakin menyenangkan.

  1. Mengunjungi Museum Sisa Hartaku

Dengan menggunakan paket Lava Tour Merapi, maka Kamu akan juga mengunjungi salah satu museum yang terkenal ini. Museum ini adalah rumah bekas terkena bencana erupsi Merapi milik Bapak Riyanto. Di rumah tersebut, Kamu dapat menyaksikan sisa-sisa perabotan yang terkena bencana, sepeda motor, rangka hewan peliharaan, bahkan jam dinding yang menunjukan waktu terjadinya bencana.

  1. Batu Alien

Kamu juga bisa melihat Batu Alien ketika mengunjungi Lava Tour Merapi. Batu yang terlempar keluar ketika erupsi tersebut berbentuk mirip alien. Kamu dapat memperhatikan bahwa pada permukaan batunya akan ada bentuk mirip muka lengkap dengan mata, hidung, mulut, yang mirip dengan mahluk luar angkasa.

  1. Bunker Merapi

Bunker merupakan tempat yang biasanya digunakan untuk berlindung ketika erupsi sedang berlangsung. Letak bunker tersebut adalah di kawasan Kaliadem. Bunker yang sudah ada sejak jaman Belanda ini menjadi saksi meninggalnya 2 relawan yang melindungi diri diidalam bunker tersebut.

  1. Kali Kuning

Jeep Kamu akan dibawa melintasi Kali Kuning ini. Kamu akan merasakan sensasi yang luar biasa dan mungkin akan merasakan cipratan air yang ada. Kali Kuning ini merupakan salah satu sungai yang dialiri lahar ketika lahar muncul.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan yang akan Kamu dapatkan ketika mengunjungi tempat wisata ini adalah merasakan keseruan berpetualang layaknya Rambo. Selain itu, bentang alam  yang indah akan memuaskan hasrat Kamu untuk berfoto ria disana.

Kelemahannya adalah, Kamu perlu berhati-hati dengan cuaca buruk yang ada karena ketika cuacanya sedang hujan, maka perjalanan wisata Kamu dapat berbahaya. Menggunakan Jeep Merapi memang memiliki tingkat keamanan yang tinggi, tetapi faktor cuaca juga bisa membuat medan semakin sulit.

Mendy Beryl
Mendy Beryl Content Writer Cantik di Nonatekno