Mendy Beryl Content Writer Cantik di Nonatekno

Ciri Khas Suku Sunda

3 min read

ciri khas suku sunda

ciri khas suku sundaSiapa yang tidak mengenali Suku Sunda? Semua orang tentu mengetahuinya lewat beberapa hal mengenai ciri-ciri khas Suku Sunda tersebut. Mulai dari logatnya yang khas, bentuk wajah yang cenderung mirip, dan keunikannya saat berbicara. Suku ini tidak hanya terkenal di daerah asalnya yakni Jawa Barat, tetapi juga di suku-suku lain seluruh Indonesia.

Hal tersebut disebabkan karena banyak sekali figur publik terkenal yang berasal dari Sunda. Mereka juga selalu memperkenalkan kebudayaan Suku Sunda, terutama pada berbagai hal yang sifatnya unik. Itu biasa mereka tunjukkan melalui ciri khas suku sunda yang tampak di depan mata kemudian disorot melalui media seperti pada penjelasan beberapa poin di bawah ini.

A. Ciri Khas Suku Sunda di Jawa Barat

  1. Memiliki 7 Unsur Kebudayaan yang Khas

Sunda memiliki keunikan yang berbeda dari suku lainnya, hal ini dapat dilihat dari 7 unsur kebudayaan Suku Sunda. Unsur ini secara umum telah dikenal dalam sejarah, antara lain terdiri dari sistem peralatan dan teknologi, bahasa, mata pencaharian, sistem kemasyarakatan atau organisasi di dalamnya. Serta kesenian, agama, dan pengetahuan.

Setiap suku pada dasarnya memiliki semua unsur tersebut, tetapi isi dari tiap-tiap unsur sangat berbeda. Perbedaan itulah yang dijadikan sebagai identitas masing-masing suku, termasuk Suku Sunda.

  1. Memiliki Panutan Filosofi Hidup

Sunda terkenal dengan filosofi hidup yang dipegang kuat secara turun temurun hingga di zaman modern kini. Filosofi tersebut dapat dijadikan sebagai ciri-ciri khas Suku Sunda. terdapat lima ucapan dalam Bahasa Sunda yang dianggap mampu membawa mereka kepada kesuksesan dan jalan yang baik.

Falsafah tersebut yakni terdiri dari kata-kata, cageur yang artinya sehat, bener maksudnya benar, bageur yakni baik, pinter berarti pintar, tur singer artinya kreatif. Kelima poin tersebut memiliki makna yang bisa dijelaskan lebih rinci lagi. Mereka memiliki harapan bahwa karakter dan kepribadian dapat terbentuk melalui pegangan hidup lewat 5 filosofi tersebut.

  1. Legenda Khas di Suku Sunda

Ciri-ciri khas Suku Sunda yang paling terkenal yakni filosofi nama baik yang diawali huruf Ci, serta adanya sebuah legenda tentang Prabu Siliwangi. Sebagian dari Kalian tentu mengetahui adanya legenda tersebut karena sempat dipopulerkan lewat media dan kisah sejarah. Arti dari sebuah kata Ci tersebut memiliki kaitan dengan legenda Suku Sunda.

Baca juga:

Ciri Khas Suku Bugis

Ciri Khas Suku Sasak

Juga berkaitan dengan kisah Prabu Siliwangi, yang berasal dari Legenda Gunung Sunda Purwa. Gunung tersebut adalah gunung api tertinggi sedunia yang mencapai 17.000 mdpl. Sunda Purwa juga dikenal sebagai Gunung Agung Batara Guru, selain itu bisa juga dimaknai untuk menyebutkan dewa yang memiliki cahaya tinggal di gunung tersebut.

B. Ciri Khas Kebudayaan Suku Sunda

  1. Rumah Adat Sunda

Sama seperti suku lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia, ciri-ciri khas Suku Sunda juga bisa dilihat dari rumah adat. Suku tersebut memiliki rumah adat berbentuk panggung dengan kaki sebagai penahan rumah yang kuat. Tetapi, pada dasarnya rumah adat Sunda memiliki ciri, bentuk, dan nama yang berbeda-beda tergantung pada fungsinya.

Pembangunan rumah juga disesuaikan dengan kondisi lingkungan sehingga memiliki ukuran yang berbeda. Adapun nama-nama adat rumah Suku Sunda yang didasarkan pada bentuk atap antara lain yakni Tagong Anjing, Jolopong, Badak Heuay, Suhunan, Perahu Kemureb, Buka Pongpok, dan lainnya. Rumah ini masih bisa ditemui di cagar budaya.

  1. Lagu Daerah dan Musik Suku Sunda

Ciri-ciri khas Suku Sunda yang paling terkenal juga bisa dilihat dari hasil karya seni, seperti tarian, lagu dan alat musik. Kamu tentu mengenal angklung yang sering dikaitkan dengan Suku Sunda. Alat musik tersebut memang termasuk sebagai benda khas, dengan beberapa lainnya seperti Degung, Calung, Suling, Karinding, dan Kacapi.

Permainan suara yang dihasilkan angklung pun terkenal merdu dan unik hingga popularitasnya mencapai tingkat dunia. Selain penggunaan alat musik, beberapa judul lagu daerah juga diperkenalkan secara populer. Antara lain seperti Manuk Dadali, Bubuy Bulan, Tokecang, dan lainnya.

  1. Ciri Khas Pakaian Adat Sunda

Keunikan lain yang bisa Kamu temukan pada suku ini melalui nama pakaian adat Suku Sunda yang sangat beragam. Ragam dari nama-nama tersebut berasal dari jenis dan fungsi pakaian, serta dikategorikan sesuai dengan status sosial Suku Sunda. Pakaian mereka dikategorikan ke dalam beberapa jenis.

Antara lain pakaian untuk rakyat jelata yang paling sederhana, palaian kaum menengah yang agak mewah dengan hiasan. Kemudian pakaian khusus untuk para bangsawan yang benar-benar mewah dengan penuh perhiasan serta kain berharga.

C. Ciri Suku Sunda yang Menarik

  1. Upacara Perkawinan yang Unik

Setiap suku tentu memiliki upacara perkawinan yang unik, termasuk adat istiadat orang Sunda setiap sebelum melakukan pernikahan. Prosesi yang dilakukan biasanya berawal dari datangnya pihak lelaki untuk menunjukkan keseriusan meminang pihak perempuan.

Kemudian pernikahan dilakukan dengan penukaran ikat pinggang, di sebagian masyarakat hal ini biasa dilakukan dengan menggunakan cincin. Saat sedang melangsungkan akad nikah, masing-masing pihak akan meminta restu sesepuh serta melakukan beberapa ritual.

  1. Sistem Kekerabatan yang Unik

Kekhasan juga terdapat pada sistem kekerabatan Suku Sunda yang secara umum bersifat parental. Artinya sebuah garis keturunan lewat ayah dan ibu secara bersamaan, serta ada juga sebuah istilah khusus yang disebut Pancakaki.

Pancakaki yakni istilah adanya perwujudan sebuah kekerabatan, dapat dilihat dari silsilah keluarga secara vertikal maupun horizontal. Persaudaraan secara vertikal bisa ditandai dari hubungan keluarga sedarah, sedangkan horizontal yakni hubungan keluarga secara tidak langsung.

Baca juga:

Ciri Khas Suku Gayo

Ciri Khas Suku Bajo

  1. Senjata Tradisional Khas

Ciri-ciri khas Suku Sunda terakhir yakni dari senjata tradisionalnya, Kamu bisa mengetahui simbol ini dengan melihat beberapa peninggalan. Antara lain seperti Kujang, Papatuk, Waruga, Mata, dan masih banyak lagi lainnya.

Penamaan senjata tersebut berdasarkan fungsi, dan Kamu juga perlu mengetahui bahwa setiap nama senjata memiliki makna. Seperti Kujang, yang berasal dari dua kata, yakni kudi dan hyang, berarti senjata sakti yang diturunkan oleh dewa.

Mendy Beryl
Mendy Beryl Content Writer Cantik di Nonatekno