Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Ciri Khas Suku Melayu

2 min read

ciri khas suku melayu

Ciri khas suku Melayu perlu kamu ketahui. Indonesia merupakan Negara terbesar penduduknya dengan urutan ke empat dari seluruh Negara di dunia. Dengan jumlah penduduk heterogen yang teramat banyak tersebut pasti berasal dari latar belakang yang berbeda, termasuk suku yang beragam pula.

Indonesia sendiri merupakan Negara kepulauan yang memiliki beribu-ribu suku budaya. Nah, di artikel ini akan dibahas mengenai ciri khas salah satu suku yang tergolong banyak ditemukan di Indonesia yaitu tentang ciri khas suku Melayu. Penasaran? baca dengan seksama artikel berikut ya!

ciri khas suku melayu

Ciri Khas Suku Melayu

Suku Melayu adalah suku yang sebagian besar menduduki wilayah Indonesia terutama bagian pulau Sumatra tepatnya di Sumatra Timur dan Utara. Suku tersebut berasal dari penduduk Austronesia yang tersebar ke bagian Malaya, Singapura, Burma bagian Selatan, dan Indonesia. Ciri khas suku Melayu yang paling dominan adalah penduduknya sangat ramah dan memiliki tutur kata serta sopan santun yang tinggi terhadap sesama manusia. Berikut akan kami sajikan ulasan lengkap mengenai ciri khas suku Melayu yang kaya akan budaya:

1. Ciri Makanan Khas Suku Melayu yang Membuat Perut Keroncongan

Soal makanan khas suku Melayu jangan diragukan lagi deh, karena suku ini memiliki beragam kuliner enak, unik, sekaligus bergizi yang menggiur kan lidah dan membuat perut keroncongan. Sekarang makanan suku Melayu mulai menjamah ke seluruh bagian kota yang ada di Indonesia tak terkecuali bagian pedalaman juga.

Adapun kuliner khas suku Melayu yang wajib kamu ketahui yaitu:

  • mi sagu (cita rasa mi dengan bahan dasar sagu yang kaya akan karbohidrat),
  • cencalok (terbuat dari udang yang mengandung banyak protein),
  • bolu kemejo (memiliki rasa pandan yang khas sehingga membedakannya dengan bolu yang lain),
  • kue bangkit (memiliki rasa gurih dan tekstur yang lembut),
  • kue asidah (memiliki rasa yang sangat kuat karena bahan yang digunakan banyak mengandung rempah rempah pilihan khas suku Melayu)

2. Ciri Ciri Suku Melayu yang Khas dengan Suku yang Lain

Suku Melayu merupakan salah satu suku yang memiliki karakteristik mencolok. Adapun ciri ciri suku melayu yaitu mayoritas penduduknya memiliki logat yang baik dengan dibuktikannya menjunjung tinggi rasa hormat menghormati dengan cara merealisasikan sifat sopan santun, dan gaya bicara yang lembut kepada sesama manusia.

Suku melayu memiliki ciri fisik kulit berwarna sawo matang, memiliki tinggi badan yang sedang atau normal, mayoritas memiliki rambut lurus, dan perawakan badan yang agak kecil. Suku tersebut memiliki kemampuan toleransi yang tinggi dengan suku yang lain sehingga jarang terjadi perpecahan.

3. Tari Saman Cabang Kebudayaan Suku Melayu

Tari saman adalah salah satu kebudayaan suku Melayu yang hingga kini masih tetap terjaga eksistensi nya. Tarian merupakan salah satu cerminan ketaatan dengan Tuhan pencipta alam dan interaksi sesama manusia yang dimiliki suku Melayu. Dalam tarian tersebut hanya suara manusia saja yang menjadi musik pengiring nya dengan gerakan tangan yang cukup rumit bagi yang belum pernah mempelajari nya.

Pola lantai yang digunakan pada tari saman ada dua macam, yaitu pola lantai garis lurus vertikal yang melambang kan hubungan manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa, dan pola lantai garis lurus horizontal yang melambangkan hubungan manusia dengan manusia lainnya.

4.     Ciri Khas Bahasa Suku Melayu

Pada dasarnya suku tersebut menggunakan bahasa Melayu sebagai bahasa pengantar dalam bercakap sehari hari. Bahasa Melayu sudah berkembang sejak abad 7 masehi. Bahasa Melayu memiliki kurang lebih 45 cabang bahasa termasuk bahasa Indonesia.

5.      Adat Suku Melayu

Pada dasarnya suku tersebut memiliki 3 strata tingkatan adat yang harus dijalankan, yaitu yang pertama adalah adat sebenaar adat yaitu adat yang sifatnya mutlak dan wajib di taati dan tidak boleh dirubah, hal tersebut berdasarkan ketentuan agama. Yang ke dua adalah adat yang diadatkan yaitu sistem adat wewenang utama pada penguasa sebagai pembuat sistem adat tersebut. Dan yang ke tiga adalah adat teradat yaitu adat yang dibuat dan disepakati bersama.

6.      Kesenian Khas Suku Melayu

Dalam bidang seni, suku Melayu memiliki banyak kesenian salah satunya adalah musik Melayu yang sekarang ini populer di kalangan Masyarakat. Ciri khas dari musik melayu adalah memiliki nada yang yang unik dan cengkok yang membedakan dengan musik yang lain. Makna yang terkandung dalam musik tersebut juga mendalam, biasanya berupa nasehat atau pelajaran kehidupan dan ada syair nya.

7.      Agama Dominan Suku Melayu

Penduduk suku Melayu mayoritas menganut agama islam, hal tersebut di latarbelakangi dari sejarah panjang yang sudah dialami dan dijalani suku tersebut sehingga banyak yang menganut agama islam. Perlu diketahui, agama Islam sudah dianut suku Melayu kurang lebih pada abad 13 Masehi.

Itulah artikel mengenai ciri khas suku Melayu. Terima kasih sudah membaca artikel ini!

Alvin Dwi Reza
Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)