Mendy Beryl Content Writer Cantik di Nonatekno

Ciri Khas Suku Gayo

3 min read

ciri khas suku gayo

ciri khas suku gayoSuku yang memiliki adat dan budaya unik di wilayah ujung Sabang Indonesia salah satunya yakni Gayo. Suku tersebut sangat terkenal karena memiliki beberapa atraksi budaya yang menjadi ciri khas Suku Gayo dan diperkenalkan secara umum. Salah satu contohnya seperti tari saman, tentu semua orang di seluruh Indonesia mengenal tarian ini.

Tidak hanya atraksi budayanya yang menonjol, kebiasaan dan kehidupan mereka pun terbilang cukup unik, karena sejarah asalnya. Suku Gayo berasal dari India dan termasuk dari golongan ras Proto Melayu. Dalam sejarahnya, Suku Gayo mulai mendatangi wilayah Aceh diperkirakan sejak 2000 tahun yang lalu. Kamu bisa mengetahui ciri khas suku Gayo uniknya melalui poin-poin berikut ini.

A. Ciri Khas Suku Gayo di Aceh

  1. Bahasa Lokal di Daerah Adat Suku Gayo

Suku Gayo menggunakan bahasa Gayo yang digunakan untuk seluruh percakapan sehari-hari. Bahasa tersebut sebenarnya memiliki sebuah keterkaitan yang sedikit mirip dengan bahasa yang digunakan oleh Suku Karo di Sumatera Utara.

Jika dikelompokkan berdasarkan perkembangan dan sejarahnya, Bahasa Gayo tergolong dengan kelompok Bahasa Astronesia. Kamu akan menemui perbedaan beberapa pengucapan bahasa tersebut di wilayah persebaran Suku Gayo. Karena di sebagian wilayah penggunaan Bahasa Aceh berpengaruh lebih besar, terutama di Aceh Timur.

  1. Tergolong ke dalam Dinasti Lingga

Kamu perlu mengetahui bahwa ciri khas Suku Gayo juga bisa dilihat dari sejarah pada Dinasti Lingga. Dinasti tersebut berasal dari kisah kehidupan masyarakat pada masa kerajaan Karo di Sumatera. Kerajaan ini nantinya akan berubah menjadi Kesultanan Aceh.

Bangsa Gayo dari Dinasti Lingga juga menyebarkan kekuasaannya pada masa kerajaan dan membentuk Kerajaan Johor Baru yang ada di Malaysia. Suku Gayo di Aceh merupakan generasi yang berasal dari peristiwa tersebut.

  1. Memiliki Marga

Ciri khas Suku Gayo yang cukup umum terjadi sama seperti pada kebanyakan suku lainnya yakni kepemilikan marga. Namun, hal ini tidak terjadi dan tidak digunakan oleh masyarakat Suku Gayo yang telah modern.

Baca juga:

Ciri Khas Suku Bugis

Ciri Khas Suku Sasak

Penduduk yang masih mencantumkan nama marganya tinggal di wilayah Bebesen. Mereka menerapkannya dengan tujuan untuk mengetahui dengan pasti asal mula garis keturunan mereka. Beberapa nama marga suku Gayo seperti Jongok, Kala, Gunung, Melala, Munte, Tebe, dan masih banyak lainnya.

B. Ciri Khas Suku Gayo dari Sisi Tradisi

  1. Memiliki Tarian Terkenal dan Khas

Hampir semua orang tentu mengetahui ciri khas Suku Gayo yang berasal dari salah satu karya seni terbaiknya, berupa tarian. Tari Saman merupakan tarian khas dari Suku Gayo yang biasa dilakukan saat menggelar tradisi Bejaman Saman sebagai simbol keakraban.

Selain Tari Saman, beberapa tarian lain yang tidak kalah populer dan khas seperti Tari Munalu, Tari Guel, dan Tari Bines. Semua tarian ini biasa digunakan pada acara penting, seperti penyambutan tamu, serta pada acara pernikahan.

  1. Tradisi Wajib Bejamu Saman

Ciri khas Suku Gayo yang sangat terkenal yakni ketika mereka melakukan tradisi yang bernama Bejamu Saman. Tradisi ini dilakukan secara rutin setiap tahun, khususnya di daerah Gayo Lues pada saat hari-hari besar Islam, seperti Idul Adha atau Idul Fitri.

Bejamu Saman dilakukan dengan cara duduk sejajar berdelapan, kemudian melakukan gerakan yang biasa dikenal sebagai tari Saman. Mereka juga melakukan beberapa aktivitas yang menjadi simbol keakraban, seperti meminum kopi dan bertukar rokok. Mereka memastikan bahwa tradisi ini dapat dilakukan secara turun temurun.

  1. Pakaian Khas Adat Suku Gayo

Pakaian Suku Gayo juga memiliki nama yang sama dengan banyak hal, mulai dari wilayah tempat tinggal, nama suku, dan bahasanya. Pakaian adat memiliki motif yang dinamakan sebagai Karawang Gayo, motif ini memenuhi kain pada baju mereka.

Kategori nama pakaian terbagi lagi sesuai dengan yang dikenakan oleh para perempuan dan laki-laki. Pakaian adat yang dikenakan oleh perempuan dinamakan sebagai Ineun Mayok. Sedangkan untuk laki-laki dinamakan sebagai Aman Mayok, dengan fungsi masing-masing yang penting dikenakan saat melangsungkan berbagai acara adat.

C. Ciri Suku Gayo yang Menarik

  1. Seni Tradisional Didong

Suku yang mendiami daratan Gayo di wilayah Aceh ini memiliki banyak hal unik di bidang kesenian dan sastra. Salah satu hasil karya mereka di bidang tersebut berupa seni Didong. Sebagian besar dari Kamu tentu belum mengetahuinya, seni Didong merupakan sebuah karya tradisional Gayo yang mencampurkan beberapa unsur kesenian.

Unsur-unsur tersebut antara lain yakni seni sastra berupa syair yang diiringi dengan tari-tarian. Didong selalu dilakukan pada saat malam hari di beberapa saat tertentu. Tujuan dilangsungkannya acara ini untuk memberikan motivasi kehidupan yang berharga kepada seluruh masyarakat adat Gayo.

  1. Kehidupan Khas Pasca Pernikahan

Keunikan budaya suku gayo yang terbilang cukup menarik yakni kebiasaan mereka setelah melangsungkan acara pernikahan. Mereka percaya bahwa kehidupan setelah menikah lebih diberkahi jika dilakukan secara berdampingan, baik di lingkungan suami atau istri.

Kebiasaan tersebut banyak dipegang oleh masyarakat Suku Gayo yang tinggal di beberapa wilayah. Hal itu membuat sebagian besar dari mereka jarang merantau setelah menikah. Mereka banyak menghabiskan waktu di daerah asal bersama keluarga.

  1. Hidup Terbagi dalam Tiga Kelompok

Suku Gayo yang mulai mendiami daratan Aceh ini memiliki banyak sekali sejarah yang tertulis dalam versi berbeda. Bangsanya cukup terkenal karena memiliki kebudayaan dengan nilai yang dipegang sangat erat dan kuat.

Baca juga:

Ciri Khas Suku Bajo

Ciri Khas Suku Sunda

Kamu bisa menemui masyarakat adat dengan melihat ciri khas Suku Gayo secara langsung dengan mengunjungi beberapa wilayah persebaran mereka. Antara lain di wilayah bener Meriah dan Aceh Tengah yang didiami Gayo Laut. Kemudian di Aceh Tenggara dan Gayo Lues yang didiami oleh masyarakat Gayo Lues, serta Gayo Blang di Aceh Tamiang.

 

Mendy Beryl
Mendy Beryl Content Writer Cantik di Nonatekno