Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Ciri Khas Suku Bali

2 min read

ciri khas suku bali

Sekarang banyak pelancong wisata yang berbondong-bondong pergi wisata ke Bali. Selain terkenal akan objek wisata nya, Bali juga terkenal dengan culture budaya yang sangat kental, lho. Banyak ciri khas suku Bali yang unik dan menarik yang wajib kamu ketahui. Eits, jika kamu ingin mengetahui lebih detail mengenai kebudayaan suku Bali tenang saja.

Akan kami paparkan ulasan seputar suku Bali dengan detail dan mudah dipahami. Jadi, simak terus artikel ciri khas suku bali ini ya! ciri khas suku betawi

Ciri Khas Suku Bali

Suku Bali merupakan salah satu suku terkenal di Indonesia karena unik dan memiliki banyak kegiatan ritual menarik. Mayoritas masyarakatnya menggunakan bahasa daerah yang disebut bahasa Bali. Ada beberapa opini mengenai suku asli Bali salah satunya ada yang menyebutnya suku Aga yang hidup di dusun Trunyan.

1. Pekerjaan Mayoritas Suku Bali

Banyak orang dari suku Bali yang bermata pencaharian sebagai petani maupun peternak untuk daerah pedesaan, hal tersebut karena selain didukung kondisi geografis juga di latar belakangi guna memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Pertanian yang sering dikembangkan adalah padi, jagung, maupun hasil tanaman pangan lainnya. Sedangkan untuk ternak, mayoritas banyak yang beternak kambing, sapi, babi, ayam, kerbau, maupun anjing.

Nah, sedangkan untuk daerah pesisir pantai atau di daerah objek wisata bahari, banyak yang bermata pencaharian sebagai nelayan, pemandu wisata, penyedia jasa inap atau yang sering disebut hotel dan villa. Ekonomi suku Bali yang paling signifikan adalah di daerah seputar objek wisata karena memiliki untung yang menggiurkan sekaligus minimnya terjadi kerugian, lho.

2. Ciri Fisik Suku Bali

Suku Bali termasuk ras Malayan Mongoloid sehingga ciri fisiknya yaitu mayoritas memiliki rambut yang lurus halus, sawo matang mendominasi warna kulitnya, perawakan badan kecil, tinggi sekitar 156 cm hingga 169 cm (tergantung jenis kelamin dan kondisi tubuhnya), bentuk sedikit lonjong pada bagian wajahnya.

Bali termasuk ras Malayan Mongoloid karena merupakan salah satu   antara ras Melayu dan ras Mongol sehingga ciri fisik suku Bali merupakan perpaduan atau persilangan dari kedua ras tersebut.

3. Kesenian yang Menjadi Ciri Suku Bali

Ternyata banyak kesenian yang menjadi ciri khas suku Bali mulai dari seni tari, seni teater, hingga seni wayang. Dari segi seni tari, banyak sekali tari yang berkembang di suku Bali tersebut seperti tari joged bumbung (tari interaktif), tari janger (tari persahabatan atau persaudaraan), dan tari genjek.

Seni teater yang berkembang di suku Bali misalnya adalah teatrikel drama calonarang yang merupakan perpaduan antara seni tari dan seni teater drama yang dikemas menjadi satu sebagai suguhan yang menarik dan memiliki nilai seni yang tinggi.

Ternyata seni wayang kulit bukan hanya ada di Jawa saja lho, melainkan juga ada di Bali yang sudah melekat menjadi budaya kesenian suku Bali. Pada kesenian wayang kulit khas suku Bali dapat memberikan pesan edukatif kepada penontonnya entah itu berupa nasehat atau pun yang lain. Nah itulah beberapa kesenian yang menjadi ciri suku Bali.

4. Ciri Makanan Khas Suku Bali

Siapa yang tidak kenal dengan ayam betutu atau sate lilit? ya, itu semua merupakan salah satu makanan khas suku Bali yang sudah menjamah hingga sampai ke luar Bali, lho. Sebenarnya, jika kita bicara mengenai kuliner di Bali banyak sekali. Disini akan kami berikan beberapa contoh makan khas suku Bali yang tak kalah dengan kuliner daerah lain yakni tum ayam, sate plecing, lawar, serombolan Bali, dan masih banyak lagi.

5. Ciri Khas Pakaian Tradisional Suku Bali

Pakaian tradisional antara laki laki dan perempuan memiliki karakter yang berbeda. Pada pakaian laki laki suku Bali  oleh kain pengikat kepala, sapu tangan, kain kotak kotak, dan keris. Sedangkan untuk perempuan di dominasi oleh kain songket, bunga kamboja, bunga berwarna emas, dan yang tidak kalah penting adalah perhiasan untuk menambah daya estetika dan meningkatkan nilai prestise pada wanita.

6. Ritual Magis Ciri Khas Suku Bali

Banyak ritual yang dilakukan oleh suku Bali dengan tujuan yang berbeda tergantung situasi dan kondisinya. Salah satu kegiatan upacara ritual suku Bali yang telah mendunia adalah upacara Ngaben. Upacara Ngaben merupakan salah satu upacara yang dilakukan karena ada orang yang telah meninggal dunia. Tata caranya yakni melakukan kremasi ke jenazah kepada orang yang sudah meninggal tersebut.

Unsur emphasis dari upacara tersebut adalah semua keluarga dan sanak saudara yang mati oleh orang justru tidak merasa sedih, melainkan gembira. hal tersebut karena mereka percaya bahwa seandainya keluarga yang ditinggal sedih maka arwah orang yang meninggal tidak akan merasa tenteram, begitu pula sebaliknya.

Demikian artikel mengenai ciri khas suku Bali, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan serta wawasan mengenai suku Bali. Sampai bertemu di artikel selanjutnya!

Alvin Dwi Reza
Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)