Rey Rian Dwi Content writer di Nonatekno

Cek Sensor Samsung

2 min read

cek sensor samsung

Salah satu fitur yang ada pada hp samsung adalah sensor yang mana sensor tersebut sangat berpengaruh pada hp. Sensor pada hp samsung juga dapat mempengaruhi keaslian yang ada pada hp samsung. Hal ini dikarenakan keaslian hp samsung sangat diragukan. Cara cek sensor samsung sebenarnya cukup mudah.

Nonatekno akan membahas tentang langkah langkah yang perlu kamu lakukan untuk mengetahui apakah sensor masih bagus atau tidak. Untuk itu, berikut adalah cara cek sensor samsung dengan 3 aplikasi di bawah ini.

Cek Sensor Samsung

Bagi yang masih awam atau pemula dalam hal seperti ini, kadang kesulitan. Maka dari itu Nonatekno memberikan metode yang sangat mudah agar tidak kesulitan.

1. Cara Cek Sensor Samsung Menggunakan Aplikasi CPU-Z

Jika kamu ingin tahu HP Samsung kamu asli atau palsu bisa cek cara membedakan Samsung asli dan palsu

Aplikasi benchmark yang sangat berguna dalam mengecek hardware ponsel adalah CPU-Z. Selain untuk melakukan cek hardware, aplikasi ini juga dapat melakukan test pada beberapa hardware termasuk untuk mengecek sensor. Berikut adalah langkah cara cek sensor samsung menggunakan aplikasi CPU-Z :

  • Unduh aplikasi CPU-Z melalui Google Play Store atau bisa didownload juga melalui website penyedia APK android.
  • Buka aplikasi CPU-Z.
  • Jika sudah masuk pada aplikasi, geser sampai menu Sensor atau juga bisa dipilih pada tab di atas lalu pilih Sensor.
  • Dari menu tersebut, beberapa sensor seperti Accelerometer, Proximity, dan lain sebagainya akan menunjukkan angka. Angka yang ditunjukkan menandakan bahwa sensor bekerja pada hp yang dimiliki pengguna Samsung.
  • Apabila angka kosong, maka sensor yang ada tidak dimiliki atau tidak tersedianya hardware sensor pada hp yang dimiliki.

Tidak semua hp samsung memiliki sensor yang lengkap. Jangan langsung menuduh bahwa hp yang dimiliki adalah hp replika ketika menggunakan cara cek sensor samsung dengan CPU-Z ini. Bisa jadi ada beberapa bagian sensor yang tidak dimiliki sebuah ponsel sehingga tidak menunjukkan angka pada aplikasi CPU-Z.

2. Menggunakan Aplikasi Sensor Box

Di samping menggunakan aplikasi CPU-Z, cara cek sensor samsung juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Sensor Box. Sama seperti CPU-Z, aplikasi sensor box juga bisa mengidentifikasi keaslian hp samsung dari sensornya.

Akan tetapi, Sensor Box memiliki fitur yang detail dalam melakukan pengecekan sensor. Aplikasi ini gratis dan bisa diunduh melalui Google Play Store. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam melakukan cek sensor menggunakan aplikasi Sensor Box :

  • Sama seperti cara di atas, unduh terlebih dahulu aplikasi sensor box dari Google Play Store atau di website penyedia APK.
  • Buka aplikasi Sensor box dan akan muncul sembilan ikon yang berisi berbagai fitur sensor yang umumnya dimiliki pada ponsel Android.
  • Tanda bahwa sensor di ponsel tersedia adalah ikon yang berwarna. Apabila ada ikon dengan tambahan tanda silang maka hardware sensor tidak dimiliki pada hp tersebut.
  • Untuk mengecek fungsi sensor, pilih salah satu dari semua ikon. Para pengguna samsung juga bisa memilih semua untuk meyakinkan sensor tersebut berfungsi dengan baik atau tidak.
  • Jika sudah memilih ikon, nantinya para pengguna samsung akan dihadapkan pada simulasi kinerja sensor yang ada pada hp.

Sama seperti di atas, jangan langsung menuduh hp replika jika tidak tersedianya sensor. Bisa jadi, dari pihak Samsung tidak menyertakan sensor khusus seperti misalnya Gyroscope yang mana sensor tersebut bisa digunakan untuk VR.

3. Menggunakan Aplikasi Bawaan Samsung

Apakah HP Samsung kamu masih garansi? Kamu bisa cek di cara cek garansi Samsung

Jika para pengguna samsung masih kurang yakin dengan kedua aplikasi tersebut, maka para pengguna samsung bisa menggunakan aplikasi bawaan. Aplikasi bawaan ini dapat diakses dengan menggunakan kode khusus melalui aplikasi Telepon. Berikut adalah langkah-langkah dalam mengecek sensor dengan aplikasi bawaan :

  • Masuk ke aplikasi Telepon atau dialler
  • Tekan kode *#0*#
  • Jika sudah muncul banyak menu, pilih sensor.

Nantinya dari aplikasi bawaan tersebut, sensor akan mengetes dengan sendirinya.

Sensor menjadi salah satu hardware yang ada pada hp samsung dan sensor bisa membuktikan keaslian dari hp samsung. Cara cek sensor samsung di atas bisa diterapkan bagi yang tidak yakin dengan keaslian hp samsung yang dimiliki.

Rey Rian Dwi
Rey Rian Dwi Content writer di Nonatekno