Rey Rian Dwi Content writer di Nonatekno

Cara Upgrade Xiaomi Redmi

2 min read

upgrade xiaomi

Cara upgrade xiaomi redmi saat ini sudah mudah dilakukan. Pembaharuan atau upgrade perangkat lunak merupakan fitur yang disediakan oleh xiaomi. Tujuan dari upgrade perangkat lunak yaitu untuk memberikan kinerja yang lebih baik dan maksimal pada smartphone yang kamu miliki.

Dengan mudahnya untuk melakukan upgrade ada tiga cara yang mudah untuk upgrade. Pilihlah cara untuk upgrade yang menurut kamu paling mudah agar berhasil. Berikut merupakan cara upgrade Xiaomi Redmi kamu.

Cara Upgrade Xiaomi Redmi

Ada 3 cara yang akan aku bahas kali ini. Kamu bisa memilih metode yang paling sesuai dengan kondisi HP kamu. Pastikan melakukannya dengan hati hati agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

1. Cara Upgrade Xiaomi Redmi dengan cara otomatis

Cara upgrade xiaomi redmi yang dapat kamu lakukan untuk melakukan upgrade handphone Xiaomi kamu bisa dengan cara upgrade otomatis. Cara melakukan upgrade otomatis bisa disebut dengan OTA atau Over The Air.

Kalau kamu ingin melakukan Root, kamu bisa baca cara root HP Xiaomi.

Melakukan cara upgrade seperti ini berarti kita melakukan dengan cara mendownload ROM dari handphone Xiaomi kamu sendiri. Langkah yang harus kamu lakukan untuk melakukan cara ini adalah:

  1. Buka setelan atau pengaturan pada handphone kamu
  2. Pilih tentang ponsel lalu pembaharuan sistem
  3. Jika pembaharuan sistem telah dilakukan maka akan ada tanda untuk memberitahu jika kamu mengaktifkan pengaturan upgrade otomatis

Jika ada pembaharuan pada sistem maka kamu dapat melakukan upgrade dengan mengaktifkan upgrade. Secara otomatis handphone kamu akan melakukan upgrade. Pastikan jaringan seluler selalu stabil. Sistem akan langsung melakukan upgrade tanpa kamu harus konfirmasi. Jika kamu ingin menonaktifkan kamu hanya tinggal mengubah dan nonaktifkan upgrade otomatis.

2. Cara Upgrade Xiaomi Redmi dengan cara manual

Cara kedua yang dapat kamu lakukan untuk melakukan upgrade handphone Xiaomi Redmi kamu bisa dengan cara manual. Perbedaan melakukan upgrade cara manual yaitu kamu harus selalu membuka setting atau pengaturan jika kamu ingin melakukan upgrade untuk memberitahu pada sistem jika kamu menyetuji adanya pembaharuan pada sistem atau perangkat lunak handphone kamu.

Jika ada yang salah, kamu bisa melakukan Cara downgrade Xiaomi

Jika kamuu melakukan pembaharuan secara otomatis kamu sudah melakukan pengaturan jika akan menyetujui setiap pembaharuan yang ada saat itu tanpa konfirmasi dahulu. Untuk melakukan upgrade manual kamu dapat melakukan dengan cara:

  1. Kamu dapat melakukan upgrade dengan cara mendownload firmware atau ROM terlebih dahulu
  2. Untuk mendownload ROM kamu harus mengetahui tipe handphone kamu.
  3. Untuk mengecek ROM kamu dapat melakukan dengan cara membuka pengaturan atau setelan lalu pilih tentang ponsel.
  4. Jika kamu salah dalam download ROM maka handphone kamu akan mengalami gagal saat melakukan instalasi.

3. Melakukan Upgrade dengan cara Custom Recovery TWRP

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan untuk mengupgrade handphone Xiaomi adalah dengan menginstal TWRP. Berikut cara yang dapat kamu lakukan untuk melakukan upgrade pada handphone Xiaomi:

  1. Sebelum mendownload TWRP kamu harus sudah melakukan unlock Bootloader pada pengaturan handphone kamu. Kamu dapat melakukan unlock bootloader dengan memberitahu pihak xiaomi terlebih dahulu jika kamu ingin melakukan unlock.
  2. Jika kamu sudah melakukan unlock bootloader kamu dapat melakukan download TWRP dan menginstalnya
  3. Jika unlock bootloader sudah terpasang dan TWRP terinstal maka kamu dapat melakukan update ROM dengan cara membuka menu setelan, pilih tentang perangkat, pilih pembaharuan sistem. Kemudian pilih mulai ulang ke mode pemulihan

Jika sudah ke mode pemulihan bersihkan dengan memilih:

  • WIPE
  • Lalu pilih advance view
  • Dan ceklis ART atau Dalvik Cache

Lakukan reboot dan restart jika semua sudah dilakukan. Cara terakhir ini dilakukan untuk memastikan handphone kamu berhasil dalam instalasi.

Cara upgrade xiaomi redmi ada tiga pilihan, kamu dapat memilih sesuai yang kamu anggap paling mudah. Kamu harus melakukan upgrade dengan jaringan seluler yang stabil. Disarankan untuk menggunakan wifi karena update memerlukan data yang besar. Siapkan juga sisa memory yang kosong untuk melakukan upgrade.

Rey Rian Dwi
Rey Rian Dwi Content writer di Nonatekno