Nugroho SEO enthusiast, Co-Founder dan CTO Nona Tekno.

5 cara setting HP Android agar tidak lemot sebagai cara mengatasi HP lemot

2 min read

Cara setting HP Android agar Tidak Lemot

HP Android lemot bisa disebabkan oleh banyak hal sehingga cara mengatasi HP lemot perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Oleh karena itu pengaturan yang tepat diperlukan untuk mempercepat HP yang tadinya lemot. Pada bahasan kali ini aku akan membahas tentang cara setting HP Android agar tidak lemot.

Memiliki HP lemot tentu saja tidak nyaman untuk digunakan. Bahkan HP lemot seringkali bisa menyebabkan emosi penggunanya. Penyebab dari HP lemot bisa dari berbagai hal, mulai dari spesifikasi HP, usia dan penggunaannya. Baiklah langsung saja silahkan disimak cara setting HP Android agar tidak lemot sehingga bisa menjadi cara mengatasi HP lemot.

Cara setting HP Android agar Tidak Lemot

Cara setting HP Android agar Tidak Lemot

Cara mengatasi HP lemot bisa dilakukan dengan pengaturan yang ada di HP. Jika kamu sering mendapatkan saran menggunakan Aplikasi untuk mempercepat Android sebaiknya pertimbangan kembali. Sebab kamu bisa melakukan cara setting HP Android agar tidak lemot tanpa menggunakan aplikasi. Langsung saja simak cara mempercepat HP lemot di bawah ini.

1. Setting RAM agar kosong lebih dari setengah

RAM menjadi parameter paling penting dalam melihat kecepatan smartphone. HP Android keluaran terbaru biasanya sudah membekali smartphonenya dengan RAM berukuran besar. Tujuan dari hal ini adalah untuk menambah kecepatan HP.

Nah sekalipun ukuran RAM HP kamu berukuran besar, kalau yang digunakan terlalu banyak maka akan menyebabkan HP menjadi lemot. Kamu harus membersihkan RAM dari pekerjaan atau aktivitas yang tidak sedang digunakan. Penggunaan RAM kurang dari 50% akan membuat HP menjadi lebih cepat. Cara untuk membersihkan RAM sudah pernah dibahas di halaman yang lain termasuk penyebab kenapa RAM Android penuh padahal aplikasi sedikit.

Baca juga:

Cara membersihkan RAM Android tanpa aplikasi

Penyebab RAM Android penuh padahal aplikasi sedikit

2. Bersihkan memori internal hingga kosong

Selain RAM, memori internal juga dapat memengaruhi kinerja HP Android. Memori internal yang terlalu penuh menyebabkan akses ke file manager menjadi sangat berat dan lemot. Selain itu jika memori internal penuh mana akan menyebabkan kegagalan jika melakukan instalasi aplikasi android dari Google Play Store. Belum lagi jika tidak ada memori eksternal maka tidak akan bisa mendownload media dari whatsapp misalnya.

Nah cara mengatasi HP lemot bisa dilakukan dengan membersihkan memori internal Android. Sebaiknya penyimpanan utama disetting ke memori eksternal sehingga tidak memberatkan memori internal. Cara setting HP Android agar tidak lemot dengan mmebersihkan memori internal sudah pernah dibahas di HP ini secara lengkap.

Baca juga:

Cara membersihkan memori internal Android tanpa gangguan

Penyebab Memori internal penuh padahal aplikasi sedikit

3. Setting aplikasi latar belakang menjadi nonaktif

Aplikasi latar belakang adalah aplikasi yang tetap berjalan meskipun tidak sedang digunakan. Sehingga meskipun HP dalam kondisi istirahat dan terkunci pun ada aplikasi yang terus bekerja. Nah, ketika HP sedang digunakan untuk aktivitas sehari hari, maka kinerjanya akan menjadi sangat berat. Oleh karena itu aplikasi yang bekerja pada latar belakang perlu untuk dinonaktifkan.

Cara setting HP android agar tidak lemot dengan menonaktifkan aplikasi latar belakang ini bisa dilakukan di pengaturan lalu klik aplikasi dan periksa aplikasi mana saja yang memiliki aktivitas latar belakang. Setelah ketemu dan aplikasi ini tidak terlalu diperlukan, hilangkan tanda centang pada bagian ‘Aktifkan aktivitas latar belakang’.

4. Jangan gunakan aplikasi untuk mempercepat HP

Ada banyak aplikasi untuk mempercepat HP yang ditawarkan oleh developer. Namun sayangnya terkadang ada beberapa aplikasi yang tidak mempercepat HP tetapi justru semakin membuat HP menjadi lemot.

Aplikasi agar HP tidak lemot ini beberapa berukuran besar dan menyita penggunaan RAM yang besar. Padahal jika RAM HP digunakan dalam jumlah terlalu banyak akan membuat HP menjadi lemot. Sehingga menggunakan Aplikasi untuk mempercepat HP bukan menjadi cara mengatasi HP lemot yang terbaik. Sebaiknya gunakan cara setting HP Android agar  tidak lemot yang sudah dijelaskan di atas karena sesungguhnya fungsi dari aplikasi adalah menghapus pekerjaan yang tidak digunakan.

5. Hapus cache aplikasi yang memberatkan

Cache aplikasi adalah rekam jejak penggunaan sebuah aplikasi. Semakin sering aplikasi digunakan maka cache aplikasi akan semakin berukuran besar. Nah ukuran besar dari cache inilah yang akan membuat kinerja HP menjadi lemot dan lelet. Oleh karena itu cache aplikasi harus rajin dihapus agar memiliki kinerja yang baik.

Untuk melakukan cara setting HP android agar tidak lemot dengan menghapus cache aplikasi bisa dilakukan pada pengaturan aplikasi. Buka masing masing aplikasi kemudian klik ‘Hapus cache’ pada bagian bawah. Kamu dapat melihat jumlah atau ukuran cache pada bagian itu juga. Nah jika cara mengatasi HP lemot ini sudah dilakukan maka HP kamu akan bekerja dengan lebih cepat.

Sekian tadi lima cara setting HP android agar tidak lemot yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Cara mengatasi HP lemot ini pada dasarnya sama dengan tugas dari aplikasi pembersih RAM tetapi kita lakukan secara manual. Sekian dulu bahasan kali ini, jangan lupa tinggalkan komentar dan silahkan dibagikan. Semoga bermanfaat ^.^

Nugroho
Nugroho SEO enthusiast, Co-Founder dan CTO Nona Tekno.