Cara Screenshot HP Xiaomi Tanpa Root

Cara Screenshot HP Xiaomi Tanpa Root

Kamu pengguna baru xiaomi redmi 2 atau 3? Mungkin screenshot biasa kamu lakukan dengan satu cara saja. Yaitu lewat tombol. Nah, handphone xiaomi yang sekarang ada di tangan kamu sudah canggih lho. Dia dibekali dengan operating system yang baru dan bisa membantu kamu melakukan screenshot dengan 5 cara. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai cara screenshot hp xiaomi yang mudah dan bisa kamu lakukan kapan saja sesuai kebutuhan:

1. Dengan Tombol Fisik

Cara paling umum dan mudah untuk screenshot adalah melalui tombol. Cara screenshot hp xiaomi redmi 2 yaitu dengan menekan tombol volume yang di bawah, bersamaan dengan tombol power.

Kedua tombol ini bisa di jangkau dengan mudah, baik melalui satu tangan atau dua tangan. Setelah memencet kedua tombol tersebut, tunggu sejenak hingga hp berbunyi seperti sedang mengambil foto.

Biasanya suara ini juga diikuti dengan tampilan gambar hasil screenshot atau tulisan yang menyatakan bahwa screenshot berhasil disimpan. Untuk melihatnya, kamu bisa membuka galeri, kemudian pilih folder recent atau screenshot.

2. Ikon Screenshot

Cara screenshot hp xiaomi yang kedua adalah melalui ikon yang terletak di bagian menu yang bisa diakses dengan mengusap layar ke bawah. Cara menggunakannya dengan mengusap layar ke arah bawah.

Lalu kamu akan melihat beberapa pilihan seperti pengaturan data seluler, wifi hingga hotspot. Nah disini kamu bisa menemukan satu ikon dengan gambar kotak dan gunting di atasnya.

Saat kamu sudah menemukan halaman yang akan di screenshot, usap layar ke bawah kemudian tekan tombol tersebut. Tunggu sebentar dan screenshot sudah tersimpan di galeri hp kamu.

Cara ini sangat efektif untuk kamu yang memiliki hp xiaomi dengan tombol bermasalah. Setelah hp digunakan, lama kelamaan mungkin akan ada masalah di tombol. Entah tombol tidak responsif, atau bahkan tidak berfungsi sama sekali.

Ini membuat pengguna kesulitan untuk melakukan screenshot. Dengan tombol ini, xiaomi memberikan kamu alternatif cerdas untuk melakukan aktivitas screenshot.

3. Melalui Quick Ball

Ada satu fitur menarik yang tersemat dalam hp xiaomi. Khususnya dengan MIUI diatas 7. Ada satu fasilitas quick ball yang menyerupai ikon quickball di iPhone.

Kamu bisa memilih beberapa menu dasar untuk dimasukkan dalam quick ball, termasuk screenshot. Cara screenshot hp xiaomi berikutnya adalah melalui tombol ini.

Buka bagian pengaturan, kemudian pilih menu quick ball dalam pilihan pengaturan tambahan. Nyalakan quick ball dan masukkan screenshot dalam salah satu pilihan menunya.

Setelah memasang quick ball, kamu hanya perlu tekan tombol ini, lalu pilih ikon screenshot. Kemudian hasilnya akan tersimpan secara otomatis.

4. Dengan Jari

Cara keempat untuk melakukan screenshot di hp xiaomi adalah dengan jari. Fungsi ini biasanya aktif secara otomatis dari awal hp digunakan.

Kami hanya perlu menggunakan tiga jari tangan untuk melakukan screenshot. Caranya, usapkan 3 jari misalnya jari telunjuk, tengah dan manis ke layar secara bersamaan. Kemudian gesek ke bawah seperti saat kamu ingin mengakses menu.

Cara ini terbilang cepat dan sederhana. Terlebih lagi jika kamu malas memencet beberapa tombol atau mengakses bermacam-macam ikon.

5. Dengan Voice Command

Cara screenshot xiaomi redmi 3 yang cukup mudah dan canggih adalah dengan memanfaatkan google assistant atau voice command. Google assistant sendiri saat ini sudah ada di hampir seluruh hp xiaomi.

Jadi cara screenshot hp xiaomi yang kelima ini bisa digunakan di semua tipe xiaomi. Caranya sangat mudah. Pertama kamu harus menyentuh tombol home. Tahan beberapa detik. Nanti, layar ponsel akan memunculkan halaman google assistant.

Kamu bisa juga mengatakan OK google untuk mengaktifkannya. Setelah halaman google assistant muncul, kamu bisa langsung “menyuruhnya” untuk menangkap gambar di layar terakhir yang kamu buka sebelumnya.

Katakan screenshot, dan tunggu sejenak hingga muncul notifikasi bahwa screenshot berhasil diambil. Buka galeri untuk memastikan hasil screenshot tepat.