Rey Rian Dwi Content writer di Nonatekno

Cara Reset Hp Xiaomi

2 min read

reset hp xiaomi

Cara Reset HP Xiaomi ini ada banyak manfaatnya. Caranya yang mudah membuat semua orang bisa melakukannya. Sayangnya, ada hal hal yang sering terlewatkan ketika mau Reset HP Xiaomi, walhasil ada saja yang salah.

Sama dengan ponsel merek lain, tak jarang xiaomi mengalami kondisi performa yang berjalan melambat. Hal ini bisa diakibatkan oleh beberapa hal misalnya hp kebanyakan aplikasi dan lain-lain. Cara untuk menormalkan kembali yaitu dengan meresetnya. Berikut cara reset hp xiaomi yang bisa dicoba.reset hp xiaomi

Cara Reset HP Xiaomi

Ada 2 jenis Reset yang akan Nonatekno bahas, yaitu factory reset dan hard reset. Kamu bisa memilih yang paling sesuai dengan kondisi HP kamu. Sebagai informasi awal, kamu perlu tahu dulu tentang cara membuka HP Xiaomi yang Terkunci.

1. Factory Reset : Cara Reset HP Xiaomi Ringan

Cara reset hp xiaomi melalui metode ini bisa dilakukan jika Hp masih dapat masuk menu homescreen. Selain itu xiaomi juga masih bisa mengakses menu setting. Berikut langkah-langkahnya

  • Masuklah Pada Menu Setting

Pertama sekali untuk mulai langkah reset Hp dengan cara ini adalah masuk menu setting. Jika pengaturan bahasa Hp mu Indonesia, maka carilah menu setelan.

  • Pilih Opsi “Setelan Tambahan”

Setelah menu setting atau setelah terbuka, selanjutnya pilih “setelan tambahan”. Nanti di dalam opsi ini akan ada lagi beberapa opsi lain.

  • Pilih Opsi “Backup & Reset”

Seperti yang telah aku bilang sebelumnya, di dalam opsi “setelan tambahan” kamu akan menemukan beberapa pilihan lagi. Untuk langkah mereset, kali ini kamu harus pilih “backup & reset”. Jika pengaturan bahasa Hp mu memakai bahasa Indonesia, pilihan ini bernama “cadangan & setel ulang”.

  • Pilih “Factory Data Reset”

Cara reset hp Xiaomi dengan factory reset selanjutnya adalah dengan memilih menu “Factory data reset”. Menu ini muncul setelah opsi “backup & reset” tadi kamu pilih. Menu ini dalam pengaturan bahasa Indonesia bernama “kembalikan ke setelah pabrik”

  • Pilih “Reset Phone”

Nah, jika “factory data reset” selesai kamu pilih, maka pada bagian bawah sendiri akan muncul menu “reset phone”. Segera pilih menu tersebut. Beberapa saat kemudian, Hp mu akan muncul pop up yang meminta untuk memasukkan password atau sandi akun Mi (Jika punya) sebelum reset dilakukan.

Setelah kamu masukkan, langsung konfirmasi dengan pilih “hapus”. Kamu hanya tinggal tunggu beberapa saat hingga proses reset selesai. Saat reset selesei, Hp Xiaomi mu akan otomatis meresart ulang sendiri hingga siap digunakan kembali.

2. Hard Reset (Recovery Mode)

Selain melalui menu setting, ada lagi cara reset hp xiaomi lain yaitu dengan hard reset (recovery mode). Sekali lagi aku ingatkan sebelum memulai langkah ini.

Pastikan kamu sudah membaca halaman ini cara flash Xiaomi Redmi.

Kamu hendaknya pastikan jika sudah melakukan backup data dan isi baterei minimal 50%. Berikut step by step untuk melakukan hard reset Hp Xiaomi

  • Pastikan Hp Masuk “Recovery Mode Xiaomi”

Pertama, matikan ponselmu terlebih dahulu. Setelah memastikan benar-benar mati, tekan tombol vol up (+) dan power, ingat menekan harus secara bersamaan.

  • Tunggu Hingga Logo Xiaomi Muncul

Langkah selanjutnya adalah tunggulah sampai logo xiaomi muncul. Biasanya mula-mula Hp akan bergetar disusul munculnya logo xiaomi setelahnya. Ini tandanya xiaomi kamu sudah masuk recovery mode.

  • Pilih Bahasa

Setelah masuk recovery mode, kamu akan diberikan pilihan penggunaan bahasa yang diinginkan. Pilih bahasa “English” supaya lebih mudah. Ingat, tombol hpmu yang biasa tidak berfungsi saat ini untuk berpindah menu. Solusinya gunakan tombol volume up (+) untuk berpindah pilihan ke atas dan volume down (-) untuk ke bawah.

Jika sudah menemukan pilihan “English” kamu bisa tekan power yang berfungsi sebagai ok atau enter.

  • Pilih “Wipe & Reset”

Selanjutnya langkah dari cara reset hp Xiaomi dengan hard reset yaitu kamu tinggal masuk main menu dan pilih “Wipe & Reset”. Pada main menu, kamu akan disajikan 4 opsi pilihan salah satunya pilihan ini.

  • Pilih “Wipe Cache”

Dalam menu pilihan “Wipe & reset” carilah pilihan “Wipe Cache”. Setelah ketemu, segera lakukan konfirmasi dengan memilih “yes”. Setelah proses complete, kamu pilih “back”.

  • Pilih “Wipe User Data”

Setelah itu, kamu masuk lagi pada menu pilihan “Wipe & Reset”. Temukan opsi “Wipe User Data” kemudian pilih. Lakukan kembali proses yang sama saat masuk pada menu “Wipe Cache”.

  • Reboot System

Jika proses wipe user data sudah complete, kamu tinggal pilih menu “reboot”. Setelah itu pilih juga opsi “reboot to system”. Kamu hanya perlu menunggu beberapa saat hingga Xiaomi mu kembali menyala dan kembali baru lagi.

Rey Rian Dwi
Rey Rian Dwi Content writer di Nonatekno