Rey Rian Dwi Content writer di Nonatekno

3 Cara Mereset Hp Samsung, Dijamin Berhasil

2 min read

cara mereset hp samsung

Kamu pengguna hp Samsung? Mungkin sedang terkendala masalah hp yang berjalan lemot, lupa pin atau kunci pola dan lain-lain. Masalah seperti ini bisa diatasi dengan mereset hp Samsungmu. Di bawah ini aku akan coba jelaskan 3 cara mereset hp Samsung dengan mudah dan bisa kamu coba.

Cara mereset HP Samsung ini bisa dilakukan dengan persiapan terlebih dahulu. Terutama jika kamu memiliki file file penting di smartphone. Kalau sudah dipersiapkan, maka file file tidak akan hilang.

Cara Mereset HP Samsung

Ada tiga cara mereset HP Samsung yang akan aku bahas kali ini. Kamu bisa menggunakan salah satu cara atau mencoba kedua cara. Pastikan file file atau dokumen penting di HP kamu sudah diamankan. Ini dilakukan untuk menghindari hilangnya file penting. Untuk melakukannya kamu bisa baca Cara Backup Data Android.

1. Cara Mereset HP Samsung Melalui Menu Pengaturan

Cara mereset hp Samsung termudah adalah dengan metode ini. Hal tersebut karena kamu tidak perlu menginstal aplikasi apapun atau memasukkan kode khusus untuk melakukannya. Bahkan cara ini bisa kamu terapkan untuk ponsel merek lain yang mungkin kamu juga punya. Simak langkah-langkahnya berikut ini

  • Pertama, kamu tinggal buka menu “setting” atau “pengaturan” hp Samsung yang kamu miliki.
  • Ketika kamu sudah berhasil membukanya, silahkan kamu pilih opsi “backup and reset”.
  • Nah, setelah itu pada halaman “backup and reset”, kamu akan melihat sebuah tampilan yang mengharuskan untuk mencentang. Silahkan kamu centang “back up my data”. Namun, jika kamu ingin menghapus semua data, kamu tinggal centang “erase everything”.
  • Setelah tercentang, kamu tinggal pilih tab “factory data reset”.
  • Kemudian untuk memulai proses reset, selanjutnya kamu pilih tab “reset divice”.
  • Sampai tahap ini kamu hanya tinggal menunggu beberapa menit, hingga proses reset selesai. Pada umumnya, waktu proses mereset tergantung pada banyaknya data yang ada di memori internal kamu. Semakin banyak, tentu prosesnya makin lama.
  • Terakhir, jika proses berhasil biasanya hpmu akan menyala sendiri secara otomatis sehingga siap digunakan kembali.

2. Menggunakan Kode Reset HP Samsung

Tidak semua kode bisa digunakan. Kamu perlu untuk melakukan upgrade HP Samsung terlebih dahulu.

Selain cara diatas, cara mereset hp Samsung juga bisa melalui kode reset. Cara ini juga cukup mudah digunakan. Selain itu menggunakan kode reset juga dikenal cukup praktis dan lebih cepat saat melakukan proses. Berikut langkah-langkahnya

  • Pertama, kamu harus masuk dahulu ke papan dial/dial pad. Biasanya menu ini kamu gunakan saat akan melakukan panggilan.
  • Selanjutnya, silahkan masukkan kode perintah reset HP Samsung. Kodenya yaitu *2767*3855#. Ingat jangan sampai kamu salah memasukkan kode. Karena akan mempengaruhi keberhasilan proses.
  • Sesaat setelah memasukkan kode tersebut, kamu akan diarahkan pada menu Factory Reset.
  • Kemudian, kamu hanya tinggal ikuti saja langkah-langkah selanjutnya sesuai yang diarahkan.
  • Jika kamu benar-benar mengikuti instruksi dengan baik, maka proses mereset pasti berhasil. Ini merupakan langkah terakhir dari cara mereset hp Samsung menggunakan kode reset.

3. Melalui Kombinasi Tombol (Recovery Mode)

Cara mereset hp Samsung yang terakhir yaitu dengan kombinasi tombol. Cara ini juga cukup sering digunakan apalagi saat hp mengalami masalah bootloop. Aku ingatkan saat kamu menggunakan cara ini pastikan hp samsungmu terisi baterai minimal 60% juga tombol-tombol masih berfungsi secara normal. Berikut langkah-langkahnya

  • Pertama, kamu harus matikan hp Samsungmu dengan cara seperti biasa yaitu tekan tombol power dan tahan beberapa detik. Selanjutnya pilih opsi “Power Off”.
  • Selanjutnya, kamu tekan dan tahan tombol volume up + power + tombol home. Jangan lupa ketiganya harus bersamaan serta tunggu beberapa menit hingga hp menyala sendiri dan masuk mode recovery.
  • Selanjutnya, kamu akan menemukan tampilan berupa pilihan menu. Untuk saat ini kamu harus temukan pilihan menu “Wipe data/Factory Reset”. Setelah ketemu segera klik opsi tersebut dengan memilih “yes”. Kamu bisa gunakan tombol volume atas dan bawah untuk menemukan opsi menu ini.
  • Setelah itu, kamu hanya harus menekan tombol home pada hp samsungmu. Langkah ini harus dilakukan agar proses reset dapat segera berjalan. Kemudian, kamu bisa tunggu prosesnya sekitar kira-kira 5 hingga 10 menit. Sama dengan cara sebelumnya, lamanya proses bergantung pada seberapa banyak data yang tersimpan pada memori internalmu.
  • Jika prosesnya telah selesai, silahkan kamu pilih opsi menu “Reboot System Now”. Setelah itu, hp Samsung kamu akan restart sendiri dan siap digunakan kembali.

Kamu juga bisa mengetahui cara memperbarui perangkat lunak samsung. Ini dilakukan untuk membuat software selalu update dan aman.

Rey Rian Dwi
Rey Rian Dwi Content writer di Nonatekno