Rey Rian Dwi Content writer di Nonatekno

Cara Menonaktifkan Talkback Samsung Di Semua Jenis

1 min read

cara menonaktifkan talkback samsung

HP Samsung merupakan hp yang bisa digunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari anak muda sampai orang tua sekalipun. Tidak jarang juga penjualan ponsel ini makin hari makin naik karena fiturnya yang menarik, salah satunya adalah fitur talkback. Terkadang banyak pengguna Samsung tidak mengerti cara menonaktifkan talkback samsung.

Fitur talkback yang ada pada ponsel Samsung sangat membantu bagi para pengguna Samsung yang tunanetra. Talkback yang dimiliki Samsung ini sama dengan fitur yang dimiliki oleh Google. Ternyata sangat mudah untuk menonaktifkannya, maka dari itu berikut adalah cara menonaktifkan talkback samsung agar tidak mengeluarkan suara saat digunakan.

cara menonaktifkan talkback samsung

1. Melalui Menu Pengaturan

Sama halnya dengan menonaktifkan talkback pada ponsel lain, talkback pada hp Samsung bisa dinonaktifkan melalui Pengaturan. Hampir semua jenis ponsel Samsung bisa menggunakan cara ini, termasuk bagi para pemilik Samsung J2 Prime. Untuk itu berikut di bawah ini adalah cara mematikan talkback samsung j2 prime dan hp samsung lainnya.

  • Masuk ke menu Pengaturan kemudian pilih Aksesibilitas.
  • Pilih pada bagian paling atas yaitu Vision atau penglihatan kemudian pilih lagi pada bagian paling atas yaitu Voice Assistant.
  • Ketuk tombol slider untuk mematikan talkback. Meskipun pada beberapa hp samsung berbeda peletakan menunya, namun cara ini tetap sama untuk hp samsung lainnya.

2. Melalui Tombol Fisik

Tidak hanya melalui pengaturan saja, para pengguna hp samsung juga dapat menonaktifkan talkback hanya dengan menekan tombol fisik saja. Cara menonaktifkan talkback samsung dengan menekan tombol fisik ini tidak bisa bekerja pada semua hp samsung. Hal ini membuat cara yang satu ini hanya bisa bekerja pada beberapa hp tertentu.

Baca juga: Cara mengaktifkan HP Samsung tanpa tombol power

Untuk menonaktifkan talkback melalui tombol fisik adalah sebagai berikut, tekan tombol home sebanyak tiga kali. Jika cara tersebut tidak berhasil, maka bisa menggunakan cara menekan tombol volume atas dan volume bawah secara bersamaan selama lima detik. Dengan cara yang cukup mudah ini membuat para pengguna Samsung tidak perlu ribet mencari di Pengaturan.

Apabila dengan cara ini tidak berfungsi, maka pintasan tombol volume harus diaktifkan terlebih dahulu. Caranya adalah dengan masuk ke Pengaturan kemudian pilih Aksesibilitas dan pilih Pintasan. Hidupkan pada pilihan pintasan tombol volume. Tekan kembali dua tombol volume bersamaan untuk mengaktifkan dan untuk menonaktifkannya tekan lagi dua tombol tadi.

3. Menonaktifkan Google Assistant

Meskipun ada fitur talkback yang dimiliki Samsung, namun hampir semua hp Samsung dibekali dengan talkback yang dimiliki Google yaitu Google Assistant. Ada kalanya juga ada beberapa hp yang memiliki mikrofon sensitif sering merespon ok google dari orang lain padahal kita tidak mengucapkannya. Maka dari itu, berikut di bawah adalah cara menonaktifkan google assistant.

Baca juga: Cara Menghapus akun google di HP Samsung

  • Untuk masuk ke Google Assistant, langkah pertama adalah menahan tombol Home hingga aplikasi Google Assistant muncul.
  • Tekan ikon berwarna biru di bagian kanan atas lalu tekan titik tiga di bagian kanan atas juga.
  • Masuk ke Settings atau Pengaturan.
  • Gulir ke bawah hingga menemukan pilihan menu Phone dan pilih menu tersebut.
  • Nonaktifkan Google Assistant dengan menekan tombol menuju ke posisi nonaktif. Google Assistant sudah berhasil dinonaktifkan dan untuk mengetesnya kembali silahkan ucapkan Ok Google. Jika tidak aktif maka talkback dari Google Assistant sudah berhasil dinonaktifkan.

Talkback merupakan salah satu fitur yang sangat membantu bagi para tunanetra. Hampir semua hp yang ada di Indonesia memiliki fitur ini. Samsung sebagai hp yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia ini juga terdapat fitur ini. Cara menonaktifkan talkback samsung bisa dibilang tidak terlalu rumit karena tidak perlu menggunakan berbagai cara.

Rey Rian Dwi
Rey Rian Dwi Content writer di Nonatekno