Nugroho SEO enthusiast, Co-Founder dan CTO Nona Tekno.

3 Cara Menonaktifkan Aplikasi di Android Sementara atau Permanen

2 min read

Cara Menonaktifkan Aplikasi di Android

Menonaktifkan aplikasi punya banyak manfaat, misalnya agar tidak menambah kerja RAM atau mempercepat smartphone. Dan salah satu yang jarang diketahui adalah bisa mencegah chat masuk tanpa harus mematikan data internet atau HP. Nah karena itulah kamu harus tahu cara menonaktifkan aplikasi di android. Nah kamu bisa memilih cara menonaktifkan aplikasi android sementara maupun secara permanen.

Cara nonaktifkan aplikasi ini bisa kamu terapkan untuk cara menonaktifkan whatsapp, messenger, BBM, Play Store, Line, Instagram dan aplikasi yang lain. Kali ini aku akan menjelaskan cara untuk menonaktifkan aplikasi secara manual maupun menggunakan aplikasi menonaktifkan aplikasi sebagai pemberhenti aplikasi. Nah nanti aku tambahin juga cara mengaktifkan aplikasi yang dinonaktifkan. Simak dan tinggalkan komentar ya.Cara Menonaktifkan Aplikasi di Android

Cara Menonaktifkan Aplikasi di Android

Ada tiga cara menonaktifkan aplikasi di android yang bisa kamu lakukan. Aku menyarankan untuk menggunakan cara menonaktifkan aplikasi android sementara atau yang nomor satu. Langkah ini sudah cukup karena aplikasi tidak akan berjalan kecuali kamu aktifkan lagi. Selain itu juga aman karena tidak merusak sistem. Nanti nanti aku jelasin juga cara mematikan aplikasi yang berjalan otomatis di android, jadi tanpa pakai cara di bawah ini, ada pengaturannya yang lebih mudah.

1. Cara menonaktifkan aplikasi Android secara manual

Kalau kamu adalah orang yang memilih jalan aman dan nyaman, kamu cukup gunakan langkah yang ini saja. Cara menonaktifkan aplikasi di android ini mudah dilakukan dan menjadi salah satu fitur resmi dari Android. Langkah ini bisa dibilang cara menonaktifkan aplikasi android sementara tetapi juga bisa dibilang permanen. Karena aplikasi bisa kamu aktifkan lagi kalau kamu mau, dan kalau tidak ya berarti permanen nonaktif hehe.

Langkah langkah yang perlu kamu lakukan seperti berikut ini

a. Masuk ke pengaturan

b. Pilih bagian Apl atau Aplikasi

c. Klik aplikasi mana yang akan dinonaktifkan

d. Klik Nonaktifkan

Pilihan Nonaktifkan hanya ada pada aplikasi bawaan Android. Selain itu hanya ada ‘Copot Pemasangan’ atau ‘Paksa Berhenti’.

e. Bisa juga dengan ‘Paksa berhenti’

Kalau hanya sekedar nonaktif beberapa saat kamu bisa klik ‘Paksa Berhenti’. Kalau misal yang ingin kamu nonaktifkan adalah aplikasi yang instal sendiri (bukan bawaan) kamu gunakan cara nomor dua di bawah nanti ya.

f. Selesai

Nah hanya semudah itu cara menonaktifkan aplikasi yang tidak terpakai. Jadi yang ini sangat sesuai kalau yang ingin kamu nonaktifkan adalah aplikasi bawaan Android. Karena kamu perlu menonaktifkan aplikasi yang tidak terpakai karena aplikasi bawaan. Kalau yang aplikasi instal sendiri pakai cara nomor 2 ya. Nah kalau kamu mau uninstall aplikasi bawaan Android juga bisa lho, baca tulisanku di bawah ini ya.

Baca juga: Cara Uninstall aplikasi bawaan Android bawaan tanpa root

2. Menonaktifkan aplikasi android sementara dengan aplikasi

Kalau yang ingin kamu nonaktifkan adalah aplikasi yang install sendiri dari Google Play Store tentu saja tidak bisa langsung dari fitur Android. Kamu harus menggunakan aplikasi untuk menonaktifkan aplikasi. Lah apa bedanya sama di uninstall? Ya jelas beda. Kalau uninstall kan semua datanya hilang ya, memulai dari awal lagi. Kalau menggunakan cara menonaktifkan aplikasi di android tentu saja semua akan baik baik saja. Sehingga kalau kamu hanya sekedar pengen cara menonaktifkan aplikasi android sementara tanpa uninstall bisa gunakan cara ini.

Misalnya kamu pengen cara menonaktifkan aplikasi Whatsapp, Messenger, Line, CM Security, BBM, Playstore, Instagram atau yang lain cukup gunakan cara ini. Karena kamu tidak akan kehilangan data apapun dengan menonaktifkan. Caranya sangat mudah, tinggal download aplikasi seperti AppMgr III (App 2 SD) di Google Play Store. Nanti di dalamnya kamu tinggal memilih aplikasi kemudian klik ‘Freeze’ dan aplikasi akan langsung membeku atau tidak aktif. Nah cara mengaktifkan aplikasi yang dinonaktifkan akan aku bahas di lain kesempatan.

3. Nonaktifkan aplikasi permanen dengan aplikasi

Kalau yang ini sebenarnya kurang cocok disebut cara menonaktifkan aplikasi di android. Jika kamu ingin menonaktifkan aplikasi bawaan Android secara permanen maka tentu sama saja dengan uninstall aplikasi. Kalau yang  ingin di uninstall adalah aplikasi yang install sendiri tentu saja mudah. Namun yang agak sulit adalah kalau aplikasi bawaan Android.

Untuk melakukan uninstall aplikasi bawaan Android kamu membutuhkan aplikasi untuk menonaktifkan aplikasi. Nantinya aplikasi ini bukan hanya untuk nonaktifkan aplikasi atau pemberhenti aplikasi tetapi juga melakukan uninstall. Sayangnya cara ini tidak aku rekomendasikan karena yang namanya aplikasi bawaan mestinya hanya dinonaktifkan sementara bukan permanen. Caranya ada di bawah ini ya kalau memang mau dinonaktifkan permanen.

Baca juga: Cara Uninstall aplikasi bawaan Android bawaan tanpa root

Nah sekian tadi tiga cara menonaktifkan aplikasi di Android sementara maupun permanen. Kamu bisa menerapakannya sebagai cara menonaktifkan bbm, CM security, Messenger, Whatsapp, Line, Playstore, Instagram atau yang lainnya. Kalau aplikasi bawaan bisa gunakan cara nomor satu atau tiga, kalau aplikasi tambahan bisa gunakan cara nomor dua yaitu menggunakan aplikasi menonaktifkan aplikasi. Nanti akan aku jelaskan juga cara mengaktifkan aplikasi yang dinonaktifkan di halaman lain. Serta cara mematikan aplikasi yang berjalan otomatis di android.

Nugroho
Nugroho SEO enthusiast, Co-Founder dan CTO Nona Tekno.