Nugroho SEO enthusiast, Co-Founder dan CTO Nona Tekno.

5 Cara Menghapus Virus di Android Tanpa Menghapus Aplikasi

2 min read

Cara Menghapus Virus di Android Tanpa Menghapus Aplikasi

Biasanya blog lain menulis tentang cara menghapus virus Android tanpa Antivirus. Nah itu biasanya menggunakan Safe Mode. Kalau aku mau nulisnya tentang cara menghapus virus di android tanpa menghapus aplikasi. Maksudnya adalah aplikasi yang sudah ada di smartphone kamu tidak perlu dihilangkan. Sehingga setelah hapus virus, kamu tidak perlu memulai HP kamu dari awal lagi.

Cara menghilangkan virus di android tanpa menghapus aplikasi sebenarnya sama saja dengan cara membersihkan virus di hp yang lainnya. Namun terkadang cara menghilangkan virus di hp perlu menghapus seluruh aplikasi yang ada. Oleh karena itu aku menulis ini agar kamu bisa hapus virus sekarang tanpa khawatir.Cara Menghapus Virus di Android Tanpa Menghapus Aplikasi

Cara Menghapus Virus Di Android Tanpa Menghapus Aplikasi

Jika kamu menggunakan cara menghapus virus di android tanpa menghapus aplikasi ini, sebaiknya kamu lakukan mulai dari yang paling atas. Cara membersihkan virus di hp poin terakhir sebenarnya tidak termasuk karena pada akhirnya akan dihapus semuanya. Namun itu adalah jalan terakhir jika cara yang lain tidak bisa mengatasi. Baiklah hapus virus sekarang sebelum HP kamu terlanjur tidak bisa digunakan.

1. Gunakan Fitur Keamanan Smartphone

Cara yang paling aman untuk membersihkan virus di HP adalah dengan memanfaatkan fitur keamanan ponsel. Smartphone yang sangat mendukung fitur ini adalah HP Samsung dan Asus. Kedua smartphone ini memiliki keamanan yang tinggi terhadap serangan virus. Cara menghapus virus di android tanpa menghapus aplikasi tentu saja aman dan bisa dipercaya karena dikembangkan oleh pencipta smartphone.

Fitur keamanan ini biasanya diletakkan pada bagian Pengaturan kemudian masuk ke Keamanan. Namun jika cara menghilangkan virus di android tanpa menghapus aplikasi ini tidak terlalu baik di smartphone kamu, kamu perlu melakukan hapus virus sekarang dengan cara yang selanjutnya.

2. Gunakan AntiVirus Terbaik

Jika smartphone kamu tidak mendukung fitur keamanan dari virus yang berbahaya, maka smartphone kamu membutuhkan aplikasi anti virus. Anda banyak antivirus android yang bisa kamu gunakan. Namun kamu sebaiknya memilih pembersih virus yang terpercaya dan terbukti mampu membersihkan virus HP. Cara menghapus virus di android tanpa menghapus aplikasi ini yang paling sering dilakukan banyak orang.

Kamu bisa download aplikasi virus android di Google Play Store atau langsung pada pengembang anti virus. Ada baberapa tempat download aplikasi antivirus android Samsung, Sony, Asus, Oppo, Xiaomi yang gratis. Meskipun begitu untuk cara membersihkan virus di hp yang jauh lebih dalam dan bersih biasanya menggunakan penghapus virus berbayar.

3. Hapus Aplikasi hanya yang Bermasalah

Salah satu sumber virus adalah aplikasi yang membawa virus. Aplikasi yang membawa virus seringnya bukan yang didapat dari Google Play Store, tetapi yang didapatkan di luar Google Play Store. Misalnya kamu mendownload aplikasi dari website penyedia APK, maka ini bisa menjadi ancaman adanya virus di aplikasi.

Oleh karena itu cara menghapus virus di android tanpa menghapus aplikasi adalah dengan menghilangkan aplikasi sumber virus. Cara menghilangkan virus di hp ini bisa dilakukan dengan masuk ke Safe Mode pada Android. Setelah masuk ke mode penyelamatan ini, kamu bisa melihat aplikasi mana saja yang mengancam atau membawa virus. Setelah itu nantinya kamu bisa menghapus aplikasi yang bermasalah itu.

4. Hanya Kunjungi Website yang Terpercaya

Yang ini adalah pencegahan agar smartphone tidak terserang oleh virus. Dengan mengunjungi website yang terpercaya, kamu bahkan tidak perlu mengurusi cara menghilangkan virus di android tanpa menghapus aplikasi. Smartphone kamu seharusnya selalu bersih meski tidak melakukan cara membersihkan virus di hp jika menggunakan smartphone sebagaimana mestinya.

Selain tidak mengunjungi website berbahaya, kamu bisa melakukan tindakan pencegahan dengan hanya mendownload aplikasi dengan review baik. Kemudian kamu juga sebaiknya jangan berbagi aplikasi melalui media bluetooth atau kabel data misalnya. Sehingga meski cara menghilangkan virus di hp tidak dilakuakan tetap akan aman. Apalagi jika tindakan pencegahan dilakukan dengan antivirus android seperti aplikasi anti virus sebagai pembersih virus dan pencegah virus.

5. Lakukan Factory Reset

Langkah yang terakhir ini bukanlah cara menghapus virus di android tanpa menghapus aplikasi. Karena dengan melakukan factory reset, jangankan aplikasi, seluruh file dan data yang ada di smartphone akan hilang. Sehingga gunakan cara membersihkan virus di hp ini hanya sebagai langkah terakhir saja.

Jika kamu benar benar yakin barulah hapus virus sekarang menggunakan cara termudah dan tercepat ini. Factory reset tidak membutuhkan aplikasi anti virus tetapi membutuhkan kesabaran kalau datanya hilang hehe.

Baca juga: Aplikasi pembersih Android agar tidak lemot

Sekian dulu cara menghapus virus di android tanpa menghapus aplikasi yang bisa kamu lakukan. Dua cara paling aman sebagai cara membersihkan virus di hp adalah yang nomor satu dan dua. Sedangkan cara menghilangkan virus di hp nomor tiga sampai lima adalah pencegahan dan jalan terakhir. Besok besok kalau ada yang lebih aman, akan aku update di sini.

Nugroho
Nugroho SEO enthusiast, Co-Founder dan CTO Nona Tekno.