Mengchozt Technology enthusiast, cat lover, Founder dan CEO Nona Tekno.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Di Laptop Dan Komputer Menggunakan Aplikasi Recovery

2 min read

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Di Laptop maupun di komputer dapat dilakukan menggunakan aplikasi. Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu pakai untuk mengembalikan data yang terhapus dari hardisk kamu. Masing masing aplikasi memiliki fitur tersendiri terkait cara mengembalikan file yang terhapus di laptop dan hardisk komputer.

Fitur fitur tersebut biasanya terkait bagaimana file yang terhapus di laptop tersebut. Beberapa kasus file yang terhapus di laptop adalah karena terhapus tidak sengaja, terformat, atau bad sector pada hardisk.

baca juga : perbedaan hardisk dan SSD

Dalam artikel kali ini admin 1 nonatekno akan mengulas sedikit tentang aplikasi dan cara mengembalikan file yang terhapus di laptop dan komputer. Ada 3 aplikasi yang menurut admin cukup meyakinkan. Ketiga aplikasi ini ada yang free ada juga yang berbayar, admin sangat menyarankan menggunakan versi pro atau versi berbayarnya supaya bisa menikmati secara penuh fitur yang ada.

Cara mengembalikan file yang terhapus di laptop dan komputer dapat menggunakan aplikasi Easus data recovery wizard,  partition recovery, dan disk genius. Langsung saja mulai untuk pembahasan singkat cara mengembalikan data di laptop dan hardisk komputer.

EASEUS DATA RECOVERY WIZARD

Aplikasi dari EaseUS ini cukup terkenal dikalangan para teknisi IT karena kualitasnya yang sudah terbukti. Bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus di laptop dan komputer menggunakan aplikasi EaseUS ini? Silahkan langsung saja simak beberapa penjelasan berikut

Easeus.com

Instal dan jalankan aplikasinya, kemudian akan muncul gambar seperti di atas. Pilih disk yang akan kamu recover datanya. Pastikan kamu memilih disk yang benar, kalau disk yang kamu pilih tidak sesuai maka kemungkinan file yang kamu cari tidak akan muncul.

Setelah kamu pilih disk yang ingin kamu recover datanya, selanjutnya untuk cara mengembalikan file yang terhapus di laptop dan komputer adalah klik scan. Proses scan data pada hardisk ini akan berlangsung cukup bergantung pada ukuran disk, kondisi kesehatan hardisk, dan banyaknya file. Minimal 1-2 jam untuk proses scanning recover data ini.

Easeus.com

Setelah proses scan selesai data dan file yang terhapus atau terformat akan muncul seperti pada contoh gambar. Pilih data mana saja yang hendak kamu recover, kemudian klik recover.

Easeus.com

Setelah kamu klik recover maka akan muncul kotak dialog seperti di atas. Dalam langkah ketiga ini kamu memilih tempat untuk menyipan file hasil recovery. Penting!! Jangan menyimpan atau meletakkan file hasil recovery pada disk dimana kamu kehilangan data.

baca juga : laptop kamu lemot? solusi tanpa instal ulang

PARTITION RECOVERY

boot-disk.com

Cara mengembalikan file yang terhapus di laptop dan komputer berikutnya adalah menggunakan aplikasi partition recovery. Pada dasarnya langkahnya hampir sama dengan easeus. Perbedaanya adalah pada fitur recoverynya.

Partition recovery menyediakan 3 pilihan fitur recovery yaitu quick scan, superscan dan last chance. Quick scan mengembalikan file yang terhapus di laptop dalam kondisi disk belum diformat dan belum ditimpa file lain.

Superscan mendeteksi dan mengembalikan file yang terhapus di laptop meskipun itu sudah sangat lama dan sudah diformat ulang. Superscan akan bisa mendeteksi file tersebut.

Lastchance merupakan cara mengembalikan file yang terhapus di laptop paling ampuh di aplikasi partition recovery. Lastchance ini mampu melakukan recovery meskipun pada kondisi kesehatan hardisk yang memburuk atau istilahnya damaged sector (bad sector).

Setelah proses scan file selesai maka kamu tinggal mencari file yang kamu perlu apakah ada atau tidak dalam daftar hasil recover. Selanjutnya klik recover, namun di sini fitur recover file partition recovery merupakan fitur berbayar. Jadi untuk bisa mengembalikan file yang terhapus kamu harus membayar dulu untuk bisa menggunakan fitur tersebut.

DISK GENIUS

trishtech.com

Cara mengembalikan file yang terhapus di laptop dan komputer yang ini menggunakan aplikasi yang open source. Secara gampangnya memang ini free dan tidak berbayar. Langkahnya sama saja dengan aplikasi sebelumnya yaitu tentukan disk atau drive yang ingin di recover datanya, kemudian klik pada bagian atas file recovery, tunggu scan file selesai dan recover file.

Aplikasi ini cukup simple tidak seperti partition recovery yang memiliki beberapa fitur recovery. Silahkan dicoba semoga bisa berguna.

CATATAN : tidak semua file yang terhapus atau terformat bisa dikembalikan menggunakan aplikasi. Admin sendiri pernah berhasil merecover satu hardisk penuh karena terformat tidak sengaja, namun admin lebih sering mendapati hasil nihil ketika merecover hardisk dan laptop teman.

baca juga : tutorial partisi hardisk tanpa instal aplikasi

Mengchozt
Mengchozt Technology enthusiast, cat lover, Founder dan CEO Nona Tekno.