Rey Rian Dwi Content writer di Nonatekno

Cara Mengembalikan 4G Xiaomi Redmi

2 min read

mengembalikan 4g xiaomi

Cara mengembalikan 4G Xiaomi Redmi ini bisa dibilang susah susah gampang. Susahnya tentu saja karena ada yang harus dikorbankan. Banyak orang yang kini tertarik dengan ponsel Xiaomi karena harganya murah selain itu sudah support 4G.

Terkadang beberapa ponsel Xiaomi sering mengalami kehilangan sinyal 4G padahal sebenarnya sudah support 4G. Sinyal 4G tersebut ternyata bisa dikembalikan dengan mengikuti beberapa cara mengembalikan 4G Xiaomi Redmi di bawah ini.

Cara Mengembalikan 4G Xiaomi Redmi

Ada 3 cara mengembalikan yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa memilih yang kamu inginkan dan memungkinkan untuk dilakukan. Pastikan bahwa kamu melakukanya dengan baik. Untuk memastikan, kamu juga bisa melakukan cara mengaktifkan 4g Xiaomi Redmi

1. Cara Mengembalikan 4G Xiaomi Redmi dengan Downgrade

Untuk lengkapnya kamu bisa baca Cara downgrade Xiaomi tanpa Komputer

Sinyal 4G yang hilang ternyata bisa dikembalikan dengan cara melakukan downgrade Xiaomi. Versi yang banyak direkomendasikan pengguna Xiaomi dengan kestabilan sinyal 4G yang baik adalah versi 8 atau versi 7. Maka dari itu, cara mengembalikan 4g xiaomi redmi adalah bisa melakukan downgrade.

Ada beberapa langkah dalam melakukan downgrade xiaomi. Berikut adalah cara-cara melakukan downgrade xiaomi ke versi 8.

  • Masuk ke halaman resmi Xiaomi kemudian pilih tipe hp yang dimiliki para pengguna Xiaomi. Setelah itu pilih versi 8 jika tersedia. Apabila tidak tersedia maka bisa mencari di internet.
  • Unduh file ROM MIUI versi 8 dan jika sudah pindahkan file .zip pada folder downloaded_rom di penyimpanan internal.
  • Masuk ke pembaharuan bawaan dari Xiaomi kemudian pilih titik tiga di kanan atas dan pilih Choose update package.
  • Pilih file ROM yang sudah dipindahkan tadi dan tunggu sampai proses update selesai.

2. Merestart Pabrik Xiaomi Redmi

Jika para pengguna Xiaomi kesulitan dalam mencari file untuk downgrade, maka para pengguna Xiaomi bisa melakukan restart pabrik. Akan tetapi sebelum melakukan restart pabrik, pastikan untuk membackup data terlebih dahulu. Berikut adalah langkah dalam melakukan pencadangan data,

  • Masuk ke menu Pengaturan kemudian masuk ke Setelan tambahan dan yang terakhir masuk ke Cadangkan dan atur ulang.
  • Jika sudah, masuk ke cadangkan lokal atau local backup. Pilih beberapa aplikasi atau file yang ingin dibackup.
  • Setelah memilih beberapa aplikasi yang dibackup, selanjutnya pilih cadangkan atau back up.
  • Tunggu hingga proses berjalan.

Setelah melakukan backup data, berikutnya adalah melakukan restart pabrik pada ponsel Xiaomi. Cara melakukan restart pabrik adalah sebagai berikut,

  • Langkahnya sama seperti ketika ingin melakukan backup, akan tetapi pilih kembalikan ke setelan pabrik.
  • Tunggu hingga berhasil booting dan pada saat hidup pertama kali pilih Locale ke Malaysia atau Singapura. Memilih locale Singapura atau Malaysia sangat berpengaruh terutama dalam memunculkan sinyal 4G pada hp xiaomi.

3. Memasukkan Kode Khusus

Jika cara mengembalikan 4g xiaomi redmi dengan cara di atas masih tidak berhasil, maka ada satu cara yang sedikit rumit tetapi berhasil. Cara tersebut adalah dengan memasukkan kode khusus pada menu telepon. Sebelum melakukan cara ini, pastikan simcard sudah dilepas terlebih dahulu agar proses bisa berjalan dengan lancar.

Untuk mengunci, kamu bisa mengikuti cara lock 4G

Jika sudah, maka ikuti cara-cara di bawah ini,

  • Masuk ke menu Telepon kemudian tekan *#*#4636#*#*.
  • Pilih pada bagian Phone 1 dan masuk ke menu Prefered Network Type.
  • Selanjutnya pilih CDMA Only kemudian masukkan SIM
  • Masuk ke Pengaturan kemudian Kartu SIM dan Jaringan lalu pilih Jaringan Yang Disarankan
  • Para pengguna Xiaomi bisa memilih Global atau Prefered 4G

Perbedaan antara Global dan Prefered 4G adalah global bisa melakukan SMS dan telepon serta internet dengan sinyal 4G. Untuk prefered 4G hanya bisa melakukan internet dengan sinyal 4G tetapi tidak bisa melakukan SMS dan telepon.

Cara mengembalikan 4G xiaomi redmi di atas beberapa ada yang berhasil dan beberapa ada yang tidak. Hal tersebut bergantung pada masing-masing hp apakah bisa atau tidak menggunakan cara-cara di atas. Semuanya kembali kepada pilihan pengguna xiaomi ingin menggunakan cara yang mana.

Rey Rian Dwi
Rey Rian Dwi Content writer di Nonatekno