Rey Rian Dwi Content writer di Nonatekno

Cara Mengecek Garansi Iphone Dengan Berbagai Metode

2 min read

cara mengecek garansi iphone

Beredarnya Iphone yang ada di pasaran membuat para pembeli harus berhati-hati dan lebih jeli membedakan iphone asli dan iphone palsu. Salah satu yang harus diperhatikan dalam mengecek keaslian iphone adalah dari garansinya. Para pengguna iphone harus mengerti bagaimana cara mengecek garansi iphone dengan baik.

Secara garis besar garansi iphone terdiri dari berbagai macam, yaitu garansi distributor, garansi resmi, garansi internasional, dan garansi toko. Ada juga istilah-istilah yang ada di Indonesia seperti iphone refurbish, iphone rekondisi, iphone rekondisi black market, dan iphone supercopy. Bagi yang ingin mengetahui cara mengecek garansi iphone, berikut di bawah ini cara-caranya.

cara mengecek garansi iphone

1. Menggunakan IMEI

Seperti yang banyak orang ketahui, IMEI merupakan identitas yang menandakan keaslian hp apakah benar-benar diproduksi oleh Apple atau tidak. Pemerintah juga baru-baru ini menetapkan aturan bahwa HP yang imeinya tidak terdaftar maka hp tidak bisa digunakan. Untuk itu, berikut di bawah ini adalah cara cek garansi iphone lewat IMEI.

  • Masuk ke Settings kemudian General dan About.
  • Dari menu di atas, para pengguna iphone bisa melihat IMEI yang tertera pada hp iphone. Untuk mengecek iphone benar-benar asli atau tidak, kunjungi situs checkcoverage.apple.com melalui browser HP atau laptop.
  • Buka browser laptop atau HP lalu ketikkan checkcoverage.apple.com dan tekan Enter.
  • Masukkan IMEI pada kolom yang tersedia lalu masukkan kode captcha yang tertera di bagian bawah kolom IMEI.
  • Klik Lanjutkan untuk melihat keaslian Iphone.
  • Setelah klik Lanjutkan akan muncul informasi lengkap dari ponsel yang digunakan, mulai dari IMEI, garansi, dan lain-lain.

Baca juga: Cara cek garansi Samsung

2. Menggunakan Serial

Selain menggunakan IMEI, Serial Number atau nomor serial yang ada pada iphone juga bisa digunakan untuk mendeteksi keaslian iphone. Setiap hp iphone memiliki nomor serial yang berbeda-beda meskipun mereknya sama. Maka dari itu, berikut di bawah ini adalah cara mengecek garansi iphone dengan menggunakan serial number.

  • Lakukan seperti cara pertama yaitu masuk ke Setelan lalu ke Umum dan yang terakhir Tentang ponsel.
  • Salin nomor serial dengan cara mengetuk dua kali pada nomor serial.
  • Buka browser di laptop atau di HP kemudian ketik checkcoverage.apple.com. Setelah selesai tekan Enter dan tunggu sampai website berhasil dimuat.
  • Masukkan nomor serial yang sebelumnya sudah dicek dan masukkan captcha sesuai dengan yang tertera lalu klik Next.
  • Apabila hp tersebut asli maka akan muncul informasi lengkap dari hp tersebut termasuk garansinya. Jika tidak menunjukkan informasi apapun, bisa jadi hp iphone tersebut adalah iphone supercopy atau iphone bm.

3. Mencocokkan IMEI Di Dus Dan HP

Baca juga: Cara cek IMEI iphone

Bagi para pengguna iphone yang masih memiliki dusbook mungkin bisa mencoba cara yang satu ini. Cara mengecek garansi iphone ini cukup mudah dan tidak membutuhkan akses internet sama sekali. Untuk mengeceknya adalah cari dusbook dan lihat pada bagian dusbook yang tertera banyak nomor.

Banyaknya nomor tersebut juga memuat nomor IMEI. Berikutnya para pengguna iphone bisa mengecek imei sesuai yang disebutkan pada poin pertama. Cocokkan nomor yang tertera jika cocok maka keaslian hp iphone dapat terbukti dan bisa dipastikan hp iphone tersebut memiliki garansi.

4. Mengecek Melalui Website Kemenperin

Kementerian Perindustrian menetapkan peraturan yang mana mengatur bahwa IMEI yang ada pada semua hp asli terdaftar di Kementerian. Selain untuk mengecek IMEI terdaftar, cara ini juga bisa mengecek garansi iphone apakah asli atau tidak. Berikut di bawah ini adalah caranya.

  • Masuk ke website imei.kemenperin.go.id melalui browser.
  • Jika sudah memuat semua halaman, masukkan nomor IMEI dan klik ikon lup.
  • Apabila muncul IMEI terdaftar maka keaslian HP bisa terbukti.

Dalam mengecek garansi iphone bisa dibuktikan dengan adanya keaslian pada hp iphone tersebut. Cara mengecek garansi iphone juga bermacam-macam, mulai dari memasukkan nomor seri hingga mencocokkan IMEI dengan dusbook. Dengan mengecek keaslian ponsel ini dapat membuat pembeli iphone bisa mengerti keaslian hp yang digunakan dan memastikan hp tersebut memiliki garansi resmi.

Rey Rian Dwi
Rey Rian Dwi Content writer di Nonatekno