Berbeda! Ini 5 Cara Mengatasi Penyimpanan Internal Hampir Penuh Padahal Gambar Sedikit

Berbeda! Ini 5 Cara Mengatasi Penyimpanan Internal Hampir Penuh Padahal Gambar Sedikit

Gambar, Video, File dan Musik sering kali memenuhi memori Android. Jika penyebab memori internal penuh adalah data tersebut, maka hanya tinggal dipindah ke Laptop saja. Namun bagaimana jika penyebabnya bukan empat data itu? Atau bagaimana jika tidak ada Laptop/PC yang bisa digunakan untuk backup? Maka diperlukan cara mengatasi penyimpanan internal hampir penuh yang berbeda dari biasanya.

Bahasan kali ini akan memberikan beberapa simulasi, tergantung kondisi memori Android Kamu. Setelah membacanya, tinggalkan komen dan boleh dibagikan ke teman kamu ya, barangkali menghadapi masalah yang sama.

Cara Mengatasi Penyimpanan Internal Hampir Penuh

HP Android, rata-rata dibekali slot memori eksternal dengan kapasitas super besar. Namun beberapa orang mungkin tidak memasang memori eksternal. Atau beberapa orang belum memanfaatkan memori yang terpasang dengan optimal. Cara mengatasi penyimpanan internal hampir penuh ini memberikan tips untuk dua kondisi tersebut. Silahkan pilih metode yang tepat sesuai dengan kondisi Android Kamu.

1. Hapus Database Msgstore dan .Status Whatsapp

Baca juga: 5 Penyebab Kenapa Memori Internal Android Penuh Padahal Aplikasi Sedikit

Whatsapp merupakan aplikasi Chating Android yang sangat populer. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang memanjakan penggunanya. Hanya dengan satu aplikasi saja, pengguna Whatsapp bisa melakukan banyak aktivitas. Mulai dari chating, video call, voice note, telepon, berbagi cerita edit foto dan lain sebagainya.
Namun ternyata, dibalik berbagai fasilitas Aplikasi Whatsapp, ternyata tersimpan data yang sangat besar dan menguras memori internal Android.

Data Whatsapp penyebab memori internal penuh yang pertama adalah file database. File ini merupakan database seluruh chat Whatsapp yang dicadangkan ke memori lokal Android. Setiap hari ada satu file database yang ditambahkan oleh whatsapp ke memori. Data ini akan bertahan selama satu Minggu, sehingga totalnya ada 7 file.

Jika tidak bisa dihapus baca juga: Cara menghapus file yang tidak bisa di hapus di memori

Satu file data base ini bisa berukuran ratusan megabyte (MB), tergantung dari jumlah data whatsapp. Cara mengatasi penyimpanan internal hampir penuh karena database whatsapp adalah dengan menghapus data ini. Hapus saja lima data paling tua. Biarkan dua data terbaru, untuk jaga jaga jika Whatsapp eror. Karena fungsi dari file ini adalah backup jika terjadi kerusakan.

Kedua, adalah file .status. File ini merupakan seluruh status whatsapp milik teman Kamu yang pernah Kamu lihat. Ternyata whatsapp menyimpan seluruh gambar atau video itu di memori lokal. Sehingga penyimpanan internal cepat penuh. Hapus saja file ini, jika kamu merasa tidak perlu melihat status lama orang lain.

2. Menggunakan Aplikasi Pemutar Musik

Baca juga: Cara mengatasi Android LEMOT karena RAM kecil

Cara mengatasi penyimpanan internal hampir penuh yang kedua ini adalah untuk kamu yang menyimpan musik di memori internal. Jika kamu tidak memiliki memori eksternal, tetapi tetap ingin mendengarkan musik dari Android, gunakan pemutar musik Online. Aplikasi ini bisa menyediakan ratusan bahkan ribuan lagu tanpa harus mendownloadnya ke memori lokal.

Aplikasi ini boros kuota? Ya tentu saja, karena lagu yang didengarkan memiliki ukuran yang tidak kecil. Namun untungnya, saat ini ada banyak provider yang menyediakan banyak bonus untuk mendengarkan musik Online.

Sering kali paket internet ini tidak dimanfaatkan dengan baik. Sekaranglah saatnya, memanfaatkan paket internet ini sambil memberikan ruang untuk menambah memori internal Android.

3. Memindahkan Aplikasi Ke Memori Eksternal dan Menghapus Cache

Seluruh aplikasi Android menyimpan data di memori, untuk menjalankan sistemnya. Namun ternyata di mana data itu akan disimpan dapat ditentukan oleh penggunanya. Cara mengatasi penyimpanan internal hampir penuh ini tentu saja bagi yang memiliki memori eksternal, tetapi belum dioptimalkan.

Cara memindahkan aplikasi ke micro SD atau ke memori eksternal adalah melalui pengaturan aplikasi. Kemudian pilih aplikasi yang ingin dipindahkan. Setelah itu pada bagian bawah, pilih pindah ke memori eksternal. Aplikasi yang sudah dipindah ke memori eksternal bisa dilihat dengan menggeser bilah ke kanan pada pengaturan aplikasi.

Selain itu, untuk mengatasi memori internal penuh adalah dengan menghapus Cache aplikasi. Data ini merupakan semacam penunjuk jalan yang ditinggalkan ketika menggunakan aplikasi. Fungsinya adalah memudahkan dan mempercepat load ketika membuka aplikasi kembali. Jika ingin menghapus Cache aplikasi, pastikan informasi login masih ingat, karena akan ikut terhapus.

4. Gunakan Cloud Tanpa Memori Lokal

Menyimpan memori di penyimpanan internet merupakan cara terbaik jika Kamu tidak memiliki memori eksternal dan penyimpanan internal hampir penuh. Kamu bisa mengakses seluruh data yang ada di cloud kapan saja dan di mana saja, selama ada koneksi internet.

Hal ini tentu saja berbeda dengan jika Kamu menyimpan data di Laptop atau Komputer. Kamu tidak perlu repot repot membuka Laptop jika membutuhkan data secara mendadak. Cara mengatasi penyimpanan internal hampir penuh ini bukan hanya menambah memori internal. Namun cara ini juga bisa membuat kamu mengakses data dari perangkat apa saja.

Namun catatannya adalah, jangan menggunakan cloud yang menyimpan file di dua tempat, yaitu internet dan lokal. Kalau ingin tahu cloud android terbaik bisa cek di 5 Aplikasi Android untuk Penyimpanan Data Online.

5. Melakukan Factory Reset

Cara ini jika HP Kamu tidak ada file, aplikasi sedikit bahkan tidak ada aplikasi dan semua langkah sudah dilakukan. Jika memang penyimpanan internal tetap penuh, maka perlu dicurigai adanya file tersembunyi atau bahkan virus. Cara mengatasi penyimpanan internal hampir penuh ini adalah cara terakhir.

Melakukan cara ini, otomatis seluruh file yang ada dalam memori internal akan terhapus. Namun, keuntungannya adalah yang terhapus ini termasuk virus yang mungkin ada di HP kamu. Dengan melakukan factory reset, maka HP Kamu akan fresh kembali.

Baca juga: Cara setting HP Android agar Tidak Lemot

Setelah melakukan factory reset, seharusnya HP menjadi lebih cepat. Selain itu, penggunaan baterai seharusnya menjadi lebih awet.

Sekian tadi lima cara mengatasi penyimpanan internal hampir penuh yang mungkin belum Kamu lakukan. Pilih cara yang paling tepat sesuai dengan kondisi HP Kamu. Namun, langkah pertama, menurut saya tetap menjadi langkah yang selama ini tidak disadari. Semoga bermanfaat, terima kasih. Jangan lupa like dan share, mungkin teman kamu juga tidak menyadari.