Nugroho SEO enthusiast, Co-Founder dan CTO Nona Tekno.

2 Cara Mengaktifkan Aplikasi yang Dinonaktifkan di Android

1 min read

Cara Mengaktifkan Aplikasi yang Dinonaktifkan di Android

Menonaktifkan aplikasi adalah salah satu cara untuk menghemat penggunaan RAM sehingga kinerja HP menjadi lebih baik. Sebelumnya aku sudah menjelaskan cara menonaktifkan aplikasi di Android sementara dan permanen. Nah kali ini aku akan membahas cara mengaktifkan aplikasi yang dinonaktifkan sehingga bisa digunakan kembali.

Cara mengaktifkan kembali aplikasi yang dinonaktifkan perlu kamu lakukan sesuai dengan type aplikasi yang kamu miliki. Jika kamu ingin mengaktifkan aplikasi bawaan yang di nonaktifkan secara manual, maka aktifkan dengan cara manual. Sedangkan jika dinonaktifkan dengan menggunakan aplikasi tentu saja cara mengaktifkan aplikasi di android adalah menggunakan aplikasi.Cara Mengaktifkan Aplikasi yang Dinonaktifkan di Android

Cara Mengaktifkan Kembali Aplikasi Yang Dinonaktifkan

Seperti aku bilang sebelumnya bahwa ada dua cara mengaktifkan aplikasi yang dinonaktifkan. Simak cara mengaktifkan aplikasi di android ini dengan baik dan sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Jangan lupa tinggalkan komentar agar aku tahu apakah cara mengaktifkan kembali aplikasi yang dinonaktifkan ini bekerja di smartphone kamu.

1. Cara Mengaktifkan Aplikasi Di Android Secara Manual

Aplikasi bawaan Android memang tidak bisa diuninstall secara mudah. Sehingga cara amannya adalah dinonaktifkan secara manual. Nah cara mengaktifkan aplikasi yang dinonaktifkan adalah dengan kembali seperti ketika menonaktifkan aplikasi. Berikut ini adalah langkah langkah cara mengaktifkan aplikasi di android yang dinonaktifkan. Ikuti langkah langkahnya agar kamu tidak salah masuk ke tab yang berbeda hehe.

  • Buka pengaturan
  • Pilih Apl atau Aplikasi
  • Geser Layar hingga ke paling kanan sampai tab dinonaktifkan
  • Klik aplikasi yang ingin diaktifkan
  • Klik Aktifkan
  • Selesai

Nah hanya semudah itu saja cara mengaktifkan aplikasi android yang dinonaktifkan. Kamu bisa melihat seluruh aplikasi yang dinonaktifkan secara manual pada bagian ‘Dinonaktifkan’. Sehingga kamu bisa memilih aplikasi mana saja yang ingin kamu aktifkan dan tetap dalam kondisi nonaktif. Setelah kamu aktifkan pun, kamu tetap bisa mengembalikannya ke kondisi nonaktif kembali. Yang kamu lakukan tentu saja sama dengan cara menonaktifkan maupun mengaktifkan ini.

Jika kamu dulu menonaktifkan tidak secara manual tetapi menggunakan aplikasi, maka kamu harus masuk ke langkah yang kedua. Namun cara yang kedua ini biasanya digunakan untuk aplikasi tambahan atau yang install sendiri dari Google Play Store.

2 Cara Mengaktifkan Aplikasi Android Dengan Aplikasi

Kalau kamu menonaktifkan aplikasi dengan menggunakan aplikasi, tentu saja cara mengaktifkan aplikasi yang dinonaktifkan juga harus kembali ke aplikasi pemberhenti. Misalnya kamu menonaktifkan aplikasi menggunakan aplikasi AppMgrIII, maka kamu harus kembali ke aplikasi ini. Berikut ini langkah langkah cara mengaktifkan aplikasi di android menggunakan aplikasi.

  • Buka aplikasi nonaktifkan aplikasi yang kamu gunakan
  • Pilih aplikasi yang ingin diaktifkan kembali
  • Klik Unfreeze.

Nah hanya semudah itu juga cara mengaktifkan kembali aplikasi yang dinonaktifkan menggunakan aplikasi. Namun langkah langkahnya tentu saja berbeda di setiap aplikasi yang kamu gunakan. Cukup buka buka saja pilihan yang ada di aplikasi tersebut untuk menemukan pilihan unfreeze. Setelah kamu mengaktifkan kembali aplikasi, maka bisa langsung digunakan seperti biasanya.

Baca juga: Cara melihat aplikasi yang sudah diuninstall di Android

Sekian tadi dua cara mengaktifkan aplikasi yang dinonaktifkan baik secara manual maupun menggunakan aplikasi pengaktif. Kamu bisa memilih cara mengaktifkan aplikasi di android sesuai dengan kebutuhan kamu karena masing masing disesuaikan dengan metode ketika menonaktifkan. Setelah melakukan cara mengaktifkan kembali aplikasi yang dinonaktifkan ini maka aplikasi yang kamu miliki akan segera aktif dan dapat digunakan lagi. Jangan lupa komentarnya. Semoga bermanfaat ^.^

Nugroho
Nugroho SEO enthusiast, Co-Founder dan CTO Nona Tekno.