Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca

2 min read

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca

Pada dasarnya flashdisk atau kerap disingkat fd dapat mengalami gangguan, salah satu gangguannya adalah tidak terdeteksi atau tidak terbaca nya data di laptop maupun di komputer. Namun, jika kamu mengalami hal tersebut tenang saja karena di artikel ini akan dibahas tuntas mengenai cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca tanpa di format datanya baik dengan CMD atau pun di disk management. Yuk simak terus artikel cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca ini ya!Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca

Flashdisk adalah salah satu benda yang dapat menyimpan data dengan kapasitas yang beraneka ragam tergantung dari banyak penyimpanan nya. Penyebab flashdisk tidak terbaca ada beberapa macam, salah satunya adalah karena mengalami rusak pada bagian flashdisk tersebut sehingga tidak ada sama sekali data yang terdeteksi pada layar laptop atau komputer. Adapun beberapa cara memperbaiki fd yang tidak terbaca tanpa menghilangkan data didalamnya, yaitu:

1. Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca karena Permasalahan di Driver USB

Seandainya kamu mengalami permasalahan tersebut, maka kamu harus segera mencari solusinya.  Salah satu solusi tersebut adalah dengan mengecek kondisi USB pada laptop kamu apakah ada kerusakan. Jika terjadi kerusakan maka harus dengan segera kamu atasi agar kerusakan tersebut tidak semakin parah.

cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca karena kerusakan USB yaitu:

  1. Cari fitur “device manager” pada laptop atau komputer kamu. Jika susah mencarinya maka fitur tersebut dapat ditemukan melalui bantuan pencarian fitur aplikasi atau yang sering disebut dengan “search”
  2. Jika sudah, lalu buka fitur tersebut. Selanjutnya buka menu dan cari opsi “Universal Serial” pada menu tersebut lalu klik.
  3. Setelah selesai klik opsi tersebut, maka lanjutkan dengan menekan pilihan “Scan for hardware changes” pada menu yang disediakan.
  4. Langkah terakhir, tunggu beberapa saat sampai data pada flashdisk kamu terdeteksi pada laptop atau komputer.

Note: seandainya data pada flashdisk kamu belum juga tampil pada layar laptop atau komputer. Maka hal tersebut kemungkinan besar diakibatkan oleh kerusakan fisik yang sangat parah pada flashdisk tersebut. Selain itu pula, konektor kabel yang tidak tersambung (putus) dari motherboard ke port USB juga dapat menjadi kendala untuk mentransmisikan data dari flashdisk ke laptop atau komputer.

2. Cara Memperbaiki Fd yang Tidak Terbaca dengan Perantara Computer Management

Computer Management adalah salah satu cabang fitur dari Windows pada komputer atau laptop yang dapat membantu mu untuk memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca. Tata cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca sebagai berikut:

  1. Cari Computer Management di laptop atau komputer kamu. Jika merasa kesulitan mencarinya, maka dapat melalui layanan pencarian (search) pada laptop atau komputer.
  2. Jika sudah menemukan Computer Management, lalu buka. Selanjutnya, lihat pendeteksi flasdisk apakah terhubung atau tidak dengan laptop di disk management.
  3. Langkah selanjutnya adalah klik kanan, lalu akan muncul beberapa pilihan. Selanjutnya pilih opsi “Change Drive Letter and Paths” lalu tekan pilih “Ok”.
  4. Tahapan terakhir yaitu tunggu beberapa saat sampai data yang ada di dalam flashdisk kamu muncul di komputer atau laptop.
  5. Flashdisk kamu sudah terbaca deh di laptop! Bagaimana sederhana bukan caranya?

3. Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca dengan Bantuan Software HDD Low Format Level

Perlu diketahui cara tersebut merupakan cara termudah dan tersederhana yang dapat dilakukan. Adapun tata caranya yakni kamu harus memiliki aplikasi software HDD Low Format Level. Jika tidak punya maka dapat mendownload atau mengunduhnya di broser Mu.

Jika sudah, kemudian lakukan installasi aplikasi tersebut. Kemudian jika proses install sudah selesai, lalu buka aplikasi tersebut. Dalam aplikasi tersebut ada fitur otomatis yang langsung menyambungkan data pada flashdisk ke komputer atau laptop kamu dengan cepat, sehingga tidak pusing pusing untuk memperbaikinya.

4. Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca dengan perantara CMD (Command Prompt)

Langkah tersebut dapat kamu gunakan untuk memperbaiki flasdisk yang tidak terbaca pada layar laptop atau komputer dengan CMD. Command Prompt merupakan salah satu layanan fitur dari Windows.  Prosedur memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca dengan perantara Command Prompt, sebagai berikut:

  1. Cari Command Prompt di laptop kamu. Jika kesulitan, dapat meminta bantuan “search”.
  2. Kemudian tunggu beberapa saat. Jika sudah, selanjutnya masukkan perintah dengan format “Chkdsk” ke dalam menu yang sudah disediakan.
  3. Setelah perintah tersebut terkonfirmasi, langkah selanjutnya yakni lihat detail atau identitas flashdisk kamu di menu yang sudah disediakan.
  4. Lalu analisis identitas flashdisk dari menu tersebut. Apabila terjadi permasalahan seperti error, maka segera lakukan penanganan lebih lanjut, misalnya dengan memperbaiki sistem nya.
  5. Seandainya tidak error maka anda akan masuk ke next Pada menu tersebut kamu dapat mengatur ulang pengaturan USB sehingga flasdisk kamu terbaca di laptop atau komputer.

Demikian artikel mengenai langkah langkah memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca pada komputer atau laptop. Semoga bermanfaat!

Alvin Dwi Reza
Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)