5 Cara Memindahkan Penyimpanan Internal ke Kartu SD Card Semua HP

5 Cara Memindahkan Penyimpanan Internal ke Kartu SD Card Semua HP

Smartphone Android hampir selalu dibekali dengan memori internal dan bisa ditambah memori eksternal. Cara memindahkan penyimpanan internal ke kartu SD Card diperlukan untuk membagi load penyimpanan. Biasanya memori internal khusus untuk data aplikasi karena berukuran kecil dan kartu SD atau SD card untuk berbagai file lainnya. Karena kapasitasnya bukan hanya sebatas kartu sd 16gb, bahkan bisa hingga ratusan GB.

Namun, sebenarnya apa yang kamu butuhkan? Semacam cara memindahkan foto ke sd card android atau cara memindahkan aplikasi dari memori internal ke eksternal? Baiklah karena memang ada dua macam, maka bahasan kali ini akan membahas keduanya. Cara memindahkan memori internal ke eksternal android dari segi file yang ada di dalamnya, serta cara memindahkan memori telepon ke sd card dari segi aplikasi.Cara Memindahkan Penyimpanan Internal ke Kartu SD

A. Cara Memindahkan Foto atau File ke Kartu SD Card

Memindahkan penyimpanan internal ke kartu SD memang memiliki dua makna. Ada yang bermaksud mencari cara untuk memindahkan file seperti foto, video dan lain sebagainya dari memori internal ke memori eksternal. Namun ada pula yang bermaksud untuk mencari cara menggunakan penyimpanan eksternal atau SD Card sebagai penyimpanan internal, ini untuk aplikasi dan lain sebagainya.

Nah kalau kamu ingin tahu cara memindahkan foto atau File dari memori internal ke SD Card, aku sudah membahasnya sebelum ini. Kamu bisa membuka Cara Memindahkan Foto, File dan Data ke sd card Android. Nah kalau yang kamu cari adalah cara menggunakan penyimpanan eksternal sebagai penyimpanan internal, baca bagian B ya.

B. Cara Memindahkan Penyimpanan Internal ke Kartu SD (Untuk Aplikasi)

Seperti aku bilang sebelumnya, aku akan menuliskan lima cara memindahkan penyimpanan internal ke kartu SD Card. Namun dilihat dari dua sisi yang berbeda. Cara nomor satu adalah cara memindahkan file dari memori telepon ke memory card secara otomatis. Sedangkan cara nomor 2 hingga 5 adalah cara menggunakan kartu memori hp eksternal (kartu SD Card) sebagai memori internal. Cara ke dua hingga lima akan membuat memory card hp bisa digunakan persis seperti memori internal.

1. Memindahkan Penyimpanan Internal Agar Otomatis ke Kartu SD

Baca juga: Kenapa memori internal Android penuh padahal aplikasi sedikit

Smartphone Android memiliki fitur untuk memisahkan penyimpanan secara otomatis. Sehingga ketika kamu menginstal aplikasi baru, download file, mengambil gambar atau video dan lain sebagainya akan langsung masuk ke memori hp yang sudah kamu tentukan. Oleh karena itu pembagian kartu memori ini bukan hanya untuk aplikasi tetapi juga untuk file lain.

Langkahnya kamu hanya tinggal masuk ke pengaturan pada smartphone. Kemudian pilih tab penyimpanan selanjutnya pada Penyimpanan yang disukai pilih Kartu SD. Maka nantinya file dan aplikasi yang kamu masukkan akan otomatis masuk ke memori micro SD. Apakah ini yang kamu maksud? Jika bukan kamu bisa ke langkah ke dua dan seterusnya. Hanya begitu saja cara memindahkan penyimpanan internal ke kartu SD Card secara otomatis.

2. Mengubah Micro SD Menjadi Penyimpanan Internal

Nah untuk langkah ke dua ini adalah cara memindahkan penyimpanan internal ke kartu SD Card sesuai dengan fungsinya. Maksudnya adalah mengubah memori card HP agar memiliki fungsi seperti memori internal. Cara merubah memory eksternal menjadi internal bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Namun ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan setelah mengetahui cara merubah penyimpanan internal ke sd card. Nantinya file aplikasi yang terinstall di memory card akan menjadi lemot karena tidak stabil. Selain itu, micro SD lebih mudah rusak dibandingkan memori internal.

Lantas bagaimana caranya mengubah Micro SD menjadi penyimpanan internal? Pertama kamu bisa mendownload aplikasi Link2SD dari Google Play Store. Setelah itu kamu buka aplikasi dan pilih aplikasi yang akan kamu pindahkan ke micro SD. Kemudian klik Pindahkan, maka semua aplikasi yang terpilih akan berpindah ke micro SD dan memori internal tidak lagi digunakan.

3. Memanfaatkan Fitur Resmi Adoptable Storage Marshmallow

Baca juga: Cara menambah kapasitas memori internak Android tanpa Root

Nah selain menggunakan aplikasi di atas, kamu bisa menggunakan fitur resmi dari Android yaitu Adoptable Storage. Fitur ini adalah cara memindahkan penyimpanan internal ke kartu SD Card yang aman karena memang dikembangkan oleh Android. Namun cara memindahkan file android ke sd card ini baru tersedia untuk Android versi 5.0 ke atas atau Marshmallow.

Ini bukan hanya cara memindahkan file ke kartu sd tetapi juga untuk berbagai penggunaan. Memori micro atau kartu microsd akan diubah menyerupai memori internal, sehingga kinerja HP akan terdukung. Selain itu kartu memori sd atau memory mini sd tidak akan terganggu untuk penyimpanan.

4. Melakukan Partisi Micro SD Card dengan Aplikasi

Partisi memori eksternal adalah membagi micro SD menjadi dua fungsi, yaitu sebagai penyimpan sistem dan sebagai penyimpanan file. Cara memindahkan penyimpanan internal ke kartu SD Card ini sangat menunjang kinerja HP karena membuat memori sistem menjadi lebih besar. Cara mengubah penyimpanan internal ke eksternal pada android dilakukan dengan menginstall aplikasi Android Partition Tool.

Kemudian cara mengubah penyimpanan ke sd card adalah dengan membuka aplikasi ini. Tekan tombol berwarna hijau sebanyak tiga kali. Kemudian tentukan nama dan kapasitas masing masing partisi. Kemudian klik Apply change untuk menyelesaikan.

5. Memindahkan Aplikasi ke Micro SD

Kemudian cara memindahkan penyimpanan internal ke kartu SD Card yang terakhir adalah memindahkan aplikasi secara manual ke Micro SD. Dengan begitu, memori internal menjadi lebih longgar dan bisa digunakan untuk aktivitas yang lain. Mengapa memori internal sangat penting? Karena jika memori internal penuh maka akan menurunkan kinerja HP.

Dalam hal ini ada beberapa hal yang bisa duilakukan yaitu cara memindahkan data android ke sd card. Bisa juga cara memindahkan data dari penyimpanan internal ke kartu sd dalam bentuk aplikasi. Nah untuk memindahkan aplikasi ke sd card sudah pernah aku bahas secara lengkap berdasarkan merk smartphone kamu.

Baca juga:

Untuk HP lain Cara memindahkan aplikasi ke memori SD Card tanpa root

Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Samsung

Cara memindahkan aplikasi ke SD Card Xiaomi

Sekian tadi lima cara memindahkan penyimpanan internal ke kartu SD Card untuk penyimpanan memori file maupun aplikasi. Cara memindahkan data dari memori internal ke sd card untuk pindah file ke sd card atau video bisa dilakukan dengan mudah. Namun cara mengubah penyimpanan internal ke eksternal pada android untuk aplikasi membutuhkan beberapa langkah tambahan.