Nugroho SEO enthusiast, Co-Founder dan CTO Nona Tekno.

Cara Memindahkan Aplikasi dari HP ke Laptop dengan Kabel Data

1 min read

Kalau kamu mau melakukan reset factory atau hard reset HP Android pasti takut tidak bisa menggunakan aplikasi Android yang sudah ada. Maka kamu butuh cara memindahkan aplikasi dari hp ke laptop dengan kabel data. Sebelumnya aku sudah membahas tentang lima cara memindahkan aplikasi dari HP ke Laptop, dan ini adalah salah satunya.

Ada dua definisi utama dari memindahkan aplikasi dari HP ke Laptop ini. Pertama adalah untuk melakukan backup kemudian yang kedua adalah menggunakan aplikasi di Laptop. Oleh karena itu aku akan menjelaskan mulai dari mengarsipkan aplikasi, memindahkan aplikasi hingga menggunakannya di Laptop. Simak cara memindahkan aplikasi dari hp ini dengan baik ya.cara memindahkan Aplikasi dari HP ke Laptop dengan Kabel Data

A. Mengarsipkan Aplikasi terlebih dahulu

Langkah pertama cara memindahkan aplikasi dari hp ke laptop dengan kabel data adalah dengan mengarsipkan aplikasi terlebih dahulu. Untuk mengarsipkan ini, kamu membutuhkan aplikasi yang bisa untuk mengarsipkan data aplikasi secara keseluruhan. Cara ini bisa dilakukan sebagai cara memindahkan aplikasi dari hp oppo ke laptop maupun xiaomi, asus, sony dan lain sebagainya. Ini langkah langkahnya.

1. Download clean master

Langkah pertama, download dulu aplikasi clean master. Aplikasi ini fungsinya adalah untuk membuat aplikasi bisa dipindah.

2. Buka aplikasi, tap ‘App Manager’

3. Centang semua aplikasi favorit

4. Klik backup

Nah sampai tahap ini kamu sudah memiliki satu folder di memori internal atau eksternal kamu yang berisi file apk dan data dari aplikasi kamu. Nah kemudian file inilah yang akan dipindah menggunakan cara memindahkan aplikasi dari hp ke laptop dengan kabel data.

B. Pindahkan aplikasi ke Laptop

Setelah terbuat satu folder baru bernama backup, maka kini saatnya melakukan cara memindahkan aplikasi dari hp ke laptop dengan kabel data. Yang harus kamu siapkan tentu saja laptop dan kabel data. Cara mengirim aplikasi android ke laptop ini bisa dilakukan dengan sangat mudah. Berikut ini adalah langkah langkahnya.

1. Sambungkan USB dengan metode usb debugging

Pengaturan ini bisa dengan membuka notifikasi dari HP ketika kamu colokkan ke kabel data.

2. Buka folder cleanmaster dan copy file backup

Buka file yang tadi, hasil backup dari aplikasi clean master.

3. Pindahkan ke folder di laptop

Copy file tadi dan paste di folder di dalam laptop.

Nah sampai pada tahap ini, seluruh data aplikasi dari HP android kamu sudah terpindah ke laptop. Namun ini tentu tidak bisa langsung digunakan di laptop. Karena pada dasarnya sistem operasi yang ada pada laptop dan HP tentu saja berbeda. Kamu membutuhkan sedikit langkah tambahan untuk menggunakan aplikasi di laptop.

C. Cara menggunakan aplikasi di laptop

Setelah langkah langkah cara memindahkan aplikasi dari hp ke laptop dengan kabel data kamu lakukan, sekarang lakukan langkah di bawah ini. Langkah ini dilakukan untuk menggunakan aplikasi di laptop. Sehingga data aplikasi yang tadinya ada di smartphone bisa kamu gunakan.

1. Instal aplikasi emulator android

Pertama, instal terlebih dahulu aplikasi emulator di smartphone kamu. Aplikasi ini berfungsi untuk menjalankan aplikasi android di laptop. Kamu bisa memilih aplikasi yang kamu suka. Dua emulator android terbaik menurut Nona adalah Bluestack dan Nox.

2. Daftar aplikasi di emulator

Langkah selanjutnya jalankan emulator dan lakukan pemulihan file backup yang sudah kamu simpan sebelumnya.

Nah sekian tadi langkah langkah cara memindahkan aplikasi dari hp oppo ke laptop. Kamu sudah bisa menggunakannya sekarang. Cara memindahkan aplikasi dari hp ke laptop dengan kabel data ini tentu akan bermanfaat buat kamu bila HP kamu akan dijual atau ganti HP. Semoga bermanfaat ^.^

Nugroho
Nugroho SEO enthusiast, Co-Founder dan CTO Nona Tekno.