Mengchozt Technology enthusiast, cat lover, Founder dan CEO Nona Tekno.

Cara Membuat Bootable Flashdisk Untuk Instal Ulang Windows Menggunakan Wintoflash dan Rufus

2 min read

cara membuat bootable flashdisk windows

Cara membuat bootable flashdisk perlu kamu ketahui, baik pada windows 7, 10 maupun windows xp. Seperti kamu ketahui bahwa perkembangan inovasi laptop jaman sekarang adalah ke arah portable. Dibuat kecil, tipis dan ringan sehingga dengan ukuran yang tipis dan kecil ini membuat beberapa brand tidak menyertakan DVD-RW untuk membuka CD atau DVD. Tentunya cukup membuat para konsumen kebingungan ketika mau membuka file dalam bentuk disc. Tidak hanya sampai disitu, tidak adanya DVD-RW menyulitkan ketika kita mau melakukan instal ulang ataupun sekedar repair sistem operasi yang membutuhkan CD instalernya.

Tidak usah galau teman, kamu hanya perlu menyimak tutorial singkat berikut untuk cara membuat Bootable Flashdisk windows xp, 7 dan 10. Kamu bisa melakukan Instal ulang atau repair sistem operasi menggunakan Flashdisk. Aplikasi yang digunakan untuk cara membuat Bootable Flashdisk windows 7, 10 dan XP ini adalah Wintoflash dan Rufus. Yang perlu disiapkan adalah 1 buah Flashdisk berkapasitas 8GB (minimal, boleh lebih), file Installer Windows, Software Rufus dan Wintoflash.cara membuat bootable flashdisk windows

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows XP, Windows 10 dan Windows 7

Cara membuat bootable flashdisk windows XP, 7 dan 10 ini akan Nona jelaskan menggunakan dua aplikasi. Mudah kok nyari aplikasi dan penggunaannya. Langsung saja ya.

1. Cara membuat bootable flashdisk dengan WINTOFLASH

Pertama yang harus kamu lakukan adalah download aplikasi Wintoflash di google. Kamu bisa download melalui web resmi Wintoflash secara gratis.

Jangan lupa memasang Flashdisk yang akan digunakan untuk Bootable. Kemudian buka aplikasi Wintoflash.exe. Langsung saja kamu simak langkah-langkah penjelasan cara membuat Bootable Flashdisk windows 7, 10 dan XP menggunakan Wintoflash berikut lengkap dengan gambarnya.

Setelah wintoflash terbuka akan muncul kotak dialog seperti di atas. Yang perlu kamu hanya klik ikon centang berwarna hijau. Dan ikuti langkah-langkah yang muncul.

Kemudian muncul kotak dialog yang ada dua keterangan yaitu windows file path dan USB drive. Klik pilih pada bagian windows file path. Kemudian cari dimana tempat menyimpan file Installer Windowsnya. Kemudian klik ok.

Untuk aplikasi Wintoflash ini file Installer yang dibutuhkan adalah file yang sudah terekstrak, bukan dalam bentuk RAR atau ISO.

Langkah selanjutnya adalah memilih perangkat Flashdisk untuk menyimpan Bootable Flashdisknya. Jangan lupa untuk memasang Flashdisk sebelum kamu membuka Wintoflash ini.

Klik pilih pada keterangan USB drive, kemudian muncul kotak dialog kecil seperti pada gambar. Klik OK untuk melanjutkan.

Hal yang harus diperhatikan saat membuat bootable USB

PERINGATAN !!! :  Pastikan Flashdisk anda tidak berisi data penting, karena dalam proses cara membuat Bootable Flashdisk windows 10 ini melibatkan proses formatting (menghapus data secara keseluruhan). Pastikan Flashdisk dalam keadaan kosong dan data yang ada sudah di Back-up.

Setelah file Windows dan perangkat Flashdisk sudah terpilih maka klik berikutnya untuk melanjutkan proses pembuatan Bootable Flashdisk.

Setelah kamu klik berikutnya biasanya akan muncul persetujuan dan dilanjutkan peringatan konfirmasi berupa penjumlahan dan pengurangan angka. Isi sesuai instruksi yang diberikan.

Hal ini bertujuan untuk mencegah kehilangan data penting secara tidak sengaja, karena setelah ini proses Formatting data dimulai. Dengan peringatan konfirmasi ini, developer ingin memastikan pengguna dalam keadaan sadar ketika melakukan proses ini.

Gambar diatas menunjukan proses formatting dan pembuatan Bootable Flashdisk. Tunggu beberapa menit tergantung pada flashdisk dan komputer kamu.

Proses cara membuat Bootable Flashdisk windows 7, 10 dan XP menggunakan aplikasi Wintoflash telah selesai. Silahkan lakukan Instal ulang pada laptop atau komputer desktop kamu.

2. Cara menggunakan RUFUS

Aplikasi lain yang bisa digunakan untuk cara membuat Bootable Flashdisk windows XP, 7 dan 10 adalah Rufus. Cara menggunakan rufus Kamu bisa download di website resminya secara gratis. Cara menggunakan  Rufus ini menurut admin lebih simpel dan mudah untuk digunakan serta fitur yang dimiliki lebih lengkap.

Buka aplikasi Rufus untuk memulai langkah cara membuat Bootable Flashdisk windows 10 ini. Ingat sebelum membuka aplikasi Rufus, pastikan Flashdisk sudah terpasang dan dalam kondisi kosong.

Cara menggunakan rufus akan mendeteksi secara otomatis perangkat USB Flashdisk yang terpasang. Pada bagian paling atas ada device yang menunjukkan perangkat Flashdisk kamu. Pastikan tidak salah memilih device Flashdisk.

Dibawahnya ada partition scheme and target system. Disini ada 3 pilihan partition scheme yaitu MBR for UEFI BIOS, MBR for UEFI, dan GPT for UEFI. Pada umumnya kamu hanya perlu memilih MBR for UEFI and BIOS, namun ada beberapa seri laptop terbaru yang benar benar harus menggunakan format UEFI agar bisa cara membuat Bootable Flashdisk windows 10, xp dan 7. Jika menemui kasus seperti itu maka admin sarankan untuk memilih yang GPT for UEFI.

Perhatikan untuk cara menggunakan rufus

Untuk File System dan Cluster Size biar pada kondisi default tidak perlu merubahnya. Lanjut pada New Volume Level merupakan nama yang muncul pada Flashdisk kamu, terserah saja mau ditulis apa.

Hilangkan checklist pada Quick Format untuk kesehatan perangkat Flashdisk kamu. Admin menyarankan untuk tidak melakukan Quick Format karena dianggap kurang baik untuk kesehatan Flashdisk. Namun hal ini akan menyebabkan proses format berjalan lebih lama.

Disamping menu bertuliskan ISO IMAGE terdapat ikon kecil gambar disk. Klik pada ikon tersebut untuk memasukkan file Installer Windows yang akan dibuat Bootable Flashdisk. Disinilah perbedaan antara Rufus dan Wintoflash.

Baca juga: Cara mengatasi laptop lemot tanpa instal ulang windows

Setelah semua pilihan setting sudah sesuai semua dengan digambar lalu klik start. Muncul peringatan bahwa flashdisk akan diformat untuk cara membuat Bootable Flashdisk windows 10, xp dan 7 , klik OK. Tunggu hingga proses selesai dan Bootable Flashdisk sudah siap digunakan.

Mengchozt
Mengchozt Technology enthusiast, cat lover, Founder dan CEO Nona Tekno.

5 Hal Mendasar Perbedaan Processor Intel dan AMD

Ulasan singkat mengenai Perbedaan mendasar pada produk prosesor Intel dan AMD
Mengchozt Mengchozt
3 min read