5 Cara Membersihkan RAM pada Android Tanpa Aplikasi Dan Root Agar Hp Tidak Lemot

5 Cara Membersihkan RAM pada Android Tanpa Aplikasi Dan Root Agar Hp Tidak Lemot

Kapasitas RAM kecil tetapi aplikasi membutuhkan RAM besar, akhirnya HP menjadi lemot. Smartphone yang lemot akan membuat aplikasi sering ngelag atau macet. Maka, dibutuhkan cara membersihkan RAM pada Android yang efektif dan efisien agar HP tidak lemot. Cara membersihkan RAM HP bisa dilakukan dengan banyak cara. Mulai dari cara membersihkan RAM Android secara manual hingga cara menghapus RAM yang penuh pada Android dengan aplikasi.

Apakah membersihkan RAM Android harus menggunakan aplikasi dan harus di root? Tidak. Yang kita butuhkan adalah membersihkannya secara mudah seperti yang dilakukan oleh aplikasi. Tutorial ini bisa kamu gunakan sebagai cara membersihkan RAM HP Samsung maupun cara bersihkan RAM HP Oppo, Xiaomi, Asus, Sony dan lain sebagainya. Simak ya pembahasan di bawah ini, jangan lupa untuk komen di bawah jika ada masalah.Cara Membersihkan RAM pada Android

Cara Membersihkan RAM pada Android

Sebenarnya cara membersihkan RAM HP tidak bisa benar-benar dilakukan. Hal yang bisa kita lakukan adalah dengan mengoptimalkan kinerja RAM yang ada melalui cara bersihkan RAM HP. Selain itu, cara membersihkan RAM pada Android dilakukan dengan menghilangkan faktor-faktor yang memakan RAM terlalu banyak. Semakin efektif kinerja RAM, maka performa Smartphone menjadi lebih handal dan tidak lemot. Berikut ini adalah beberapa cara membersihkan RAM Android tanpa menggunakan aplikasi penambah RAM dan tanpa Root.

1. Jangan Menggunakan Aplikasi Penambah RAM

Baca juga:

Aplikasi penambah RAM HP Android terpercaya 

Daftar Aplikasi pembersih RAM terbaik Android

Cara mengatasi Android lemot karena RAM KECIL

Ketika Kamu mencari cara membersihkan RAM pada Android atau cara menambah RAM Android mungkin kamu akan menemukan banyak artikel. Dan banyak yang menulis tentang aplikasi penambah RAM Android. Namun untuk kali ini, saya justru merekomendasikan cara menghapus RAM yang penuh pada Android tanpa menggunakan aplikasi penambah RAM. Mungkin sebagian orang berhasil menggunakan aplikasi penambah RAM Android, tetapi sayangnya sebagian lagi tidak.

Aplikasi penambah RAM Android sering kali menuntut agar HP Android sudah dalam kondisi di Root. Nah kondisi ini kurang pas bagi yang tidak terlalu suka otak-atik HP. Hal lain mengapa aplikasi ini kurang direkomendasikan adalah karena justru aplikasi penambah RAM Android-lah salah satu aplikasi yang memakan RAM.

Ada pula aplikasi pembersih RAM Android, yang berguna untuk mengurangi penggunaan RAM dan menambah ruang penyimpanan. Cara kerja aplikasi ini adalah dengan menghapus kerja latar belakang yang sudah tidak digunakan. Kalau kita menggunakan Aplikasi untuk cara membersihkan RAM Android tentunya justru akan mengulang fungsi dan menambah beban. Nah, cara membersihkan RAM pada Android ini bisa kita lakukan sendiri tanpa harus menggunakan aplikasi.  Caranya? Next step.

2. Mematikan Aplikasi Yang Terus Menerus Hidup

Beberapa aplikasi Android memiliki kerja latar belakang yang cukup besar. Maksudnya adalah aplikasi yang tetap bekerja meskipun aplikasi sedang tidak digunakan. Aplikasi ini bekerja real-time 24 jam selama smartphone dalam kondisi aktif. Biasanya aplikasi yang terus bekerja ini adalah yang selalu membutuhkan update. Aplikasi yang memiliki sistem kerja seperti ini misalnya aplikasi chating, jam dan kalender.

Nah sebagai cara membersihkan RAM pada Android tanpa aplikasi maka sebaiknya beberapa aplikasi latar belakang dimatikan. Pilih aplikasi yang tidak terlalu penting untuk bekerja di latar belakang, kemudian matikan. Namun perlu diketahui bahwa dengan mematikan kerja latar belakang, otomatis tidak akan ada update sampai aplikasi dibuka kembali.

Cara mematikan aplikasi sebagai cara membersihkan RAM HP adalah dengan masuk ke pengaturan lalu ke bagian aplikasi. Geser bilah ke kanan untuk melihat aplikasi pada bagian ‘Menjalankan’, pilih aplikasi yang ingin dimatikan, kemudian klik ‘Matikan’.

3. Hapus Aplikasi yang Berfungsi Sama

Penyebab RAM penuh yang paling utama sebenarnya adalah adanya banyak aplikasi di Smartphone. Apalagi ketika beberapa aplikasi dijalankan sekaligus, maka RAM akan terkuras habis. Ketika RAM Android sudah mulai habis, sebaiknya hapus atau uninstall aplikasi yang tidak lagi digunakan.

Pilih satu aplikasi saja dari beberapa aplikasi yang memiliki fungsi sama. Misalnya apabila memiliki beberapa aplikasi chating, sebaiknya gunakan satu atau dua saja. Cara membersihkan RAM pada Android ini juga bermanfaat agar Kamu lebih fokus pada satu media komunikasi saja. Sehingga setelah melakukan cara membersihkan RAM HP Android maka HP akan menjadi lebih ringan.

Namun ketika kamu sudah menghapus beberapa aplikasi, apakah RAM masih belum bisa longgar? Di blog ini pernah dibahas alasan dan penyebab Kenapa RAM Android tetap penuh padahal aplikasi sedikit. Selain itu, juga ada beberapa aplikasi bawaan yang tidak pernah digunakan tetapi tidak bisa dihapus, maka cara mengatasinya ada di langkah selanjutnya ini. Yaitu cara membersihkan RAM Android dari aplikasi bawaan.

4. Menon-aktifkan Aplikasi Bawaan yang Tidak Digunakan

Ketika membeli HP baru, biasanya sudah dibekali dengan beberapa aplikasi bawaan. Namun sayangnya beberapa aplikasi bawaan ini kurang sesuai untuk digunakan. Kamu mungkin lebih memilih aplikasi lain yang sejenis tetapi lebih disukai untuk digunakan. Oleh karena itu, aplikasi bawaan ini perlu di nonaktifkan agar cara bersihkan RAM HP efektif.

Baca juga: Aplikasi penghapus aplikasi bawaan tanpa Root

Dengan menonaktifkan aplikasi bawaan ini, maka kerja RAM menjadi lebih ringan dibandingkan sebelumnya. Cara membersihkan RAM pada Android ini adalah dengan membuka Pengaturan kemudian ke bagian aplikasi. Buka aplikasi bawaan yang tidak dapat di uninstall, kemudian pilih ‘Non-aktifkan’.

Setelah aplikasi di non aktifkan maka akan masuk ke bagian aplikasi yang dinonaktifkan. Untuk mengaktifkan kembali, pada bagian tadi geser ke kanan sampai ke bagian aplikasi dinonaktifkan. Buka aplikasi lalu aktifkan kembali. Meskipun begitu cara membersihkan ram HP Android ini kurang direkomendasikan karena biasanya akan sedikit mengganggu sistem. Meskipun begitu cara menghapus ram yang penuh pada android ini cukup efektif jika digunakan pada
cara membersihkan ram hp samsung karena banyaknya aplikasi bawaan.

5. Hapus Cache Aplikasi

Baca juga: Cara menghapus Cache di Android

Cache aplikasi sebenarnya lebih berpengaruh terhadap memori. Sehingga sering kali penyebab memori internal penuh sendiri adalah karena adanya cache aplikasi. Namun karena cache aplikasi terlibat dalam ukuran dan kerja aplikasi, maka akhirnya cache aplikasi juga dapat menambah beban RAM.

Cache aplikasi sebaiknya dibersihkan secara rutin. Hal ini bermanfaat sebagai cara membersihkan RAM Android agar HP tidak lemot. Selain itu, tentu saja ruang penyimpanan baik internal maupun eksternal menjadi lebih longgar. Cara menghapus ram yang penuh pada android ini cukup efektif meskipun harus sering melaukannya. Karena cara bersihkan RAM HP dari Cache berarti memberikan keringanan aplikasi untuk bekerja.

Sekian tadi lima cara membersihkan RAM pada Android agar HP tidak lemot. Cara membersihkan RAM HP ini bisa kamu coba semuanya. Namun tetaplah bijak dalam melakukan cara membersihkan RAM Android. Karena cara menghapus RAM yang penuh pada android secara berlebihan bisa membuat HP kamu menjadi keseringan dihentikan kinerjanya. Langkah langkah tadi bisa kamu pakai untuk cara membersihkan RAM HP Samsung maupun cara bersihkan RAM HP Xiaomi, Oppo, Vivo, Sony, Asus dan lain sebagainya. Cara ini tanpa menggunakan aplikasi penambah RAM Android dan tanpa root. Semoga berhasil, terima kasih.

Baca juga:

Apakah bisa cara menambahkan RAM Android dengan SD Card tanpa ROOT?

Cara setting HP Android agar tidak lemot

Cara mengosongkan RAM Android