Rey Rian Dwi Content writer di Nonatekno

Cara Flash Xiaomi Redmi Dengan ADB Fastboot

2 min read

cara flash xiaomi adb fastboot

Xiaomi merupakan salah satu ponsel yang dimiliki oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Ada kalanya ketika ponsel Xiaomi rusak, maka kerusakan tersebut bisa diatasi dengan cara flashing. Metode flashing bisa dilakukan melalui metode ADB Fastboot. Cara flash xiaomi redmi dengan ADB Fastboot bisa dilakukan dengan mudah dibandingkan metode lainnya.

Berikut di bawah ini adalah cara flash xiaomi redmi menggunakan metode ADB Fastboot. Jangan lupa untuk mengikuti setiap langkahnya dengan hati hati.

Cara Flash Xiaomi Redmi Dengan ADB Fastboot

Ada 4 langkah cara Flash Xiaomi Redmi dengan ADB Fastboot yang perlu dilakukan. Tentu saja langkah awalnya adalah dengan mempersiapkan alat dan bahan. Ini dilakukan agar langkah Cara Flash Xiaomi Dengan ADB Fastboot bisa dilakukan dengan lancar.

1. Mempersiapkan Alat Dan Bahan

Dalam melakukan flashing Xiaomi terutama pada varian Redmi, fastboot sangat dibutuhkan sehingga berguna dalam proses flashing. Ketika melakukan flashing, ada beberapa peralatan yang dibutuhkan.

Salah satu tool yang dibutuhkan adalah file ROM yang biasanya tersedia di berbagai forum Xiaomi baik itu di Facebook maupun di internet.

Selain itu, para pengguna Xiaomi membutuhkan file berupa MiFlash yang berguna untuk melakukan flashing ponsel. Driver dari ponsel serta file ADB fastboot driver juga dibutuhkan dalam proses ini.

2. Menginstall Bahan Flash

Bagi yang ingin melakukan flashing, tentunya harus mengunduh beberapa bahan yang sudah dijelaskan pada poin pertama. Bahan-bahan tersebut antara lain file ROM xiaomi, software MiFlash, dan ADB Fastboot Driver. Selain itu, para pengguna Xiaomi juga membutuhkan satu buah komputer atau laptop serta hp xiaomi yang ingin diflash. Jika bahan dan alat sudah disiapkan semua, maka saatnya instalasi bahan yang sudah diunduh.

File yang pertama harus dipasang adalah MiFlash. Setelah memasang MiFlash, langkah selanjutnya adalah melakukan ekstrak file ROM di tempat yang diinginkan. Jika ingin lebih mudah untuk diakses, maka file ROM bisa diekstrak di Desktop. Setelah itu install ADB Fastboot Driver dan ikuti petunjuk instalasinya. Jika sudah, maka cara flash Xiaomi redmi berikutnya adalah menghubungkan MiFlash dengan ROM yang sudah diunduh.

3. Memilih File ROM Tempat Cara Flash Xiaomi Redmi Dengan ADB Fastboot

Setelah semua bahan berhasil dipasang, maka langkah yang satu ini adalah menghubungkan file ROM ke dalam aplikasi MiFlash. Buka aplikasi MiFlash kemudian klik pada tombol Browse. Cari file ROM yang tadi sudah diekstrak. Klik Desktop jika file ROM diletakkan di Desktop kemudian pilih folder ROM tersebut. Berikutnya klik tanda panah pada Browse kemudian klik Advance.

Baca juga: Cara Root HP Xiaomi

Setelah muncul submenu Advance, ada tiga pilihan pada Fastboot Script. Pilihan yang pertama adalah Flash All yang mana berfungsi untuk melakukan instalasi ROM serta menghapus data dan file di penyimpanan internal. Untuk pilihan yang kedua adalah Flash All Except Storage.

Pilihan tersebut memungkinkan pengguna Xiaomi untuk melakukan flash ROM dan menghapus data pengguna akan tetapi file di internal tidak terhapus. Pada pilihan fastboot yang terakhir adalah Flash All Except Data Storage. Pilihan tersebut berguna untuk menjaga data tidak terhapus saat melakukan instalasi ROM. Bagi yang ingin penyimpanan internal tidak hilang, maka bisa memilih fastboot script yang kedua.

4. Cara Flash Xiaomi Redmi Dengan ADB Fastboot Terakhir : Memasang ROM Ke HP

Setelah memilih fastboot script, maka langkah selanjutnya adalah klik OK pada submenu Advance. Setelah itu, matikan hp kemudian masuk ke mode fastboot. Seperti yang sudah dijelaskan di awal, mode fastboot hampir ada di semua tipe Xiaomi. Untuk masuk ke mode Fastboot, caranya adalah menekan tombol Power bersamaan dengan Volume bawah hingga logo Mi muncul di layar ponsel.

Jangan lupa ketika melakukan cara flash Xiaomi redmi ini, pastikan untuk menggunakan kabel data yang original agar proses flash dapat berjalan lancar. Siapkan kabel data kemudian hubungkan hp Xiaomi ke komputer atau laptop dengan menggunakan kabel data.

Masuk kembali ke aplikasi MiFlash kemudian klik pada pilihan Refresh di bagian atas. Melakukan refresh memiliki fungsi agar ponsel Xiaomi terdeteksi di aplikasi MiFlash. Jika sudah muncul ID Device, maka langkah selanjutnya adalah klik pilihan Flash untuk melakukan proses flash. Tunggu sampai proses flashing selesai.

Baca juga: Cara membuka HP Xiaomi yang terkunci

Tanda proses flashing selesai adalah hp Xiaomi akan restart otomatis dan tunggu sampai menyala dan masuk ke homescreen. Jika sudah masuk ke homescreen, maka proses flash Xiaomi Redmi berhasil. Apabila gagal, maka bisa mengulangi cara flash Xiaomi redmi dari awal lagi.

Xiaomi Redmi merupakan produk hp dari Xiaomi yang tenar di Indonesia karena harganya yang murah tetapi spesifikasinya tinggi. Ada kalanya sebuah hp bisa rusak atau ingin mengganti tampilan, maka solusinya adalah melakukan flashing. Dengan beberapa cara flash Xiaomi redmi di atas, semoga dapat membantu para pengguna Xiaomi untuk melakukan flash tanpa perlu membuang uang ke service center.

Rey Rian Dwi
Rey Rian Dwi Content writer di Nonatekno