Mengchozt Technology enthusiast, cat lover, Founder dan CEO Nona Tekno.

Cara Bisnis Online Zaman Now, Fintech Beragam Pilihan Keuntungan

2 min read

Dalam 5 hingga 10 tahun terakhir, Indonesia berkembang menjadi surga bagi para pelaku teknologi. Salah satu yang sedang ramai adalah bisnis berbasis internet atau mungkin lebih familiar dengan istilah bisnis online. Bagaimanakah cara bisnis online dan apa saja sejenisnya? Berbagai startup atau perusahaan berbasis teknologi bermunculan tak terhitung jumlahnya. Salah satu jenis startup yang paling subur perkembangannya di Indonesia adalah fintech (financial technology). Nah, buat kamu yang belum terlalu familiar terhadap istilah fintech, jangan kuatir, disadari atau tidak, kamu mungkin selama ini sudah menggunakan jasa fintech.

Financial Technology

rentger.com

Cara bisnis online yang terbilang membutuhkan modal tidak terlalu banyak. Dapat dilakukan dari rumah mungkin seperti itulah gambaran cara bisnis online dengan Fintech ini. Barangkali salah satu contoh fintech yang paling banyak penggunanya adalah GoPay dan Bukalapak, nah, benar kan, tanpa disadari kamu pernah atau bahkan sering menggunakan jasa fintech.

Menurut Bank Indonesia (BI), fintech adalah gabungan antara jasa keuangan dengan teknologi, sehingga memungkinkan perubahan model bisnis konvensional (tatap muka) menjadi moderat (jarak jauh). Kamu tidak perlu khawatir tentang keamanan fintech karena BI sendiri telah memiliki setidaknya tiga peraturan yang terkait dengan fintech. Selain itu, beberapa fintech juga telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) secara resmi.

Tentu saja fintech bukan hanya soal kemudahan membayar, tetapi juga kemudahan cara bisnis online yang baru. Beberapa jenis fintech di bawah ini bisa kamu cermati agar kamu dapat menentukan cara bisnis online yang tepat dan menguntungkan.

Marketplace

bukalapak.com

Skema jasa fintech yang paling mudah untuk mulai bisnis online barangkali adalah yang berupa marketplace semacam Tokopedia dan Bukalapak. Terus bagaimanakah cara bisnis online di marketplace seperti ini? Kamu dapat membuat akun secara gratis. Akun ini bisa kamu gunakan untuk berbelanja secara online, sekaligus bisnis online dengan cara menjual produk yang kamu miliki. Tiap marketplace biasanya memiliki produk dan program unggulan untuk keuntungan penjual maupun pembeli, seperti misalnya ongkos kirim gratis di Shopee, cicilan 0% di Blibli, dan produk-produk unik di Kudo.

Cara bisnis online dengan marketplace online ini tidak membutuhkan sebuah kantor atau tempat permanen. Bisa dikerjakan di rumah sendiri dan tentu saja terbilang aman.

Investasi Usaha

youtube.com

Adanya fintech juga membuka jalan baru yang menghubungkan investor dengan pengusaha kecil yang membutuhkan modal. Beberapa fintech seperti Amartha, Modalku dan Investree berfokus pada pinjaman bagi usaha kecil menegah. Sementara Ethis Crowd dan Indves adalah contoh fintech yang menyatakan diri berbasis bisnis syariah. Sedangkan Crowde, iGrow, dan TaniHub merupakan fintech yang sukses pada bidang pertanian dan peternakan.

BACA JUGA tentang FINTECH PETERNAKAN PERTANIAN DAN PERIKANAN

Dalam cara bisnis online berbasis investasi usaha ini kamu bisa menjadi investor ataupun penerima investasi. Dengan memanfaatkan jaringan yang banyak kamu bisa membuka usaha kecil dengan bantuan para investor dari luar kota. Jika kamu ingin beternak kambing atau sapi tapi terhalang modal yang terlalu besar dan juga keterbatasan tempat maka fintech berbasis peternakan bisa jadi solusi.

Kredit Mudah

disitu.com

Beberapa fintech juga menyediakan jasa kredit untuk pembelian berbagai produk, misalnya Cermati, Disitu, dan KreditCepat. Mulai dari kredit tanpa agunan, kredit mobil, motor, bahkan hingga kredit rumah. Berbagai properti yang dapat mendukung bisnis online kamu.

Pembayaran Multiguna

apk4fun.com

Keuntungan yang paling umum dari fintech pembayaran multiguna seperti PayTren dan Faspay adalah kamu dapat menjadi agen pembayaran apapun. Mulai dari jual pulsa, pembayaran listrik, PDAM, BPJS hingga pembelian di berbagai marketplace yang bekerja sama dengan fintech multipayment tersebut. Dalam hal fintech jenis ini perkembangannya sangatlah pesat, GoPay adalah salah satu contoh jasa multipayment yang paling terkenal.

Bisnis Online Saham

bareksa.com

Nah, kalau kamu tertarik berbisnis saham, Bareksa dan Stockbit adalah dua contoh fintech bisnis saham secara online yang bisa kamu coba. Kedua fintech tersebut menyediakan informasi real-time mengenai perkembangan pasar modal sehingga kamu dapat menyusun strategi jual beli saham dengan tepat. Uniknya, salah satu produk Bareksa adalah tabungan umroh yang diklaim bebas riba dan sesuai kaidah investasi syariah.

Satu Dari Seribu

flip.id

Ada juga beberapa fintech unik, hingga bisa dibilang satu diantara seribu. Fintech seperti Flip menyediakan jasa transfer uang antar bank gratis, tanpa biaya transfer beda bank. Mapan, membuat jejarin arisan online dengan produk berupa barang. Brankas, aplikasi yang dapat mengatur berbagai akun pembayaran anda dalam satu laman terintegrasi, sehingga berbagai transaki bisnis online kamu tertata dengan baik.

Bagaimana? Tertarik untuk memulai cara bisnis online zaman now dengan memanfaatkan jasa fintech? Semoga sukses!

Mengchozt
Mengchozt Technology enthusiast, cat lover, Founder dan CEO Nona Tekno.

5 Hal Mendasar Perbedaan Processor Intel dan AMD

Ulasan singkat mengenai Perbedaan mendasar pada produk prosesor Intel dan AMD
Mengchozt Mengchozt
3 min read