Nugroho SEO enthusiast, Co-Founder dan CTO Nona Tekno.

5 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Dapat Dipasang Pada Lokasi Pemasangan Default

2 min read

Aplikasi Tidak Dapat Dipasang Pada Lokasi Pemasangan Default

Salah satu penyebab aplikasi tidak terpasang pada lokasi default adalah karena aplikasi tidak cocok dipasang pada penyimpanan default. Misalnya, Kamu ingin menginstall aplikasi Whatsapp, aplikasi ini harus dipasang pada Memori internal, tetapi penyimpanan default kamu ada di memori eksternal atau kartu SD. Nah dari kasus ini, maka Google Play Store tidak mau menginstal. Oleh karena itu dibutuhkan cara mengatasi aplikasi tidak dapat dipasang pada lokasi pemasangan default.

Namun mungkin saja pemasangan tidak berhasil karena sebab yang lain. Kali ini aku akan membahas cara mengatasi aplikasi tidak terpasang dengan beberapa cara. Simak sampai akhir dan jangan lupa berikan komentar ya berhasil atau ada yang gagal.Aplikasi Tidak Dapat Dipasang Pada Lokasi Pemasangan Default

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Dapat Dipasang

Cara mengatasi aplikasi tidak dapat dipasang pada lokasi pemasangan default aku bagi menjadi beberapa cara. Namun kamu sebaiknya mencoba cara mengatasi aplikasi tidak terpasang mulai dari yang paling atas dulu. Hal ini karena penyebab aplikasi tidak terpasang pada lokasi pemasangan default kemungkinan besar disebabkan karena ketidak cocokan aplikasi dan penyimpanan.

1. Ubah Lokasi Penyimpanan Default

Lakukan ini dulu sebelum yang lainnya karena biasanya masalah utama yang ini. Cara mengatasi aplikasi tidak dapat dipasang pada lokasi pemasangan default adalah dengan mengubah lokasi penyimpanan default atau disk yang disukai. Memori yang bisa muat banyak memang memori eksternal, tetapi beberapa aplikasi tidak bisa dipasang di kartu SD kecuali kamu menggunakan cara nomor 4.

Caranya, kamu masuk dulu ke Pengaturan, kemudian pilih bagian Penyimpanan. Pada bagian penyimpanan yang disukai, pilih Memori Internal atau Biarkan Sistem Memilih. Seharusnya dengan cara ini aplikasi tidak terpasang sudah teratasi. Apabila memori internal kamu penuh, maka kamu harus masuk ke langkah yang ke dua.

2. Berikan Ruang Yang Cukup Pada Memori Internal

Seharusnya dengan cara yang nomor satu, aplikasi tidak terpasang pada lokasi default sudah terselesaikan. Namun kamu akan menemui masalah selanjutnya, seperti aplikasi tidak terpasang karena memori internal penuh. Oleh karena itu kamu harus mengosongkan memori internal HP kamu. Cara mengatasi aplikasi tidak terpasang ini memang kadang bisa menyebabkan dilema, karena kamu harus menghapus aplikasi yang sudah terpasang. Eiits aku punya solusinya. Kamu bisa memberikan ruang kosong pada memori internal tanpa harus menguninstall aplikasi. Kamu bisa cek di halaman ini: Cara mengatasi penyimpanan internal hampir penuh padahal aplikasi sedikit.

3. Cabut Micro SD dan Pasang Kembali

Jika tadinya aplikasi tidak terpasang pada memori internal dan di eksternal juga tidak bisa coba cara yang ke tiga ini. Cara mengatasi aplikasi tidak dapat dipasang pada lokasi pemasangan default bisa dilakukan dengan mencopot Kartu SD Card.

Hal ini dilakukan apabila aplikasi tidak terpasang pada lokasi default dan sudah di bolak balik memori tetap tidak bisa. Nah mungkin yang terjadi adalah micro SD kamu sedang mengalami Bug dengan Google Play Store.

4. Pindahkan Aplikasi Lain Ke Memori Eksternal

Langkah ini hanya dilakukan jika memori internal kamu sudah penuh dan tidak ada lagi yang mungkin untuk dihapus. Cara mengatasi aplikasi tidak dapat dipasang pada lokasi pemasangan default ini bisa dibilang cukup tricky. Kamu bisa memindahkan data aplikasi sebagian saja atau memindahkan seluruh data sekaligus aplikasinya.

Dengan melakukan ini seharusnya aplikasi tidak terpasang pada lokasi default sudah teratasi karena memori internal akan menjadi kosong. Cara mengatasi aplikasi tidak terpasang memang perlu memerhatikan penyebabnya. Kamu bisa membaca artikel tentang cara memindahkan aplikasi baik secara manual maupun menggunakan aplikasi di blog ini.

Baca Juga: Cara memindahkan aplikasi ke kartu memori sd card tanpa root

5. Paling Mujarab dengan Restart atau Reset Smartphone

Nah kalau cara yang paling mujarab jika aplikasi tidak dapat dipasang pada lokasi pemasangan default adalah dengan restart atau reset smartphone Android kamu. Restart akan membuat smartphone kamu memulai ulang sistem sehingga jika ada masalah akan teratasi. Namun jika masalahnya ada di pengaturan yang tidak bisa kamu temukan cara mengatasi aplikasi tidak terpasang adalah dengan factory reset atau hard reset. Dengan melakukan factory reset atau hard reset maka ponsel kamu akan menjadi seperti baru lagi. Otomatis masalah seperti aplikasi tidak terpasang dan lain sebagainya akan hilang.

Sekian tadi lima cara cara mengatasi aplikasi tidak dapat dipasang pada lokasi pemasangan default. Inti cara mengatasi aplikasi tidak terpasang pada lokasi default adalah yang paling atas. Namun jika masalah aplikasi tidak terpasang masih berlanjut, gunakan cara yang selanjutnya. Jangan lupa komentar dan bagikan ya. Semoga bermanfaat ^.^

Nugroho
Nugroho SEO enthusiast, Co-Founder dan CTO Nona Tekno.