Nugroho SEO enthusiast, Co-Founder dan CTO Nona Tekno.

5 Aplikasi Pemindah Aplikasi ke Kartu SD Card Terbaik

3 min read

Aplikasi Pemindah Aplikasi ke Kartu SD

Salah satu cara mengubah penyimpanan internal ke SD card adalah dengan menggunakan aplikasi pemindah aplikasi ke kartu SD. Aplikasi pemindah ke kartu SD berfungsi untuk memindahkan data aplikasi ke memori eksternal. Hal ini biasanya dilakukan jika memori internal mulai penuh karena kapasitasnya kecil.

Alat berupa aplikasi memindahkan aplikasi ke kartu SD ini sebenarnya tidak dibutuhkan jika HP Android kamu support untuk memindahkan aplikasi ke SD card secara manual. Namun sayangnya beberapa aplikasi dan Smartphone tidak support fitur ini misalnya HP Xiaomi. Sedangkan HP Android lain seperti Samsung, Asus, Sony, Oppo, Vivo dan lain sebagainya hanya sebagian yang bisa dipindah. Oleh karena itu kali ini aku akan membahas lima aplikasi pemindah memori internal ke eksternal tanpa root dan dengan root.Aplikasi Pemindah Aplikasi ke Kartu SD

Aplikasi untuk Memindahkan Aplikasi ke SD Card

Penggunaan aplikasi pemindah aplikasi ke SD card ini dibutuhkan untuk mengatasi aplikasi yang tidak bisa dipindah. Ukuran Game yang terlalu besar akan menyita sebagian besar memori internal mana perlu dipindah ke memori eksternal. Nah cara yang paling mudah adalah menggunakan aplikasi pemindah aplikasi ke kartu SD. Berikut ini adalah lima aplikasi memindahkan aplikasi ke SD card terbaik sesuai dengan jumlah downloadnya.

1. Apps2SD: All in One Tool 1 Juta

Aplikasi ini sudah di download sebanyak satu juta kali dengan bintang 4,3 sehingga cukup bisa dipercaya. Sesuai dengan namanya, aplikasi pemindah aplikasi ke kartu SD ini adalah aplikasi serba bisa. Alat ini bisa digunakan untuk berbagai macam aktivitas. Seperti memindahkan aplikasi ke micro SD, menyembunyikan apliaksi dan game, mempartisi SD Card, screen recorder dan lain sebagainya.

Baca juga: Kenapa memori internal Android penuh padahal aplikasi sedikit

Penyebab kenapa RAM Android penuh padahal aplikasi sedikit

Sayangnya alat yang satu ini bukanlah aplikasi pemindah aplikasi ke SD card tanpa root. Smartphone kamu harus sudah di root jika ingin menggunakannya. Selain itu aplikasi pemindah aplikasi ke SD card terbaik ini memiliki versi Pro yang berbayar tetapi akses lengkap.

2. APPS2SD Easy-Clean & Optimize 1 Juta

Aplikasi pindah ke kartu SD yang satu ini sudah di download sebanyak satu juta kali di Google Play Store dengan bintang 4,0. Aplikasi untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD ini hampir sama dengan yang nomor satu, tetapi lebih simpel. Selain itu, aplikasi ini memiliki tampilan yang cukup menarik dan mudah untuk digunakan.

Kelebihan aplikasi untuk memindahkan aplikasi ke SD card ini adalah dapat memberika informasi detail mengenai kondisi aplikasi. Bahkan aplikasi untuk memindahkan file dari internal ke external ini dapat menyarankan aplikasi mana saja yang sebaiknya dipindah dan mana saja yang tidak. Aplikasi ini hanya berukuran sebesar 3,5 MB sehingga sangat ringan untuk digunakan.

3. App2SD & App Manager-Save Space 5 Juta

Aplikasi untuk memindahkan app ke SD card ini sudah di download sebanyak 5 juta kali. Jumlah bintang yang diperoleh juga cukup tinggi yaitu 3,9. Aplikasi pemindah ke kartu SD yang populer ini memiliki fungsi yang cukup lengkap. Kamu bisa memindahkan aplikasi ke SD Card, menghapus data dan cache aplikasi serta berbagi aplikasi dengan orang lain.

Jika kamu memilih aplikasi memindahkan aplikasi ke kartu SD ini, maka kamu bisa melihat aplikasi berdasarkan ketersediaannya untuk dipindah. Aplikasi pemindah aplikasi ke kartu SD ini akan menampilkan aplikasi yang bisa dipindah, permanen dan semua aplikasi. Kamu bisa membuka satu persatu aplikasi kemudian melakukan tindakan seperti memindahkan ke kartu SD atau menghentikan paksa dan lain sebagainya.

4. Pindah ke Kartu SD 10 Juta

Nah kalau yang keempat ini adalah aplikasi pemindah aplikasi ke kartu SD dengan nama ‘Pindah ke kartu SD’. Meskipun namanya menggunakan bahasa Indonesia, tetapi aplikasi yang sudah di download 10 juta kali ini dikembangkan di Hong Kong. Bintang untuk aplikasi ini cukup bagus yaitu 4,0 dari 340 ribu orang lebih.

Aplikasi memindahkan aplikasi ke SD card ini bisa memindahkan dari memori internal ke eksternal atau sebaliknya. Bahkan aplikasi pemindah aplikasi ke SD card ini menyediakan versi Pro yang lebih lengkap dengan biaya yang tidak terlalu mahal. Namun jika kamu menginginkan akses cepat dalam satu kali klik, Android kamu harus sudah dalam keadaan diroot.

5. Link2SD 10 Juta

Nah untuk yang kelima (masih ada keenam lho) aplikasi pemindah aplikasi ke SD card terbaik populer dan sering direkomendasikan adalah Link2SD. Aplikasi pemindah ke SD card ini sudah didownload sebanyak 10 juta kali dengan bintang 4,3. Aplikasi ini juga memiliki fitur yang sangat lengkap karena bisa untuk memindah aplikasi ke SD, cache menghapus bloatware dan banyak hal lainnya.

Baca juga: Cara memindahkan aplikasi ke kartu memori SD Card tanpa root

Namun sayangnya alat terbaik ini bukanlah aplikasi pemindah aplikasi ke SD card tanpa root. Agar bekerja optimal, aplikasi ini membutuhkan izin untuk root smartphone Android kamu. Meskipun begitu, dengan segitu banyaknya orang yang menggunakan, maka aplikasi pemindah aplikasi ke kartu SD ini sangat bisa dipercaya.

BONUS= AppMgr III (App 2 SD) 50 Juta

Nah aku punya bonus aplikasi pindah ke kartu SD yang fantastis. Aplikasi untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD yang satu ini sudah di download sebanyak 50 juta kali. Selain itu aplikasi terbaik ini juga mendapatkan 4,2 bintang dari 400 ribuan orang lebih.

Aplikasi pemindah aplikasi ke kartu SD ini memang memiliki fitur yang amat sangat lengkap. Bukan hanya untuk memindahkan aplikasi ke SD card tetapi juga bisa digunakan untuk memanajemen seluruh aplikasi. Kamu bisa melakukan freeze, hidden dan lain sebagainya hanya dengan satu aplikasi saja.

Sekian tadi lima aplikasi pemindah aplikasi ke kartu SD ditambah satu bonus, hehe. Kamu bisa memilih aplikasi untuk memindahkan aplikasi ke SD card yang kamu sukai sesuai dengan apa yang kamu butuhkan. Setiap alat memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga kamu bisa memilih aplikasi untuk memindahkan file dari internal ke external yang paling cocok dengan kondisi smartphone kamu. Jangan lupa berkomentar. Semoga bermanfaat ^.^

Nugroho
Nugroho SEO enthusiast, Co-Founder dan CTO Nona Tekno.