Nugroho SEO enthusiast, Co-Founder dan CTO Nona Tekno.

5 Aplikasi Backup Data Android dan Cara Backup Data Android untuk Mengembalikan Data yang Terhapus

2 min read

Smartphone rusak, hilang atau reset diluar kendali, dapat menjadi masalah bagi pemiliknya. Riwayat chat, telpon, kalender bahkan mungkin file, musik dan video penting yang terhapus tentu sangat disesalkan. Untuk menghindari kehilangan file saat terjadi hal hal yang tidak diinginkan, maka perlu aplikasi backup data android.

Kali ini kami akan mengulas tentang aplikasi backup android dan cara backup data android. Kamu bisa memilih aplikasi mana saja yang menurutmu terbaik untuk smartphone kesayangan Kamu.Aplikasi Backup Data Android

A. Aplikasi Backup data Android agar data aman

Aplikasi backup data android merupakan aplikasi untuk menyimpan dan cara mengembalikan file android yang terhapus atau hilang. Nah aplikasi ini dapat diatur agar bekerja saat terkoneksi dengan WiFi saja, sehingga tidak akan menghabiskan kuota data internet.

5. Aplikasi nyadangkeun mulangkeun transfer

Yang Nona jelaskan adalah mengenai cara backup data untuk mencadangkan atau mengembalikan data terhapus. Kalau kamu ingin aplikasi yang bisa menyimpan data di internet kamu bisa buka Aplikasi penyimpanan data online internet Android.

Aplikasi backup data android yang pertama adalah Aplikasi nyadangkeun mulangkeun transfer. Ketika saya sedang melakukan riset untuk menulis artikel ini, saya menemukan aplikasi yang saya rasa sangat unik. Dengan namanya yang khas dengan bahasa sunda, aplikasi ini sudah di download sebanyak satu juta kali.

Di Google Play, aplikasi backup android ini menggunakan bahasa sunda sepenuhnya pada bagian deskripsi. Aplikasi ini mampu mencadangkan data android yang berupa catatan kalender, sms, telfon dan lain sebagainya.

4. Helium app sync and backup

Aplikasi helium app sync merupakan aplikasi backup data android yang cukup populer. Aplikasi penyimpan data ini mampu membackup data data di android hingga ke dokumen dokumen penting. Namun aplikasi ini tidak mampu membackup dan restore musik dan video.

Cara menggunakan aplikasi helium app sync sangat mudah. Hanya tinggal membuat akun dan memilih apa saja yang dibackup. Aplikasi backup android ini bisa mencadangkan data ke akun Dropbox, Box dan Google Drive.

3. My back up

Aplikasi My Back Up adalah aplikasi backup data android yang bisa Kamu jadikan pilihan apabila ingin mencadangkan seluruh data di smartphone Kamu. My Back Up mampu mencadangkan file musik, video dan data data penting lainya. Aplikasi ini dapat mencadangkan data ke Dropbox dan Google Drive

2. G cloud backup

Aplikasi G Cloud Backup memberikan ruang penyimpanan yang cukup besar yaitu 10 GB. Namun tidak serta merta mendapatkan 10GB pada saat mendaftar pertama. Ruang penyimpanan aplikasi backup data di HP Android ini akan bertambah seiiring dengan berjalannya penggunaan. Sayangnya aplikasi ini hanya bisa Kamu gunakan apabila smartphone sudah di root.

1. Titanium backup

Titanium backup adalah aplikasi backup data adroid yang sangat populer. Aplikasi ini sudah di download sebanyak 10 juta kali di Google Play Store. Dengan menggunakan aplikasi titanium, data di android dapat dicadangkan kemudian dapat dikembalikan lagi apabila dibutuhkan. Cara menggunakan Helium backup juga sangat mudah. Download, daftar dan pilih data yang di backup, hanya semudah itu cara menggunakan titanium backup.

B. Cara Backup Data Android untuk Penyimpanan Data Online Internet Android

Selain aplikasi backup kamu juga bisa baca aplikasi penyimpanan data online internet Androidsebagai pelengkapnya. Sehingga bisa lebih lengkap penyimpanan data online kamu.

Cara backup data android merupakan fitur bawaan dari ponsel. Namun sayangnya fitur pencadangan data android ini hanya berlaku untuk mencadangkan data data dasar, seperti sandi Wi-Fi, bookmark, sms, kalender, setelan lainnya dan data aplikasi. Dengan menggunakan fitur ini, maka data akan dicadangkan kedalam server Google.

Apabila anda menggunakan aplikasi android tambahan untuk backup data, maka settingnya adalah di dalam aplikasi. Cara backup data dengan aplikasi sangat mudah dilakukan yaitu dengan mendownload aplikasi backup, daftar atau membuat akun, kemudian memilih data apa saja yang akan di backup.

Apabila ingin menggunakan fitur bawaan maka langkah langkahnya adalah sebagai berikut.

1. Masuk ke pengaturan/setting ponsel

2. Pilih ‘Buat cadangan & setel ulang’

Pilih ‘buat cadangan & setel ulang’ pada bagian personal. Bagian ini bisa saja memiliki tulisan yang berbeda, tergantung dari ponsel Kamu dan bahasa yang digunakan.

3. Klik ‘Mencadangkan dataku’

Beri tanda centang pada kotak paling atas, yaitu ‘mencadangkan dataku’ juga centang pada bagian pemulihan otomatis. Ini berguna sebagai cara untuk mengembalikan file terhapus di Android secara otomatis.

4. Kembali ke pengaturan lalu pada bagian akun klik ‘Google’

Pilih akun Google yang akan kamu gunakan untuk melakukan backup. Apabila kamu masuk di banyak akun Google pada smartphone kamu, maka kamu bisa mengatur mereka masing masing.

5. Klik akun Gmail anda dan pilih apa saja yang akan dibackup

Pada fitur ini kamu bisa memilih data apa saja yang akan dibackup ke server Google. Kamu juga bisa mengatur kapan saja data akan di sinkronisasi ke server Google agar data selalu rutin terbackup.

Sekian tadi 5 aplikasi backup data android dan cara backup data android untuk mengembalikan data yang terhapus. Semoga bermanfaat 🙂

Nugroho
Nugroho SEO enthusiast, Co-Founder dan CTO Nona Tekno.