Mendy Beryl Content Writer Cantik di Nonatekno

Agrowisata Bhumi Merapi

2 min read

agrowisata bhumi merapi

agrowisata bhumi merapiAgrowisata Bhumi Merapi merupakan salah satu objek wisata yang harus Kamu kunjungi ketika datang ke Yogyakarta. Tempat wisata yang berkonsep argowisata dan juga edukasi ini cocok dikunjungi oleh keluarga, teman, atau mungkin pasangan Kamu. Di artikel ini Kamu akan menemukan penjelasan seputar harga tiket masuk Argowisata Bhumi Merapi 2019, rute lokasi, apa yang bisa dilakukan, dan masih banyak lagi.

Agrowisata Bhumi Merapi Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta ini merupakan salah satu objek wisata yang berada di kawasan lereng Gunung Merapi dari sekian banyak objek wisata yang ada disekitarnya. Disana Kamu dapat mempelajari banyak hal tentang perkebunan dan peternakan. Terdapat pula banyak area yang bisa Kamu jelajahi disana.

A. Harga Tiket Masuk Bumi Merapi Terbaru 2019

Untuk masuk ke Argowisata Bhumi Merapi Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta ini, setiap orang pengunjung hanya dikenakan tarif sebesar sepuluh ribu rupiah saja! Dengan harga tiket semurah itu, maka Kamu tidak perlu takut dompet Kamu semakin tipis hanya untuk mendapatkan liburan yang seru.

Tapi, untuk beberapa paket yang ada di sana, akan dikenakan biaya lain selain tiket masuk Bumi Merapi. Untuk jam bukanya, Agrowisata Bhumi Merapi ini dibuka mulai jam 08.30 hingga jam 17.00 WIB. Sebaiknya, Kamu datang awal atau menjelang sore supaya tidak terlalu panas, ya!

B. Rute Lokasi dan Alamat Bumi Merapi Kaliurang

Alamat Bumi Merapi Kaliurang, sebutan akrab tempat wisata ini adalah di Jalan Kaliurang KM.20 Sawangan, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya memang strategis dan dekat dengan berbagai objek wisata lainnya di daerah Sleman seperti The Lost World Castle, Lava Bantal, dan lain sebagainya.

Alamat Bhumi Merapi Kaliurang tersebut dapat Kamu jangkau dengan mudah melalui rute dari Stasiun Yogyakarta kurang lebih selama 47 menit melalui Jalan Pringgokusuman. Untuk menuju lokasi, akses jalan tidak terlalu susah dan tentunya dapat dilalui oleh kendaraan pribadi milik Kamu.

C. Apa yang Bisa Dilakukan di Argowisata Bhumi Merapi Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta

Di Agrowisata Bumi Merapi Kaliurang ini, Kamu dapat melakukan banyak hal. Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Belajar Peternakan Kambing

Disini Kamu dapat belajar bagaimana caranya budidaya peternakan kambing. Di Agrowisata Bumi Merapi Kaliurang, jenis kambing yang dikembangbiakkan adalah jenis Kambing Ettawa. Disini setiap kambing memiliki catatan khusus yang mana bertujuan untuk menghindari persilangan genetik yang berdekatan, sehingga beresiko menurunkan kualitas yang dimilikinya.

Di Agrowisata Bumi Merapi Kaliurang ini tiap dua tahun sekali dilakukan pergantian Ettawa jantan yang mana bertujuan untuk menjaga kualitas keturunannya. Jika Kamu kesini, maka Kamu akan berkesempatan untuk praktik memberikan makan ternak dan juga memerah susu kambing. Bukan hanya itu, Kamu juga akan memberikan susu dot untuk bayi Ettawa.

  1. Belajar Teknologi Pengolahan Susu

Nah, setelah belajar berternak kambing, Kamu juga berkesempatan untuk belajar mengolah hasil susu kambing menjadi ice cream serta yogurt. Bukan hanya belajar teknologi pengolahan susu, tetapi Kamu juga bisa belajar teknologi untuk membuat pakan ternak, pengolahan limbah, dan lain sebagainya.

  1. Budidaya Kelinci

Di Argowisata Bhumi Merapi, Kamu juga bisa belajar bagaimana membudidayakan hewan lucu yang dagingnya enak satu ini. Untuk Kamu yang memang ingin berternak kelinci, maka datang ke tempat wisata ini adalah pilihan yang tepat. Disini Kamu akan menemukan tiga jenis kelinci yakni kelinci lokal, impor, dan juga VIP.

Kelinci VIP merupakan andalan Argowisata Bhumi Merapi yang mana harga perekornya bisa mencapai delapan juta rupiah. Terdapat catatan khusus yang disertai pada setiap ekornya untuk bukti bahwa kelinci-kelinci tersebut terjaga kemurnian rasnya.

  1. Belajar Merawat Hewan

Selain hewan yang masuk kategori ternak, Kamu juga bisa belajar merawat hewan lainnya seperti ular, musang, dan lain sebagainya. Tempat ini memang sangat tepat digunakan untuk sarana mengedukasi anak sehingga mengetahui dunia hewan secara langsung.

  1. Belajar Menanam dan Memetik Sayur

Bagi Kamu yang suka kegiatan tanam menanam dirumah, Kamu bisa mempelajarinya disini. Bukan hanya itu, Kamu juga bisa melengkapi alat hidroponik Kamu dirumah dengan membelinya disini.

  1. Camping Ground dan Outbound

Kamu juga bisa berkemah dan bermain outbound disini. Dengan minimal 15 orang, maka Agrowisata Bhumi Merapi akan menyediakan lahannya untuk Kamu. Terdapat paket khusus untuk melengkapi kegiatan berkemah kami. Harga tiket masuk Argowisata Bhumi Merapi 2019 paket kegiatan khusus ditawarkan sekitar 650.000/ harinya.

  1. Wisata Susur Goa dan Offroad

Untuk Kamu pecinta olahraga ekstrim, maka menyusuri Goa Ponggolo disini dapat menjadi jawabannya. Untuk merasakan sensasi dan menyusuri goa ini, dibutuhkan minimal 1 tim yang berisi 15 orang atau lebih. Kamu juga bisa melakukan offroad disini dengan harga tiket masuk Argowisata Bhumi Merapi 2019 paket jeep sebesar Rp. 150.000.

D. Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan jika Kamu berkunjung ke tempat wisata ini adalah beragamnya kegiatan yang bisa Kamu lakukan mulai dari belajar ternak hingga susur goa dan juga offroad. Sehingga, Kamu bisa puas berkeliling dan merasakan berbagai keseruan disana. Selain itu, lokasinya yang strategis akan memudahkan Kamu untuk mengakses jalannya.

Kelemahannya adalah, ada biaya lain yang mungkin Kamu keluarkan ketika datang ke Argowisata Bhumi Merapi diluar harga tiket masuk. Hal ini dikarenakana ada paket lain yang ditawarkan seperti misalnya paket khusus untuk camp dan juga paket jeep untuk offroad.

Mendy Beryl
Mendy Beryl Content Writer Cantik di Nonatekno