Mengchozt Technology enthusiast, cat lover, Founder dan CEO Nona Tekno.

6 Pengetahuan Jenis Jenis Ram (Perlu Dipelajari)

2 min read

Pengetahuan jenis jenis RAM mungkin bukan hal baru bagi kamu yang biasa berkutat dengan komputer. Tapi, ada konsumen yang kurang tahu terhadap barang yang dipakainya sehingga menyebabkan salah beli part.

Setidaknya kamu tahu tipe RAM yang cocok untuk laptop atau pc yang kamu pakai sehari hari. Sehingga kamu bisa menjadi konsumen yang cerdas dalam memilih barang. Lebih bagus lagi kalau kamu bisa tahu bagaimana cara upgrade ram laptop kamu sendiri.

Cara mengetahui jenis ram tanpa software

Sebelum masuk lebih jauh apakah kamu sudah mengerti mengenai pengertian dan fungsi ram? Kalau belum boleh berkunjung ke artikel berikut yang sudah admin sediakan.

Seperti admin katakan didepan bahwa mengetahui tipe ram menjadi sangat penting untuk kamu yang ingin menambah kapasitas RAM pada komputer atau laptop kamu. Cara melihat tipe RAM yang kamu pakai tanpa menggunakan software, kamu perlu cek tipe motherboard dan seri laptop.

  • Tipe motherboard atau prosesor

Dokumen pribadi nonatekno

Melihat tipe prosesor sangatlah mudah, hanya perlu klik properties pada my computer atau melalui dxdiag, maka sudah terlihat tipe prosesor yang kamu gunakan. Tipe motherboard kamu perlu membuka casing komputer.

gigabyte.com

Setelah kamu cek tipe prosesor atau motherboard, langsung cari informasi di internet mengenai compability jenis jenis RAM agar sistem komputer bisa berjalan semestinya.

Harap teliti ada jenis jenis prosesor yang dalam perkembangannya memiliki motherboard yang support 2 tipe ram. Misal AMD athlon socket AM2+, ada motherboard yang support DDR2 ada pula yang DDR3.

  • Tipe laptop

taktiktop.com

Ada berbagai macam merk laptop seperti ASUS, LENOVO, ACER, HP dan masih banyak lainnya. Cara mengetahui tipe memory RAM laptop paling akurat dengan melihat stiker spesifikasi yang biasanya berada di bagian bawah keyboard laptop.

Alternatif lain adalah memanfaatkan google, cukup sebutkan atau tuliskan saja tipe laptopmu di mesin pencari google. Spesifikasi laptopmu akan muncul secara lengkap.

Satu lagi cara yang sangat akurat, yaitu bongkar penutup belakang dimana RAM berada. Tapi ingat bila kamu tidak terlalu mahir dengan hal seperti ini, sebaiknya hindari cara ini. Sebagai contoh silahkan lihat gambar berikut.

Jenis ram DDR1 dan DDR2

DDR1 dirilis pada tahun 2000, cukup lawas bukan? Sedang DDR2 yang merupakan generasi penerus DDR1 rilis pada tahun 2003. Jenis jenis ram DDR2 ini terkadang masih dipakai di beberapa warnet dengan spesifikasi komputer prosesor Intel Dual Core socket LGA 775.

Untuk tipe DDR1 sepertinya sudah sangat jarang digunakan, kalaupun ada memang pengguna tersebut penggemar barang retro machine. Sebagai koleksi yang penuh nilai historis.

Bus clock DDR1 adalah 200 – 400 MHz dan DDR2 400-1066 MHz. Dengan default voltage pada umumnya sekitar 2,5 V untuk DDR1 dan 1,8 V DDR2. Tipe DDR1 ini pada masanya dulu digunakan pada komputer berbasis intel pentium 4 dan pentium 3.

Jenis Jenis ram DDR3

Memory RAM berjenis DDR3 ini rilis pertama pada tahun 2007. Dengan spesifikasi Bus Clock 800 – 2133 MHz. Perbedaan dengan tipe RAM sebelumnya adalah jelas pada socket pin konektor yang berbeda.

Teknologi yang diusung juga berbeda diantaranya voltase yang lebih kecil. Voltase DDR3 ini 1,5 V. Namun ada beberapa yang memberikan settingan voltase lebih tinggi pada RAM mereka, karena mereka menaikkan bus clock pada RAM tersebut.

Jenis ram DDR3L

Tipe ram DDR3L sebenarnya hampir sama dengan DDR3 biasa. Perbedaanya hanya pada konsumsi dayanya saja. DDR3L membutuhkan voltase yang lebih rendah dibanding DDR3 biasa, yaitu 1,35 V.

Desainnya yang lebih irit daya dan lebih adem membuat DDR3L sangat cocok untuk perangkat mobile seperti laptop. Jenis jenis ram laptop seperti DDR3L ini akan mengurangi suhu panas yang dikeluarkan laptop

 

Hati-hati dengan penggunaan RAM DDR3 biasa pada motherboard laptop yang berspesifikasi DDR3L

 

Pernyataan itu sering dilontarkan para netijen dalam forum. Memang pin konektor slot DDR3 dan DDR3L sama persis, tapi ada yang bilang bahwa motherboard dengan spesifikasi DDR3L berpeluang lebih cepat rusak apabila dipasang DDR3 biasa.

Jenis ram DDR4

Tipe RAM yang dirilis pada tahun 2014 ini merupakan jenis terbaru. Berbagai perlombaan berbasis komputer seperti kompetisi game dan overclocking sudah menggunakan DDR4 pada sistemnya. Lebih cepat dan lebih rendah voltase.

Perbedaan yang cukup signifikan pada DDR4 ini bisa dilihat pada clock nya. Berkisar di clock 1600 – 3200 MHz. Peningkatan yang cukup tinggi bukan jika dibanding DDR3?.

Namun pada level kompetisi overclocking profesional, clock tipe RAM DDR4 ini mampu dipaksa sampai diatas 4000 MHz. Cukup gila bukan?

Selain clock yang tinggi, perkembangan DDR4 yang mudah diamati adalah pada bagian estetika. Dengan maraknya label gaming bertajuk RGB, vendor RAM juga mengeluarkan beberapa seri DDR4 untuk enthusiast user yang sudah RGB.

Jenis kawat ram

Tipe ram kawat, adalah tipe yang sangat berbeda tipe ram diatas. Cara kerja ram kawat ini juga berbeda dari ram pada umumnya. Ya tepat sekali, kawat ram ini adalah kawat yang dibentuk saling membujur dan melintang.

Fungsi ram kawat ini adalah sebagai sarana penutup ventilasi. Mencegah hewan besar dan sampah besar masuk, namun sirkulasi udara tetap terjaga.

Penutup

Jika berbicara tentang jenis jenis ram, ada juga istilah dalam dunia IT yang cukup erat dengan ram. Dia adalah ROM (Read Only Memory), sebenarnya mengenai pengertian rom ini cukup membuat admin bingung.

Perbedaan yang admin tahu sebatas pada namanya, yaitu Random Access dan Read Only. Bingung? Admin juga merasa bingung. Semoga artikel pengertian rom ini bisa sedikit membantu.

 

Mengchozt
Mengchozt Technology enthusiast, cat lover, Founder dan CEO Nona Tekno.