Mengchozt Technology enthusiast, cat lover, Founder dan CEO Nona Tekno.

5 Hal Mendasar Perbedaan Processor Intel dan AMD

3 min read

Jika ingin membeli laptop, kamu perlu tahu perbedaan processor intel dan amd. Hal ini karena biar bagaimanapun dua macam processor ini sangat bersaing di pasaran. Selain itu kamu juga perlu tahu nih Tingkatan Processor AMD terbaru 2018. Yuk langsung simak perbedaan dari processor Interl dan AMD ini.

Jika kita berbicara tentang sistem komputer dan laptop maka muncul dua nama besar perusahaan pengembang Processor. Iya perusahaan itu adalah Intel dan AMD yang selalu bersaing dalam memberikan performa maksimal pada produk laptop dan komputer dekstopnya.

Perbedaan Processor Intel dan AMD

Berbagai kabar simpang siur dari orang yang kurang mengerti tentang komputer mengatakan bahwa salah satu brand panas dan boros, yang satu mahal dan berbagai kabar lainnya. Tapi sebenarnya seperti apakah perbedaan processor intel dan AMD? Pada kesempatan kali ini admin mau sedikit membahas tentang beberapa hal mendasar perbedaan processor intel dan AMD.

1. Perbedaan dari sisi Socket

tomshardware.com

tomshardware.com

Jelas untuk socket antara intel dan AMD akan berbeda. Jangankan berbeda merk, dalam satu merk namun beda seri saja bisa berbeda socketnya. Socket yang dimaksud disini adalah socket processor pada motherboard.

Perbedaan processor intel dan AMD yang cukup mencolok memanglah pada perkembangan socketnya. Intel sangat cepat dalam mengembangkan socket dan fabrikasinya. Dari jaman LGA 775 yang rilis tahun 2004 sampai sekarang awal tahun 2018 tercatat intel sudah berganti sampai 7 socket. AMD dari zaman socket AM2 rilis tahun 2006 sampai sekarang sudah berganti sampai 8 socket.

Namun ada beberapa catatan untuk socket AMD, yaitu back compability di beberapa socket. Sehingga memberikan opsi lebih banyak pada konsumen. Misalnya processor AMD socket masih bisa digunakan pada motherboard socket AM2+, processor AM3+ yang masih bisa digunakan pada motherboard bersocket AM3 (pada seri motherboard tertentu).

Jadi ketika kamu akan melakukan upgrade seri terbaru, kamu tidak perlu mengganti motherboard. Disinilah yang membuat perbedaan processor intel dan AMD cukup mencolok, dukungan back compability.

Berikut list perkembangan processor intel dan AMD :

AMD INTEL
AM2 LGA775
AM2+ LGA1366
AM3 LGA1156
AM3+ LGA1155
FM1 LGA1150
FM2 LGA1151
AM1 LGA2011
AM4

2. Perbedaan Processor Intel dan AMD dari Performa

 

fayerwayer.com

Perbedaan processor intel dan AMD yang paling mencolok adalah pada kekuatan single core milik Intel yang sepertinya belum bisa dikalahkan oleh AMD. Untuk pengerjaan aplikasi kantor seperti office dan lain lain intel akan terasa lebih responsif dibanding AMD. Hal ini dikarenakan dukungan para pengembang aplikasi terhadap Intel cukup kuat.

Tidak bisa dikatakan intel menang atau AMD menang, keduanya punya segmen pasar dan kelebihan  tersendiri. Beberapa artikel mengatakan AMD lebih unggul dalam hal gaming pada kategori onboard graphic dibanding intel. Karena AMD punya divisi Radeon yang merupakan divisi graphic card milik AMD. Sedangkan intel hanya menggunakan onboard Intel HD, meskipun Intel HD yang sekarang tidak bisa dianggap remeh kemampuannya namun sepertinya graphic onboard AMD selalu lebih didepan dibanding Intel.

3. Suhu dan Konsumsi Listrik

fayerwayer.com

fayerwayer.com

Mitos yang berkembang di 5-10 tahun yang lalu adalah AMD panas dan boros. Admin tidak bisa menyanggah mitos ini. Tapi mitos itu terjadi di jaman dulu, seiring dengan perkembangan teknologi AMD sudah tidak terkenal dengan panas dan borosnya. Walaupun memang AMD cenderung lebih panas dan boros tapi perbedaan tersebut tidaklah signifikan.

4. Fabrikasi

mediatek.com

mediatek.com

Dalam hal perkembangan fabrikasi intel memang lebih berjaya. Salah satu perbedaan processor intel dan AMD yang mencolok adalah pada fabrikasi ini. Intel pertama kali mengenalkan teknologi fabrikasi 14nm pada tahun 2014 pada processor broadwell. Dalam hal ini AMD terbilang tertinggal beberapa langkah dari intel.

AMD baru mengusung fabrikasi 14nm ini pada processor generasi terbarunya yaitu Ryzen yang baru saja rilis 2017 kemarin. Perbedaan fabrikasi inilah yang mungkin membuat AMD sedikit lebih panas dan boros dibanding Intel.

5. Fitur

techpowerup.com.jpg

techpowerup.com

Salah fitur Intel yang menjadi perbedaan processor intel dan AMD adalah HyperThreading. Intel mampu membuat Thread yang berada pada die Core bekerja lebih cepat sehingga menghasilkan performa single core yang lebih baik dibanding AMD.

Dari AMD sendiri ada fitur bawaan yang disebut EVP (Enhanced Virus Protection). Yang deteksi terhadap program seperti malware dan lain lain. Program tertentu akan melewati proses deteksi untuk menentukan eksekusi perintah terhadap program tersebut, apakah di hentikan atau dilanjutkan.

6. Harga

Kalau kamu ingin tahu daftar harganya, kamu bisa lihat Harga Komputer Gaming murah untuk platform Intel dan AMD. Karena Nona sudah jelaskan lengkap harganya yang bisa menjadi referensi harga dan perbedaan Processor Intel dan AMD.

Perbedaan processor intel dan AMD selanjutnya adalah dari segi harga. Harga proessor Intel cenderung lebih mahal dibanding AMD pada kelas performa yang hampir sama. Pada harga yang relatif sama kamu bisa mendapatkan processor dengan jumlah core fisik yang lebih banyak pada AMD.

Meskipun bisa dibilang performa single core masih dipegang oleh intel namun dengan core lebih banyak kamu bisa melakukan multitasking dengan lebih nyaman.

Admin tidak bisa mengatakan AMD menang atau Intel menang, dalam hal ini pembelian processor bisa disesuaikan dengan digunakan untuk apa nantinya processor tersebut. Dan tidak lupa sesuaikan budget yang tersedia.

7. Processor Release Terbaru

wccftech.com

wccftech.com

Untuk release terbaru, Nona sudah jelaskan di Tingkatan Processor AMD tetapi khusus untuk yang AMD ya.Rilisan terbaru intel adalah seri coffeelake pada generasi core i. Ada core i7 8700k yang dibanderol dengan harga kisaran 6 jutaan. Sedang dari AMD ada Ryzen versi APU yaitu Ryzen 5 2400G yang sudah dibekali RX Vega 11 untuk graphic processingnya.

Mengchozt
Mengchozt Technology enthusiast, cat lover, Founder dan CEO Nona Tekno.

Mini Server Synology DS916+ Disk Station 4-bay Slot Hardisk…

Ulasan singkat tentang mini server Synology DS916+. Sebuah disk station dengan 4-bay hardisk
Mengchozt Mengchozt
2 min read